Wednesday, November 21, 2018

√ Disable Dan Enable Commandbutton Pada Userform

Apakah dapat kita mendisable fungsi Commandbutton? Tentu jawabannya ialah BISA. Lalu bagaimana cara menciptakan coding untuk disable dan enable tersebut? Berikut aku jelaskan tutorial supaya fungsi tombol tidak dapat diklik atau disable sesudah tombol lain di klik. Cara ini aku gunakan melalui Userform.

Cara menciptakan disable dan Enable tombol / Commandbutton
Langkah pertama silakan buat 2 buah Commandbutton dan letakan pada UserForm kemudian silakan pula Anda ganti Caption melalui properties nya untuk Commandbutton1 ganti Caption dengan "Simpan" sedangkan untuk Commandbutton2 ganti caption dengan "Edit"


Setelah dua buah commandbutton tersebut dibentuk langkah berikutnya kita akan menciptakan script VBA silakan tekan F7 untuk View Code kemudian kita akan menentukan Object UserForm dan mekanisme Initialize.



Setelah goresan pena Private Sub UserForm_Initialize() silakan ketikkan script / coding VBA berikut

Private Sub UserForm_Initialize()
CommandButton2.Enabled = False
End Sub
Script diatas akan menghasilkan jikalau userform di load maka Commandbutton2 akan tidak aktif. Langkah berikutnya kita akan menciptakan objek Commandbutton1 jikalau di klik maka Commandbutton2 akan aktif atau Enable Anda harus menuliskan script berikut

Private Sub CommandButton1_Click()
CommandButton2.Enabled = True
CommandButton1.Enabled = False
End Sub
Kemudian untuk objek Commandbutton2 agat dikala diklik maka commandbutton2 akan disable dan commandbutton1 akan disable maka silakan ketikkan mekanisme Click pada Commandbutton2 menyerupai berikut

Private Sub CommandButton2_Click()
CommandButton1.Enabled = True
CommandButton2.Enabled = False
End Sub
Nah, Langkah-langkah diatas sangatlah sederhana dalam menciptakan disable dan enable commandbutton atau tombol pada UserForm.
Silakan diuji coba dan jadinya akan menyerupai berikut

Jika Userform Aktif



Jika Tombol Simpan di klik maka tombol simpan akan Disable sedangkan tombol Edit akan Enable


Jika Anda klik kembali tombol Edit maka jadinya akan kembali ke gambar yang pertama tadi yaitu tombol Edit Disable sedangkan tombol Simpan Enable.

Demikian tutorial bagaimana cara menciptakan disable dan Enable commandbutton pada UserForm. Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Simak Pengenalan Dasar UserForm

Sumber http://www.excel-id.com/