Monday, December 24, 2018

√ Begini Cara Menghitung Usia/Umur Tahun Bulan Dan Hari Dengan Rumus Dateif

Bagaimana cara menghitung umur atau usia pada Ms. Excel memakai rumus? Rumus DATEIF dapat dipakai untuk mengetahui berapa jumlah tahun, berapa jumlah bulan, dan berapa jumlah hari dari usia Anda dikala Anda memilih atau menuliskan tanggal lahir pada cell yang tersedia. Rumus ini dapat Anda gunakan contohnya bagaimana menghitung usia pada Daftar Pemilih dalam acara Pemilu menyerupai yang telah aku bahas sebelumnya wacana Aplikasi Pemilu Cara menghitung Umur

Rumus ini merupakan rumus Excel yang berfungsi untuk mengolah tanggal dan waktu Anda dapat lihat beberapa rujukan rumus mengolah tanggal dan waktu. Ok, ini beliau cara menghitung umur/usia dengan menghasilkan warta tanggal, bulan, dan hari memakai rumus DATEIF.

Silakan tuliskan rumus pada cell A2 dengan formula

=DATEDIF(A1;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(A1;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(A1;TODAY();"MD")&" Hari"
Dari rumus diatas terlihat goresan pena atau kata TODAY ini menandakan atau merupakan rumus untuk menampilkan tanggal sekarang. Kaprikornus bila komputer Anda pada setting Date Time atau Regional Setting tidak sesuai maka rumus ini akan menghasilkan warta umur yang salah. Kenapa dapat demikian?
Tanggal yang salah pada komputer mengakibatkan beberapa fungsi tidak bekerja secara maksimal maka silakan ganti atau rubah terlebih dahulu regional setting dengan cara mengklik tanggal yang berada pada ujung kanan bawan layar komputer.



Kembali pada pembahasan, sesudah rumus diatas Anda tuliskan pada cell A2 maka silakan coba Anda tuliskan tanggal lahir lengkap dengan bulan dan tahun nya contohnya aku tuliskan 01/01/1982 maka karenanya yakni 33 Tahun 6 Bulan 6 Hari. Hasil akan berbeda sesuai dengan kapan Anda menuliskan rumus tersebut dan berapa tanggal lahir yang akan dimasukan atau dicari umur nya.



Berhasil, rumus yang dituliskan sudah benar, apabila Anda mengalami kesulitan atau rumus mencari usia/umur ini terjadi error coba silakan ganti pada rumus tersebut titik koma menjadi koma. Oia rumus ini juga dapat dipakai untuk mencari umur pada pengolahan siswa baru.

Selamat mencoba agar berhasil.
Sumber http://www.excel-id.com/