Mengelompokkan data dari sebuah database pada Ms. Excel memang belum banyak dipakai tetapi untuk para pengguna Excel profesional hal ini sangat membantu sekali dalam memanajemen data yang ada di Ms. Excel.
Pengelompokan data di Excel memakai fungsi Group dan hal ini bukanlah memakai rumus melainkan dengan sajian Data yang ada di tab ribbon Outline. Pertanyaannya bagaimana cara menciptakan group tersebut? Berikut ini salah satu pola bagaimana cara menciptakan group

Nah, dari data tersebut kita mempunyai dua buah data ialah Pembelian dan Penjualan dan keduanya mempunyai rincian barang yang telah dijual dan rincian barang yang telah dibeli. Dari sini kita bisa mempunyai citra agar tampilan lebih fleksibel dan terlihat profesional kita harus mengelompokkan dua data tersebut dengan memakai Group.
Langkah Pertama
Silakan Anda blok data rincian untuk penjualan ialah range A2:A5 ibarat berikut

Klik sajian Data lalu pilih Group

Jika sudah maka akan muncul
Silakan pilih option Row untuk group baris lalu klik OK sehingga karenanya akan terlihat ibarat gambar berikut

Silakan Anda buat group yang kedua untuk pembelian dengan cara blok range A7:A10 sehingga karenanya group akan ibarat berikut ini.
Anda bisa meminimalis group dengan menekan tombol min (-) sehingga bisa terlihat ibarat berikut ini

OK, Anda bisa lihat gambar di atas hasil dari group. Anda bisa membuatkan dengan lebih spesifik dan komplek lagi sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan di bidang pekerjaan Anda. Semoga tutorial Pengelompokan Baris dan Kolom dengan Group di Excel 2010 bermanfaat.
Selamat Belajar. Sumber http://www.excel-id.com/

