Saturday, November 3, 2018

√ Ini Ia Cara Menciptakan Nomor Halaman Di Ms. Excel Dengan Mudah

Membuat nomor halaman pada Ms. Excel memang berbeda dengan cara penomoran halaman pada Ms. Word namun hal tersebut tidaklah jauh berbeda dan cukup sederhana. Penomoran halaman atau menciptakan nomor halaman pada Ms. Excel memang jarang dilakukan bahkan cara ini masih banyak yang belum mengetahuinya untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengembangkan bagaimana seh caranya untuk menyisipkan atau menambahkan nomor halaman pada Ms. Excel baik itu di excel 2007 maupun versi diatasnya.

Membuat nomor halaman dengan memakai Heade Footer

Untuk dapat menciptakan nomor halaman di Ms. Excel caranya ialah dengan memakai kemudahan header atau footer artinya kalau penomoran diatas kita gunakan header tetapi kalau penomoran dilakukan di bawah halaman maka silakan gunakan footer. Langkah menciptakan penomoran halaman dimulai dengan cara Anda harus menentukan sajian PageLayout dan silakan cari lalu klik Margins lalu pilih Custom Margins.

Simak goresan pena saya:
Cara Mengatur Halaman, Margins dan Posisi Kertas di Excel
Berikut uraian dengan gambar nya



Jika Anda sudah menentukan Custom Margins maka Ms. Excel akan menampilkan jendela PageSetup dan silakan Anda pilih Header/Footer.


Jika belum paham mengenai Header/Footer silakan simak :
Cara Membuat Header dan Footer pada Ms. Excel 2010
Langkah berikutnya sehabis Anda menentukan tab Header/Footer lalu klik Custom Footer kalau penomoran akan dilakukan dibawah halaman excel Anda maka akan tampil jendela ibarat gambar dibawah ini


Ada 3 pilihan penempatan untuk menciptakan nomor halaman tersebut ialah Anda dapat menyisipkan di bawah sebelah kira atau dapat juga di bawah tengah-tengah halaman dan dapat juga di bawah sebelah kanan halaman Anda. Untuk pola kali ini saya akan menempatkan nomor halaman di tengah-tengah halaman maka silakan klik pada kolom Center Section lalu klik icon Insert Page Number. 

Jika berhasil maka Anda akan melihat goresan pena &[Page] dan bukan nomor halaman 1 tetapi kalau Anda print preview lembar excel Anda maka nomor halaman akan otomatis terlihat kalau Anda mempunyai 7 halaman maka nomor halaman akan berurut secara otomatis dari angka 1 hingga dengan 7.

Demikian biar bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/