Friday, December 14, 2018

√ 3 Cara Sederhana Ini Sanggup Mempercepat Loading Blog Sampai 4 Kali Lipat, Buktikan!

Info-Menarik.NET – Halo blogger, untuk posting kali ini saya akan sharing wacana bagaimana cara meningkatkan loading blog atau website sampai 4x lipat. Pernahkah Anda mengunjungi blog yang loadingnya sangat lambat? Mungkin kita tidak dapat pribadi menyalahkan hosting yang kita pakai. Bisa jadi blog kita sendiri yang memang berat tampilannya. Karena usang menunggu, risikonya pengunjung pribadi close dan buka tab lain di browser.


Baca Juga : 3 Hal Penting Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress Di GTMetrix


Kalo di dunia bisnis tentu ini hal yang merugikan, menyerupai pengunjung toko yang gres datang, pribadi pergi lagi sebelum melihat barang-barang yang kita jual. Kalo di dunia blogging, pagespeed terang sangat penting untuk user experience.


 untuk posting kali ini saya akan sharing wacana bagaimana cara meningkatkan loading blog √ 3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!


Ditambah lagi dengan pengguna internet mobile yang terus meningkat. Pernahkah kita mengecek performa blog ketika diakses secara mobile? Blog yang cantik yaitu blog yang cepat performa tampilannya, baik di jalan masuk dari desktop maupun secara mobile.


Baca Juga : Optimalkan Kinerja Loading WordPress Dengan Menghapus Post Revisi


Ada banyak faktor yang dapat menciptakan blog menjadi lambat. Misalnya themes/template yang berat, koneksi internet lambat, processor perangkat yang lambat, ataupun gangguan teknis pada hosting.


Bagaimana cara gampang untuk mengetahui performa blog yang Anda miliki? Caranya dapat dengan cek di Pagespeed Insight Google. Untuk mengetahui apakah blog Anda mobile friendly atau tidak, dapat di cek di Google Mobile Friendly Test.


 untuk posting kali ini saya akan sharing wacana bagaimana cara meningkatkan loading blog √ 3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!


Membuat blog yang mobile friendly tentunya sangat penting, apalagi ketika kita share goresan pena via media social ataupun grup chatting di handphone. Tentunya link posting yang kita share juga akan banyak di jalan masuk melalui mobile device. Ada tiga cara sederhana yang dapat lakukan untuk mempercepat loading blog :


1. Memilih Template/Themes Yang Ringan


Mempercepat loading blog dapat dilakukan dengan menentukan Themes yang ringan. Template atau themes yang ringan menciptakan loading blog lebih cepat sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama. Lebih cantik jika kita menentukan themes atau template yang responsive, sehingga nyaman diakses baik itu dari desktop, tablet, maupun smartphone.


Berikut pola hasil test loading speed blog saya www.elfaviona.xyz di GTmetrix.com, antara sebelum dan setelah mengganti themes :


 untuk posting kali ini saya akan sharing wacana bagaimana cara meningkatkan loading blog √ 3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!


Menurut GTmetrix, score pagespeed  saya  yaitu C (70%). Disini terlihat bahwa, loading blog cukup berat, dengan page load time 27.9s dan total page size 2.15 MB. Lalu kemudian saya ganti template dengan themes yang responsive, dan ternyata hasilnya cukup mengejutkan!


 untuk posting kali ini saya akan sharing wacana bagaimana cara meningkatkan loading blog √ 3 Cara Sederhana Ini Dapat Mempercepat Loading Blog Hingga 4 Kali Lipat, Buktikan!


Disini terlihat bahwa pagespeed score saya meningkat menjadi A(90%). Page load time meningkat menjadi 6.6s saja dan total page size 474 KB. Bayangkan, loading web meningkat 4X lipat dari 27.9s menjadi 6.6s, hanya dengan mengganti themes saja.


Baca Juga : Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly


2. Resize Ukuran Gambar Ilustrasi Posting


Menambahkan foto atau gambar sebagai ilustrasi memang akan menciptakan posting semakin menarik. Namun kita juga harus barhati-hati, mungkin tanpa di sadari kita dapat mengupload file gambar 1-3 MB ketika transfer hasil jepretan kamera handphone.


Selain menciptakan space usage hosting membengkak, juga menciptakan loading blog menjadi lambat, dan ketika di jalan masuk dari handphone akan memakan kuota data pengguna lebih besar. Ada baiknya kita resize terlebih dahulu, menjadi beberapa kiloByte saja.


Baca Juga : Cara Kompres Gambar Hingga 98% (Resize) Dengan Modal Software Gratis


3. Singkirkan Widget & Plugin Yang Tidak Penting


Terlalu banyak widget plugin yang tidak penting dapat menciptakan loading blog menjadi lambat.  Karena pada ketika loading blog, semua elemen dari blog akan diproses berurutan mulai dari header, artikel, widget dan plugin. Cukup pasang widget yang penting saja seperti, Popular post, Recent post, ataupun social profile, sehingga performa blog dapat lebih ringan.


Aktivitas blogging memang menyenangkan, namun kita juga harus mengerti kondisi pembaca blog. Tidak semua orang mempunyai koneksi internet cepat ataupun kuota data yang melimpah. Dengan meningkatkan pagespeed blog, maka kita memudahkan membaca untuk mengakses blog kita. Semoga bermanfaat.



Artikel ini karya penulis tamu Elfa Viona seorang blogger pemula yang mempunyai passion dalam hal fotografi dan blogging. Memiliki semangat yang tinggi untuk mempelajari SEO, Content Writing, dan Internet Marketing. Jangan lupa berkunjung ke blog pribadi saya di elfaviona.com dan elfaviona.xyz. Salam Blogger Indonesia! Ingin menulis artikel di InfoMenarik? Silakan simak pedomannya disini.


Sumber https://info-menarik.net