Thursday, November 1, 2018

√ Tips Memulai Penelitian Tindakan Kelas


Cara mudah memulai acara PTK – Pada umumnya guru sudah menerima pencerahan wacana penelitian tindakan kelas (PTK). Mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan di kelas, hingga pada penyusunan laporan. Pencerahan tersebut diperoleh melalui seminar, penataran dan pelatihan.
                               
Meskipun demikian pencerahan dalam bentuk teori semata belumlah cukup. PTK harus diterapkan secara berangsur-angsur dan berkesinambungan. Baik dalam bentuk sederhana sekalipun, hingga dengan PTK yang mengikuti mekanisme dan langkah yang lebih lengkap.

Melakukan acara PTK perlu kebiasaan dan latihan. Mungkin masih banyak yang mengalami kesulitan untuk memulai acara PTK ini. Hal ini disebabkan lantaran kurangnya waktu dan kesempatan berlatih, atau belum membiasakan diri untuk melaksanakan acara ini.

Selain itu juga disebabkan anggapan keliru, dimana PTK dianggap sama dengan penelitian jenis lainnya. Misalnya, penelitian mahasiswa untuk menuntaskan kiprah perkuliahan di perguruan tinggi tinggi. Padahal, PTK menempatkan guru sebagai pengajar dan peneliti internal di kelas. Saat mengajar ketika itu pula guru sanggup melaksanakan acara penelitian.

Sekadar inspirasi, berikut ini dibahas 4 cara dan langkah mudah dalam memulai acara PTK di sekolah:

1.Agendakan duduk masalah yang sering dihadapi

Untuk mulai berlatih melaksanakan PTK, tidak perlu berpikir menyusun tawaran terlebih dulu. Justru ini hanya akan memberatkan langkah guru untuk acara selanjutnya. Sebaliknya, cukup menulis atau mengagendakan butir-butir permasalahan yang sering dihadapi dalam menjalankan pembelajaran.

Misalnya; siswa kurang garang mengikuti pelajaran, siswa enggan mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan, hasil mencar ilmu siswa rendah, dan sejumlah butir lainnya.

2.Analisa duduk masalah yang diagendakan

Langkah berikutnya ialah menganalisa butir-butir duduk masalah yang sudah diagendakan. Dari sekian butir masalah, butir mana yang perlu dan mendesak untuk segera dicarikan solusinya. Langkah ini untuk membatasi permasalahan sehingga sanggup direncanakan solusinya. Perkirakan mengapa duduk masalah ini terjadi? Misalnya, siswa kurang garang mengikuti pelajaran. Mengapa ini terjadi? Apa jadinya kalau tidak segera diatasi?

3.Rencanakan pemecahan masalah

Setelah memperkirakan duduk masalah yang penting dan mendesak untuk diatasi, guru segera memperkirakan beberapa alternatif pemecahan masalah. Misalnya, untuk mengatasi siswa kurang gairah mencar ilmu direncanakan beberapa alternatif seperti; memakai metode mengajar bervariasi, memakai alat dan media belajar.

4.Terapkan alternatif pemecahan masalah

Langkah selanjutnya ialah menerapkan alternatif pemecahan duduk masalah dalam pembelajaran berikutnya. Amati bagaimana proses pembelajaran yang terjadi ketika menerapkan alternatif tindakan yang dipilih. Ini biasanya memakai instrumen observasi yang dibentuk oleh guru.

Jika diperlukan, observasi sanggup dilakukan bersama rekan sejawat. Namun sebaiknya dilakukan sendiri, tanpa berkolaborasi dengan guru lain. Tujuannya untuk menghindari pengaruh psikologis kepada siswa maupun guru yang berlatih memulai acara PTK.


Demikian 4 cara dan langkah mudah untuk memulai acara PTK sehingga guru terbiasa melaksanakan dalam pembelajaran. Selain untuk memecahkan duduk masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, PTK juga akan bermanfaat untuk pengembangan profesi guru.

Sumber http://www.pgrionline.com