Wednesday, December 19, 2018

Misteri Dan Mitos Pohon Beringin Kembar Di Alun-Alun Yogyakarta

Misteri Dan Mitos Pohon Beringin Kembar Di Alun Misteri Dan Mitos Pohon Beringin Kembar Di Alun-Alun Yogyakarta

Misteri Pohon Beringin Yogyakarta. Siapa yang belum sempat mendengar kisah romantis & mistis dibalik 2 pohon beringin di alun-alun Jogja? Yap, letak pohon beringin kembar Yogya ini benar-benar ada di alun-alun Kota Yogyakarta, lokasi yang sangat strategis bukan?

Apabila Anda orang orisinil Jogja tentu telah sangat hafal dengan dongeng ini. Namun nyatanya tak semua mengenal apa saja mitos yang mengiringi tumbuhnya pohon ini. 2 pohon beringin yang dikatakan berpasangan ini banyak dihubung-hubungkan dengan Sultan hamengku Buwono VI & juga nyi roro kidul.

Waah.. menakutkan juga ya, oke untuk meningkatkan kisah misteri anda hari ini, saya bakal menceritakan kisah mistis dibalik 2 pohon beringin di Yogya ini terhadap penggemar faktakah.com semuanya.

Baca Juga : Misteri Nyi Roro Kidul, Sang pelindung lautan selatan jawa

Awal Mula Tradisi Masangin di Pohon Beringin Kembar Jogja

Pohon beringin kembar alun alun Yogyakarta, kalau menuturkan mengenai 2 pohon beringin kembar tersebut hingga kini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang gres pertama kali ke Jogja maupun yang telah berkali-kali ke Jogja. Ya, tradisi itu di sebut tradisi masangin. Artinya yaitu memasuki diantara 2 pohon beringin.

Dimana kepercayaan masyarakat kurang lebih yaitu barang siapa yang sanggup melalui kedua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup tanpa melenceng bakal terpenuhi segala permintaannya. Sayangnya banyak yang telah mencoba berkali-kali namun masih saja gagal mencoba tradisi itu hingga sanggup menyebrang dengan sempurna.

Padahal dengan cara logika, jarak antara 2 pohon beringin tersebut tidak mengecewakan lebar untuk di lewati. Apakah mungkin ada Misteri pohon beringin kembar di alun-alun yogyakarta yang belum anda ketahui?

Asal Usul pohon beringin kembar ini bermula oleh tradisi masangin yang telah diperbuat semenjak usang tumbuh tanpa alasannya musabab. Menurut legenda pohon beringin kembar usang dari Jogja ini, bermula dari dongeng pohon beringin kembar Jogja yang merupakan tradisi oleh usul putri Sultan Hamengku Buwono VI yang bakal dinikahkan, namun tidak begitu menyukai calon yang telah dipilihkan oleh sang ayah.

Maka dari itu sang putri memberi syarat apabila laki-laki tersebut sanggup melalui ke dua pohon beringin dengan mata tertutup maka dirinya bersedia menikah. Nyatanya syarat yang diberperbuat sang putri tidak sanggup diperbuat oleh laki-laki tersebut.

Sampai hasilnya sultan membagikan maklumat bahwa siapa saja laki-laki yang sanggup melalui 2 pohon beringin kembar alun alun Yogyakarta tersebut berarti memiliki hati yang sangatlah ikhlas & bakal dinikahkan dengan sang putri. Entah telah berapa banyak laki-laki yang mencoba hingga pada hasilnya ada satu laki-laki yang sanggup menaklukan tantangan tersebut yakni putra pangeran dari prabu siliwangi.

Baca Juga : 5 Bentuk pohon terunik di dunia

Sebagai Penangkal Kerajaan

Tak hanya itu saja, mitos pohon beringin kembar Jogja sebagian besar masyarakat juga percaya apabila 2 pohon beringin tersebut merupakan gerbang ghaib yang menghubungkan keraton Jogja dengan pantai selatan yakni istana ratu nyi roro kidul. Konon katanya hal itulah yang menjadikan banyak tentara penyerang keraton Jogja yang kehilangan kekuatannya seusai melalui 2 pohon beringin tersebut. Kaprikornus kerajaan masih kondusif hingga sekarang.

Bahkan mereka juga beropini bahwa mitos pohon beringin kembar Yogayakarta tersebut merupakan jimat khusus bagi kerajaan & raja. Sebab itu, siapa saja yang ingin mencelakai raja & kerajaan bakal gagal alasannya kekuatan bakal hilang begitu melalui 2 pohon beringin tersebut.

Pohon Beringin Sebagai Pertanda

Tak hanya sebagai penangkal bagi keamanan raja & kerajaan. Pohon beringin yang bangun kokoh ini juga dipercaya masyarakat sebagai menandakan bakal adanya bencana yang tidak menyenangkan. Tak main-main, bencana tak membahagiakan tersebut bukan hanya terjadi di Jogja bahkan nasional.

Umpama saja ketika aneka macam puluh tahun yang kemudian terjadi kebakaran di salah satu pohon beringin, selang 4 tahun kemudian Indonesia mengalami serangan mendadak G30SPKI. & juga sempat terjadi bencana mengejutkan dikala meninggalnya Sultan Hamengku Buwono IX dimana tiba-tiba salah satu pohon beringin ambruk tanpa sebab. Hal ini pastinya menjadi kehawatiran tersendiri bagi masyarakat Jogja.

Pertanda yang diperlihatkan oleh pohon beringin tersebut tak berhenti di situ, kurang lebih pertengahan tahun 2014 kemarin salah satu pohon beringin mengalami kebakaran yang menciptakan warga kurang lebih geger.

Terbukti ada sebagian yang merasa ada menandakan kurang baik yang bakal terjadi. Namun apabila ditarik kesimpulan dengan cara logika menandakan kurang baiknya yaitu terus berkekurangannya kepedulian insan terhadap lingkungan. Sebab kebakaran yang terjadi kemungkinan besar dikarenakan oleh orang yang teledor membuang puntung rokok sembarangan. Maka dari itu sangat memprihatinkan apabila insan telah tidak lagi memiliki rasa ingin menjaga keindahan & keenjoyan lingkungan.

Terlepas dari semua mitos & kepercayaan masyarakat, ada banyak hal yang sanggup anda ambil pesan yang tersirat dari tradisi masangin & kehadiran pohon beringin tersebut. Contohnya, ada umpama kepercayaan siapa yang sanggup melalui 2 pohon beringin itu artinya orang yang berhati suci, mungkin sanggup di artikan siapa saja yang ingin melalui 2 pohon beringin tersebut dengan niat yang serius, fokus & tidak memikirkan hal-hal yang gila bakal sanggup melaluinya.

Sedangkan siapa yang hanya asal-asalan & tidak fokus otomatis bakal gagal melaluinya. Maka dari itu, ada efek dengan apa yang terjadi dengan 2 pohon tersebut.

Nah itulah artikel mengenai sejarah pohon beringin kembar di Yogyakarta. Anda wajib masih sanggup berfikir positif bakal perihal misteri pohon beringin kembar di alun-alun yogyakarta, mengingat pohon beringin kembar alun-alun yogyakarta terbakar sudah dikala ini, kenapa sanggup pohon berinign kembar jogja terbakar? yuk nantikan artikel berikutnya yaa.. :)

Baca Juga : Tak hanya pohon beringin, ternyata hutan di Jepang ini lebih angker dari apapun!!!
Sumber http://www.faktakah.com