Wednesday, December 19, 2018

√ Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)

Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software – Setiap pengguna komputer tentunya sudah paham betul apa itu Flashdisk. Si-mungil ini paling sering mereka gunakan sebagai media eksternal untuk menyimpan aneka macam macam data. Flashdisk sanggup menampung apapun jenis atau ekstensi data seperi video, dokumen, lagu, gambar, software dan sebagainya. Karena sifatnya yang gampang dibawa kemana-mana dan dikala disimpan tidak perlu membutuhkan ruang khusus maka kini bukan hanya pengguna komputer saja yang biasa memakai Flashdisk. Saat ini banyak pemutar audio dan video yang sudah dilengkapi dengan colokkan USB sehingga sebagai medianya sanggup memakai Flashdisk tidak dengan belahan CD/DVD.


Baca Juga : Kurang Dari 25 Detik Bisa Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan Software


Seiring perkembangan teknologi maka kini kapasitas Flashdisk terus ditingkatkan. Dulu pertama kali muncul, Flashdisk hanya mempunyai kapasitas mega byte (mb) saja. Namun kini sudah banyak Flashdisk yang mempunyai kapasitas giga byte (gb) bahkan kalau tidak salah sudah ada Flashdisk yang mempunyai kapasitas tera byte (tb). Wooow sungguh kapasitas yang mengagumkan! Dengan Flashdisk yang mempunyai kapasitas 64gb saja kita sanggup menyimpan ratusan bahkan ribuan audio format .mp3. Hebatnya lagi dengan kapasitas sebesar itu sanggup kita beli dengan harga terjangkau tidak ibarat harga Flashdisk 5 tahun yang kemudian yang tergolong mahal.


Ok yang akan saya bahas disini bukan harga dan kapasitas, namun pada kesempatan yang baik ini saya akan menyebarkan cara bagaimana melindungi Flashdisk dari virus? Bagaimana menciptakan Flashdisk yang kebal dari virus?


Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software √ Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)


Perlu kita tahu bahwa benda kecil ini sangat rawan sekali terjangkit oleh virus. Ya memang benar bahwa Flashdisk sangat gampang untuk dihinggapi virus apalagi bila Flashdisk sering dicolokkan sana-sini maka sangat gampang sekali virus hinggap didalamnya. Anda perlu berhati-hati dengan kerentanan Flashdisk oleh virus ini. Jangan hingga benda besar (CPU) sanggup dikalahkan dengan benda sekecil Flashdisk. Komputer atau laptop sanggup tertular virus yang dibawa oleh Flashdisk. Maka daripada itu kita wajib untuk meningkatkan kekebalan Flashdisk biar tidak gampang terjangkit penyakit (virus).


Berikut Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software


Kenapa Flashdisk sangat gampang sekali terjangkit virus? Alasan tepatnya sayapun tidak tahu, namun yang terperinci faktany memang begitu. Cara kerja virus hingga sanggup masuk ke Flashdisk ialah virus secara otomatis akan menciptakan folder yang berjulukan autorun.inf. Ketika Flashdisk dicolokkan ke USB komputer/laptop yang didalamnya ada virusnya maka dengan sendirinya akan menularkan penyakit terhadap Flashdisk tersebut. Induk virus secara otomatis akan bertengger didalam folder autorun.inf dalam Flashdisk yang selanjutnya akan menyebarkan penyakit ke Windows komputer/laptop lain.


Seperti yang sudah disinggung pada judul artikel ini kalau kita akan memodifikasi Flashdisk biar lebih kebal dari virus tanpa memakai software. Untuk sekedar melindungi Flashdisk dari virus bergotong-royong kita tidak perlu memakai software lain lagi. Cukup dengan operasi sistem Windows kita sudah sanggup menciptakan Flashdisk yang kebal dari nanah virus.


Lakukan langkah berikut ini untuk menciptakan Flashdisk kebal dari virus. Dan ingat dikala Anda mempraktikkan cara ini usahakan komputer/laptop yang dipakai higienis dari virus.



  1. Colokkan Flashdisk ke USB komputer/laptop dan pastikan kalau Flashdisk juga sudah higienis dari virus. Anda sanggup scan dulu Flashdisk memakai AntiVirus yang sudah diupdate;

  2. Buat folder didalam Flashdisk dan beri nama inf. Lihat artikel cara menciptakan folder di komputer jika Anda belum tahu caranya;

  3. Buka folder gres yang telah dibentuk tadi (folder autorun.inf) kemudian buat file Notepad dan beri nama sembarang, misal txt. Untuk menciptakan file Notepad, Anda sanggup klik kanan pada layar kerja kemudian klik pilih New kemudian Text Document;

  4. Ganti nama file yang dibentuk oleh Notepad (kebal.txt) dengan huruf-huruf unik. Untuk menciptakan huruf-huruf unik ini Anda sanggup memakai kegiatan Character Map sebuah aplikasi bawaan Windows. Untuk mengaktifkan Aplikasi Character Map silakan dari Start > All Programs > Accesories > System Tools > Character Map. Buat huruf-huruf unik dengan Fonts yang berakhiran Unicode, misal Arial Unicode kemudian copy paste ke nama file Notepad (rename);

  5. Flashdisk siap dipakai ….


Kini didalam Flashdisk Anda sudah terdapat folder gres dengan autorun.inf dan didalam folder autorun.inf sudah tersimpan file Notepad dengan nama unik. Biarkan kosong saja file Notepad tersebut dan nantinya data-data sanggup Anda simpan diluar folder autorun.inf.


Cara kerja Flashdisk Anda kini ibarat yang sudah dibahas diatas bahwa virus akan menciptakan folder otomatis dengan nama autorun.inf. Namun kini virus tidak sanggup membuatnya alasannya ialah didalam Flashdisk sudah ada folder autorun.inf. Kemudian virus juga tidak sanggup menularkan virus kedalam folder autorun.inf alasannya ialah didalamnya terdapat file unik. Virus tidak akan sanggup menghapus atau mengganti folder autorun.inf tersebut alasannya ialah folder yang kita buat akan memblokir setiap virus yang masuk.



Ok mungkin hanya itu saja goresan pena perihal Cara Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software. Semoga artikel ini ada keuntungannya dan selamat mencoba. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya salam sukses.



Sumber https://info-menarik.net