Thursday, December 13, 2018

√ Vba Code Print Userform | Cara Terbaik Print Form Excel

Ada beberapa pertanyaan dari salah satu pengujung blog excel ini yaitu bagaimana seh cara print UserForm dengan memakai VBA?. sebuah pertanyaan yang sederhana namun terkadang sangat juga dubutuhkan ketikan menciptakan sebuah aplikasi berbasis VBA Excel. Silakan dapat lihat Contoh Aplikasi Excel VBA

Untuk Print UserForm, ingat bukan print melalui userform, maksudnya disini ialah bagaimana cara print UserForm yang telah didesain dan dirancang melalui VBA editor ini.

Langkah pertama Anda tentu harus menciptakan sebuah rancangan UserForm berikut ini. Ini ialah salah satu pola silakan kembangkan kembali sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Jika belum tahu mengenai UserForm silakan simak Pengenalan Dasar dan Cara Membuat UserForm


Setelah Anda menciptakan UserForm silakan buat salah satu tombol dengan memakai CommanButton1 dan double click tombol tersebut untuk menciptakan scriptnya kemudian isikan scrip VBA print UserForm dibawah ini

Private Sub CommandButton1_Click()
Me.PrintForm
End Sub
Anda dapat juga gunakan

Private Sub CommandButton1_Click()
UserForm1.PrintForm
End Sub

Berikut tampilan di Microsoft Visual Editornya



Untuk menguji apakah script VBA yang telah dibentuk benar-benar berfungsi silakan Run, atau tekan F5 kemudian klik tombol CommandButton1 maka secara otomatis akan mencetak Form yang tampil.

Demikian, Semoga dimengerti dan bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/