Saturday, November 10, 2018

√ Gerakan Sadar Madrasah Se-Cilacap


CILACAP - Madrasah merupakan forum pendidikan yang khas bercirikan pendidikan Islam, dengan muatan kurikulum nasional pendidikan umum dan pendidikan agama. Keberadaan madrasah sudah sangat usang di negeri ini walaupun pada awal-awal berdirinya belum dapat disetarakan dengan forum pendidikan umum, namun seiring perkembangan zaman keberadaannya diakui, disamakan, dan kini bahkan menjadi salah satu forum pendidikan yang patut diperhitungkan keberadaaanya.
Dengan slogan Madrasahku Idolaku, Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah, maka kini hampir di seluruh jenjang madrasah mengalami peningkatan secara pesat dan cepat. Hal ini alasannya ialah sudah lahirnya kesadaran masyarakat yang bertahap mulai mencicipi nilai-nilai faktual dan nilai lebih yang menempel di madrasah, serta dengan tenaga pendidik  yang selalu berusaha energik, inovatif, visioner, dan up to date menjadi kunci bangkitnya madrasah dalam mengemban amanat memajukan tujuan pendidikan nasional. Memang pada awal-awal keberadaannya, madrasah dikenal hanya sebatas forum pendidikan khusus untuk mengaji pendidikan agama Islam, sebagian masyarakatpun khawatir kalau putra-putrinya kelak tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan ijasah yang diperoleh tidak dapat dipakai untuk keperluan administrasi-administrasi tertentu contohnya syarat memperoleh pekerjaan, namun kini pandangan mereka keliru, mereka mulai mengerti dan memahami serta mengakui eksistensi madrasah yang menyajikan multi ilmu pendidikan, ijasahnya pun setara dengan forum pendidikan yang lain, bahkan lulusan madrasah tak sedikit yang sukses dan dapat duduk setara dengan lulusan pendidikan lain.
Madrasah mempunyai empat jenjang pendidikan, yaitu RA (Raudhlatul Athfal), MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah). Keempatnya merupakan forum pendidikan berjenjang ibarat halnya forum pendidikan umum, dan kini forum pendidikan madrasah semakin berkibar dan kian populer. Kini nama madrasah bukan lagi sebutan khusus untuk pendidikan mengaji saja, melainkan menghadirkan multi pendidikan, baik agama dan umum.
       Pada awal tahun 2018 ini khususnya di Kabupaten Cilacap, madrasah siap menawarkan action-nya dan kini tengah berjalan, diantaranya dengan mencanangkan Gerakan Sadar Madrasah (GSM) yang diawali dengan pemasangan 1.000 (seribu) banner yang dipajang di seluruh madrasah dari jenjang RA, MI, MTs, dan MA se-Kabupaten Cilacap. Banner ini dibentangkan di depan madrasah dan tempat-tempat strategis dari ujung timur Kabupaten Cilacap (Kec. Nusawungu) hingga ujung barat Kabupaten Cilacap (Kec. Dayeuhluhur).
      Dengan pemasangan banner ini, diperlukan Masyarakat, Pemangku Pendidikan, Anggota Dewan Legislatif, atau bahkan Bupati akan lebih familier mendengar kata "MADRASAH", sehingga madrasahpun lebih terkenal dan setara dengan forum pendidikan umum, dengan begitu madrasah berharap kalau kebijakan-kebijakan pendidikan yang sekarang/ nantinya akan lahir dari pemerintah kabupaten, dapat merangkul madrasah dengan rangkulan yang bijak pula.
      Kita Bergerak Bersama dan Kuat Bersama, kekompakan yang kita bangun sebagai bentuk dalam menawarkan totalitas dan eksistensi madrasah di Kabupaten Cilacap. Mari kunjungi Kabupaten Cilacap, dan lihatlah betapa solid dan kuatnya persatuan guru madrasah di sini. Saksikan pemandangan banner-banner yang terbentang di tempat-tempat strategis di wilayah kabupaten Cilacap.
      Mudah-mudahan gerakan ini menjadi awal mula munculnya gerakan serupa yang akan lahir di kabupaten-kabupaten lain di Jawa Tengah, dan merambat ke seluruh penjuru Tanah Air.
by Admin Blog

Berikut dokumentasi sebagian banner yang telah dipajang : 



























Sumber Foto : FB Guru Madrasah Kab. Cilacap

Sumber http://mialislamiyahkroya.blogspot.com