Friday, November 9, 2018

√ Referensi Tombol Hapus Data Dari Database Dengan Vba Excel

Menghapus data dari database merupakan salah satu pengeolahan data yang standar dibentuk oleh seorang programer VBA. Karena menghapus data sangat penting dikala data tidak diperlukan untuk itu saya akan membagikan bagaimana cara menghapus data dari database.

Pada tutorial ini bahwasanya ada kaitannya dengan tutorial saya pada cara menciptakan tombol simpan disertai coding nya. Silakan yang belum tahu dan ingin berguru lihat caranya pada link dibawah ini

Contoh Tombol Simpan dengan coding VBA
Tombol hapus data yang saya maksud ialah bagaimana menciptakan data yang telah dientri ke dalam database melalui tombol Simpan yang pernah saya bahas beberapa hari yang kemudian dan tentunya jikalau sudah disimpan ke dalam database user tidak perlu lagi untuk masuk ke worksheet melainkan programer harus menyediakan salah satu tombol untuk menghapusnya.

Tutorial Membuat Tombol Hapus Data dari Database.

Sebenarnya untuk menciptakan hapus data Anda harus memahami logika algoritma menyerupai kata para master excel namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas perihal hal tersebut. Anda dapat cari bahan lain di internet yang membahas sumber mengenai persoalan tersebut.
Untuk dapat menciptakan tombol hapus data dari database saya mempunya Form yang sudah jadi dan mudah-mudahan dengan tampilan form ini akan ada citra buat Anda untuk melangkah kedalam pembuatan coding atau script VBA nya.

Berikut referensi userform yang sudah disertai tombol Hapus Data.


Dari tampilan tersebut kita akan menghapus data dan apabila tombol Hapus kita klik maka muncul peringatan atau konfirmasi bahwa data tersebut akan dihapus. Penghapusan disini maksudnya bukan menghapus semua data tetapi kita akan mencari data yang akan dihapus kemudian jikalau ketemu data tersebut dan apabila Anda klik tombolnya maka data atau record yang dipilih akan dihapus.

Kenapa kebanyakan sebuah aplikasi baik itu berbasis VBA atau aplikasi lainnya seorang proggramer memperlihatkan pesan konfirmasi abolisi data? Hal ini bertujuan untuk mengingatkan user atau pengguna apakah data yang dipilih benar-benar akan dihapus alasannya ialah jikalau sudah terlanjur user tidak dapat mengembalikan data tersebut kembali.

Konfirmasi pesan abolisi menyerupai apa yang dimaksud?
Saya mempunyai sebuah pesan untuk konfirmasi kepada user jikalau user telah mengklik tombol hapus maka muncul pesan menyerupai berikut ini



Ketika data ditemukan dan dipilih oleh user maka muncul sebuah pesan menyerupai diatas, jikalau dipilih No proses abolisi dibatalkan tetapi jikalau pilih Yes maka proses abolisi dilakukan. Lalu bagaimana coding untuk menciptakan hapus record data tersebut?
Proses abolisi tentunya data tersebut hapus sudah dientri dan masuk ke dalam database jikalau Anda data akan dihapus berarti Anda harus mencarinya. Silakan simak tutorial saya mengenai
Script Cari Data Siswa

Ini referensi coding hapus Record Data dengan VBA

Inilah referensi coding untuk menciptakan hapus data yang saya maksud

Private Sub TombolHapusSOpir_Click()
On Error GoTo TerjadiKesalahan
Dim PEsan As String
Dim Ws As Worksheet
Set Ws = Worksheets("DataSopir")

Dim shtSeason As Worksheet
Dim c As Range
If IDSopir.Value = "" Then
MsgBox "Silakan Cari ID Sopir Terlbih Dahulu", vbInformation, "Info"
IDSopir.SetFocus
Else

PEsan = NamaSopir.Text + " - Akan dihapus dari database, Anda yakin? "
If MsgBox(PEsan, vbQuestion + vbYesNo, _
"Konfirmasi Penghapusan") = vbYes Then

Set shtSeason = Sheets("DataSOpir")
Set c = shtSeason.Columns(1).Find(IDSopir.Text)
c.Resize(, 13).Delete Shift:=xlUp
MsgBox "Data Berhasil Dihapus", vbOKOnly
Call KosongkanSopir
End If
End If
TerjadiKesalahan:
IDSopir.Value = ""
End Sub

Kemunculan pesan konfirmasi abolisi data record disini Anda harus menyisipkan perintah menyerupai yang telah dituliskan diatas. Dan jikalau Anda pilih Ya maka muncul pesan "Data berhasil dihapus".

Jika abolisi data berhasil maka Anda harus mengosongkan textbox dengan cara menambahkan Module KosongkanSopir. dan saya lampirkan juga coding KosongkanSopir untuk data yang ada pada textbox.

Module Untuk Mengosongkan Data jikalau Hapus Berhasil
Sub KosongkanSopir()
With DataUtama
    .IDSopir.Value = ""
    .NamaSopir.Value = ""
    .TempatLahirSopir.Value = ""
    .TglLahirSopir.Value = ""
    .BlnLahirSopir.Value = ""
    .ThnLahirSopir.Value = ""
    .UmurSopir.Value = ""
    .KelaminSopir.Value = ""
    .AgamaSOpir.Value = ""
    .HPSopir.Value = ""
    .AlamatSopir.Value = ""
    .NIKSopir.Value = ""
    .SIMSOpir.Value = ""
End With
End Sub
Jika Anda mengerti perihal VBA / Macro Excel tentunya hal ini sudah tidak ajaib lagi maksud dari coding diatas namun jangan khawatir saya akan menjelaskan salah satu maksud dari script VBA diatas

.IDSopir.Value, merupakan Name dari sebuah textbox Anda dapat merubahnya dengan nama lain sesuai dengan impian pada properties di VBA editor. Jika ingin sesuai dengan referensi buatan saya ini Anda harus mengganti setiap Name textbox yang sesuai dengan coding diatas.

Selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/