Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel – Bagi Anda yang ingin tau ingin tahu bagaimana cara menciptakan kalender otomatis di Office Excel maka Anda tidak salah lagi membaca artikel ini. Karena pada kesempatan baik ini aku akan menyebarkan cara untuk memenuhi keperluan tersebut. Membuat kalender di Office Excel gampang-gampang sulit. Itu semua tergantung dari pemahaman kita masing-masing terhadap cara mengoperasikan kegiatan Microsoft Office Excel. Namun asal Anda tahu dalam menciptakan kalender disini aku tidak memakai arahan Visual Basic (VBA) ibarat pada umumnya. Disini kita cukup mengandalkan rumus-rumus atau fungsi/formula Office Excel saja.
Baca Juga : Cara Mencegah Untuk Menghindari Duplikat Data Ketika Entry Data Di Office Excel
Kenapa sih kalender harus dibentuk sendiri? Mencari kalender ketika ini banyak tersedia dipasaran sehingga memudahkan kita ketika ingin membelinya. Kalender sanggup kita temukan dan ketahui pada handphone atau smartphone, kemudian kalender juga sanggup kita lihat di desktop komputer/laptop. Kalau begitu kenapa kita harus repot membuatnya sendiri secara manual jikalau ada yang lebih praktis?
Walaupun untuk menemukan kalender baik itu versi cetak ataupun versi digital sangat mudah ditemukan tapi tidak ada salahnya kita mencoba praktek sendiri menciptakan kalender. Banyak kegiatan komputer yang sanggup kita gunakan untuk menciptakan kalender, diantaranya yaitu Adobe Photoshop, CorelDRAW, Microsoft Office Publisher, Microsoft Office Excel, dan sebagainya. Diantara banyak kegiatan komputer yang sanggup dipakai untuk menciptakan kalender, hanya dengan Office Excel sajalah kita sanggup menciptakan kalender sendiri secara otomatis.
Berikut Cara Membuat Kalender Otomatis Menggunakan Office Excel 2007
Ok kita mulai saja kini tutorialnya, silakan Anda buka kegiatan Office Excel yang sudah terpasang di komputer atau laptop Anda. Disini aku memakai Microsoft Office Excel 2007. Untuk Office Excel versi lainnya silakan menyesuaikan saja dan pada pada dasarnya niscaya masih sama.
Pertama ketik angka 1 pada cell A1. Angka 1 ini yaitu nomor urut bulan masehi atau bulan ke-1. Artinya pertama kita akan menciptakan kalender bulan Januari terlebih dahulu. Kemudian pada cell G1 silakan Anda ketik tahun kalender yang ingin dibuat, misal 2016. Setelah itu ketik nama hari mulai dari hari Minggu hingga dengan hari Sabtu pada cell A2 hingga dengan cell G2. Disini Anda boleh merapikan dulu cell-cell yang gres saja dibuat, misal dibentuk rata tengah (center), dan sebagainya. Dari cell B1 hingga dengan cell F1 nantinya akan dibentuk nama bulan, sebaiknya kini kita Merge & Center (Merge Cell) dulu.
Seperti yang sudah aku singgung diatas jikalau dari cell B1 hingga dengan cell F1 akan ditulis nama bulan, maka disini kini kita tentukan nama bulannya. Untuk mengisi bulan kita isi dengan memakai rumus atau formula DATE, tepatnya yaitu sebagai berikut :
=DATE(year;month;day)
Kita isi “year” (tahun) berdasarkan data yang diisi pada cell G1 dan “month” (bulan) berdasarkan data yang ditulis di cell A1 dan untuk “day” (hari) kita isi 1 saja. Dengan begitu rumusnya kira-kira kesudahannya akan menjadi ibarat ini : =DATE(G1;A1;1).
Setelah di Enter maka akan tampil tanggal dengan format 01/01/2016, namun bukan format tanggal ibarat itu yang kita inginkan. Kita ubah format tanggal menjadi yang menampilkan hanya nama bulan dan tahun saja dan itupun format tanggal dalam bahasa Indonesia, misal Januari 2016.
Caranya klik kanan pada cell B1 – F1 klik pilih Format Cells > Custom dan pastekan arahan ini pada kolom Type : [$-21]mmmm yyyy. Sekedar pengetahuan saja arahan [$-21] yaitu untuk menampilkan format tanggal bahasa Indonesia, mmmm menampilkan bulan dan yyyy menampilkan tahun.
Sebelum dilanjut coba Anda tes dulu dengan mengetikkan angka sembarang dari angka 1 hingga dengan 12 pada cell A1, misal angka 2 apakah nanti otomatis pada cell B1 akan bermetamorfosis bulan Februari atau tidak? Jika sudah berubah berarti pembuatan nama bulan sudah selesai.
Ok langkah selanjutnya yaitu menciptakan tanggal yang merupakan inti dari permasalahan menciptakan kalender di Office Excel ini. Tanggal di kalender biasanya akan tampil dibawah nama-nama hari. Kita sebelumnya sudah menciptakan nama-nama hari dari cell A2 hingga dengan cell G2. Dalam mengisi tanggal-pun kita buat dengan rumus atau formula. Karena pada dasarnya kita menciptakan kalender di Office Excel ini yaitu kalender otomatis.
