Tuesday, November 6, 2018

√ Penjumlahan Di Excel Dengan Macro

Bagaimana Anda dapat menjumlahkan data menyerupai tabel dibawah ini ?




Penjumlahan diatas bukan aku jumlahkan secara manual 10+10 =20 atau 20+20 jadi 40 dan seterusnya. Lalu bagaimana rumus apa yang dipakai untuk menjumlahkan data menyerupai tabel excel diatas?

Saya tidak memakai rumus, namun dengan sumbangan sedikit coding dan orang bilang Macro exel. Dengan menambahkan satu buah module untuk coding penjumlahan dan buat satu buah tombol untuk proses pemanggilan modul menjumlahan maka otomtasi setiap di klik akan menjumlahkan sendiri data yang ada pada tamat kolom A tersebut.

Lihat tutorial penjumlahan :
Macro Excel - Menghitung Jumlah Total dengan Kriteria Warna Merah 

Buatlah satu buah Module aku kira bagaimana cara menciptakan module sudah dijelaskan Kemudian pada Object General pilih module General dan buat sub prosedure gres kemudian ketikkan kira-kira menyerupai berikut ini

Sub Jumlahkan()
Dim BarisAkhir As Long
BarisAkhir = Range("A65536").End(xlUp).Row + 1
Cells(BarisAkhir, 1).Formula = "=SUM(A1:A" & BarisAkhir - 1 & ")"
End Sub
Setelah itu kemudian masuk kembali ke worksheet kemudian buat satu buah tombol pada worksheet dan beri nama tombol tersebut "Jumlahkan" kemudian pilih dan panggil module melalui tombol tersebut



Klik OK dan selesai, silakan klik tombol "Jumlahkan" yang telah dibentuk tadi kemudian lihat balasannya akan menjumlahkan setiap kolom tamat yang ada di kolom A tersebut.

Selamat mencoba dan berkreasi, supaya bermanfaat.

Simak :
Membuat Rumus Sendiri untuk menjumlah Angka dalam Teks
Sumber http://www.excel-id.com/