Wednesday, December 19, 2018

√ Rumus If Untuk Cek Data Berbeda Di Ms. Excel

Rumus IF di Ms. Excel menang berbagai manfaat mengingat fungsi dari rumus IF merupakan bab dari rumus penyelesaian logika atau dengan kata lain Rumus Fungsi Logika. Pada kesempatan kali ini aku akan menulis bagaimana mencek dua buah data apakah ada perbedaan atau tidak antara data yang satu dengan data yang lainnya.

Rumus IF ini akan menghasilkan isu atau keterangan bahwa hasil dari cek dua buah data tersebut berbeda atau tidak, OK berikut penulisan rumus nya

=IF(B2<>C2;"DATA BERBEDA";"")
Dari rumus diatas merupakan pengecekan dari data yang ada di cell B2 dengan C2 apakah data tersebut berbeda atau sama? jikalau berbeda maka akan menghasilkan goresan pena "DATA BERBEDA" tetapi jikalau data tersebut sama maka jadinya akan dikosongkan "".

Bagaimana kasus untuk menciptakan rumus IF cek apakah data tersebut berbeda? Berikut teladan dalam bentuk ilustrasi.
Pertama silakan tuliskan dua buah data menyerupai gambar berikut ini



Dari dua data tersebut silakan ketikkan rumus di cell D2 dengan formula =IF(B2<>C2;"DATA BERBEDA";"")

 

Jika sudah selesai silakan tekan enter dan copykan rumus tersebut ke bawah dengan cara fill handle samai dengan D22 maka jadinya akan terlihat menyerupai gambar berikut


Hasilnya akan diperoleh terdapat 3 buah data yang berbeda. Silakan cek secara manual apakah rumus tersebut benar? Untuk data pada DATA 1 atas nama SENDI FIRDAUS sedangkan di DATA 2 yakni SANDI FIRDAUS, lalu NINDA SRI RAHAYU dengan NIMDA SRI RAHAYU dan terakhir di DATA 1 yakni ADE AYU LESTARI sedangkan di DATA 2 namanya ADI AYU LESTARI.

Lalu bagaimana cara Cek Duplikasi data? Silakan lihat goresan pena Cara Mencari Duplikasi Data dengan Rumus COUNTIF
Rumus ini biasanya dipakai untuk sinkronisasi data yang acak lalu diurutkan kembali menyerupai yang terjadi pada pengolahan data siswa yang pada dikala ini sedang berlangsung di sekolah dalam rangka penerimaan siswa baru.
Jika kurang terang mengenai goresan pena ini silakan lihat video nya lebih gampang dalam mempelajarinya dibawah ini

VIDEO TUTORIAL EXCEL - Rumus IF untuk Cek Data Berbeda di Ms. Excel



OK, agar bermanfaat.







Sumber http://www.excel-id.com/