Silakan Anda isikan formula berikut : =B1-WEEKDAY(B1)+1 pada cell A3 atau dibawah nama hari Minggu. Setelah di Enter maka yang tampil yaitu format tanggal tadi, yaitu yang menampilkan nama bulan dan tahun. Sedangkan yang kita butuhkan disini yaitu hanya format tanggalnya saja atau format angka.
Solusinya silakan Anda ubah lagi Format Cells pada kolom A3 dengan menentukan Custom dan isikan arahan dd pada kolom Type.
Nah kini sudah berubah, sebagai pola kalender pada bulan Januari 2016 diawali tanggal 27. Itu yaitu tanggal 27 Desember tahun 2015 lalu. Rumus induk untuk menampilkan tanggal sudah kita selesaikan dengan sempurna. Sedangkan untuk menampilkan tanggal-tanggal pada hari selanjutnya tinggal memakai formula tambah (+) saja. Gunakan metode formula tambah (+) satu dari setiap cell secara berurutan dan terus menerus. Cell B3 kita isi dengan formula =A3+1 kemudian cell C3 diisi dengan =A3+2, cell D3 =A3+3, cell E3 =A3+4, cell F3 =A3+5, cell G3 =A3+6, cell A4 =A3+7, dan seterusnya.
Untuk merapikan baris (row) dan kolom (column) silakan gunakan yang otomatis saja yaitu dari sajian Home > Format dan pilih apakah kolom atau baris yang akan dirapikan terlebih dahulu.
Ini yaitu hasil simpulan kalender yang gres saja kita buat. Pembuatan formula tambah (+) dari cell A3 selesainya yaitu hingga =A3+41. Disini Anda sanggup tes kembali apakah kalender sudah otomatis atau belum? Coba ketik angka sembarang lagi pada cell A1, misal angka 3 berarti otomatis akan menampikan data kalender bulan Maret 2016.
Agar kalender yang kita buat di Office Excel ini sedikit menarik kelihatannya, kita sanggup memperlihatkan garis tabel didalamnya. Atau mungkin kita beri warna pada latar belakangnya, warna merah pada setiap tanggal atau hari Minggu, dan sebagainya.
Kita lihat lagi kalender yang gres saja kita buat, berdasarkan Anda apakah ada yang janggal pada tanggal-tanggalnya? Ya benar, diatas kita masih sanggup melihat dengan terperinci setiap tanggal kelebihan baik itu kelebihan diawal bulan dan simpulan bulan. Contoh diatas kelebihan tanggal diawal bulan yaitu dari tanggal 27 dampai dengan tanggal 31 kemudian kelebihan diakhir bulan yaitu dari tanggal 01 hingga dengan tanggal 06. Sekarang mari kita samarkan saja warna hurufnya atau kita bedakan jangan hingga sama dengan warna aksara tanggal kalender utama.
Kita buat yang otomatis saja caranya silakan Anda blok cell A3 hingga dengan cell G8 kemudian dari sajian Home klik pilih Conditional Formating > New Rule.
Kemudian klik pilih Use a formula to determine which cells to format dan isikan arahan berikut pada kolom Format values where this formula is true.
=Month(A3)<>$A$1
Selanjutnya klik Format untuk mengubah warna aksara setiap tanggal kelebihan secara otomatis. Disini aku menentukan warna White, Background 1, Darker 25%.
Nah kini secara otomatis setiap tanggal kelebihan akan berubah warnanya sesuai dengan warna yang kita tentukan tadi. Sampai langkah ini menciptakan kalender otomatis di Office Excel sudah kita selesaikan dengan sempurna. Untuk modifikasinya aku serahkan sama kreatifitas Anda masing-masing.
Jika Anda ingin menciptakan bulan yang lain caranya sangat mudah, Anda tinggal copy paste saja kalender bulan yang sudah jadi. Kemudian diubah cell yang memperlihatkan angka bulan maka secara otomatis seluruh data kalender akan berubah mengikuti data bulan yang kita setting.
Mungkin permasalahannya ketika kita melaksanakan copy paste data kalender untuk menambah bulan yaitu ketika cell yang menujukkan angka bulan kita ubah maka warna kelebihan tanggal akan kacau. Solusinya kita bersihkan dulu pengaruh Rulesnya dari Conditional Formatting kemudian buat lagi dan arahan diadaptasi dengan lokasi cell pertama tanggal dan cell pengubah angka bulan. Misal formula untuk Rules bulan Ferbruari yaitu =Month(I3)<>$I$1.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Seputar Office Excel
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Seputar Office Excel
- 150+ Download Gratis Kumpulan Rumus Excel Siap Pakai Lengkap Dengan Contoh
- Cara Membuat Ukuran Kertas Di Office Excel Untuk Mencetak Hasil Kerja Excel
- Cara Membuat Highlight Di Office Excel Untuk Membedakan Warna Cell Tertentu
- Cara Proteksi Cell Tertentu Di Office Excel Agar Tidak Bisa Di Edit Orang Lain
- Cara Singkat Membuat Hyperlink Di Office Excel (Tombol Klik Menuju Sheet Lain)
Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Membuat Kalender Otomatis Di Office Excel Tanpa VBA. Semoga artikel ini ada keuntungannya bagi siapapun yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi diartikel keren lainnya dan salam sukses selalu.
Sumber https://info-menarik.net