Wednesday, January 16, 2019

√ Laporan Pendidikan Dan Training Literasi Guru Menulis



1.      Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
a.      Waktu dan Tempat
1)      Hari                     : Senin – Rabu
2)      Tanggal                : 04 s.d 06 Desember 2017
3)      Pembukaan          : Senin, 04 Desember 2017
4)      Lama Diklat        : Tiga (3) hari
5)      Tempat                : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB Yogyakarta)

b.      Penyelenggara Kegiatan
Pendidikan dan Pelatihan Literasi Guru Menulis diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB Yogyakarta) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

2.      Tujuan Diklat/ Pengembangan Diri
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pembinaan ini adalah:.
1.      Tujuan Umum
Tujuan umum Pendidikan dan Pelatihan Literasi Guru Menulis ialah meningkatkan kompetensi guru biar handal dan terampil dalam melaksanakan kegiatan literasi terutama dalam bidang menulis.

2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus Pendidikan dan Pelatihan Literasi Guru Menulis ialah penerima menguasai bahan pembinaan yang terdiri atas:
1)      Kebijakan Literasi Guru Menulis
2)      Menulis itu Praktis dan Menyenangkan
3)      Dasar-Dasar Literasi Menulis
4)      Teknik Menulis Artikel
5)      TIK dalam Literasi Menulis
6)      Praktik Menulis Artikel
7)      Presentasi Tulisan
8)      Review dan Finalisasi Tulisan
9)      Kunjungan Perpustakaan

3.      Uraian Materi Pengembangan Diri
Struktur aktivitas kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Literasi Guru Menulis setara dengan pembelajaran selama 30 jam. Hal ini dibuktikan dengan Sertifikat Pelatihan yang ditandatangani oleh a.n plt. Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK SB Yogyakarta) Kabid Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Drs. Rahayu Windarto, M.M.

Uraian bahan Pendidikan dan Pelatihan Literasi Guru Menulis ialah sebagai berikut :

No
Materi
Jumlah Jam
UMUM

1
Kebijakan Literasi Guru Menulis
2 jam
POKOK

2
Menulis itu Praktis dan Menyenangkan
2 jam
3
Dasar-Dasar Literasi Menulis
2 jam
4
Teknik Menulis Artikel
4 jam
5
TIK dalam Literasi Menulis
4 jam
6
Praktik Menulis Artikel
5 jam
7
Presentasi Tulisan
3 jam
8
Review dan Finalisasi Tulisan
3 jam
PENUNJANG

9
Kunjungan Perpustakaan
2 jam
JUMLAH
30 jam


4.      Tindak Lanjut
Guru sehabis mengikuti kegiatan ini telah melaksanakan tindak lanjut berupa:
a.       Menerapkan Gerakan Literasi Sekolah di unit kerjanya masing-masing
b.      Menuliskan karya ilmiah dalam bentuk buku
c.       Menerbitkan karya ilmiah berupa buku

5.      Dampak
Dampak yang dicapai melalui Kegiatan Pelatihan peningkatan Kompetensi Guru Kelas ialah sebagai berikut:
1.      Mengetahui Kebijakan Kemdikbud perihal Gerakan Literasi Nasional
2.      Melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
3.      Memahami Jenis Karya Tulis Ilmiah
4.      Menguasai Pengetahuan Dasar Dunia Buku
5.      Memahami Kiat Menembus Penerbit
6.      Praktik Menulis Buku
7.      Melaksanakan Bedah Naskah
8.      Menguasai Metode-Metode Menulis Buku
9.      Melakukan Presentasi dan Evaluasi
10.  Meguasai Bahasa Penulisan Buku
11.  Melakukan Publikasi, Penerbitan, dan Kiat Pemasaran Buku
12.  Melakukan Rencana Tindak Lanjut
13.  Melaksanakan Evaluasi Kegiatan
  
LAMPIRAN

1.      Matrik ringkasan pelaksanaan pelatihan
2.      Fotocopy Surat Tugas
3.      Foto copy Sertifikat

MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT

Nama Diklat
Tempat Kegiatan
Jumlah Jam Kegiatan Diklat
Nama Fasilitator
Mata Diklat/ Kompetensi
Nama Penyelenggara Kegiatan
Dampak
Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Angkatan 2
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA Bandung)
30 jam pelajaran
Drs. Iwan Heryawan, M.Si.
(Kabid Fasilitasi Peningkatan Kompetensi PPPPTK IPA Bandung)
1)              Kebijakan Kemdikbud perihal Gerakan Literasi Nasional
2)              Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
3)              Jenis Karya Tulis Ilmiah
4)              Pengetahuan Dasar Dunia Buku
5)              Kiat Menembus Penerbit
6)              Praktik Menulis Buku
7)              Bedah Naskah
8)              Metode-Metode Menulis Buku
9)              Presentasi dan Evaluasi
10)          Bahasa Penulisan Buku
11)          Publikasi, Penerbitan, dan Kiat Pemasaran Buku
12)          Rencana Tindak Lanjut
13)          Evaluasi Kegiatan

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA Bandung) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
·         Mengetahui Kebijakan Kemdikbud perihal Gerakan Literasi Nasional
·         Melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
·         Memahami Jenis Karya Tulis Ilmiah
·         Menguasai Pengetahuan Dasar Dunia Buku
·         Memahami Kiat Menembus Penerbit
·         Praktik Menulis Buku
·         Melaksanakan Bedah Naskah
·         Menguasai Metode-Metode Menulis Buku
·         Melakukan Presentasi dan Evaluasi
·         Meguasai Bahasa Penulisan Buku
·         Melakukan Publikasi, Penerbitan, dan Kiat Pemasaran Buku
·         Melakukan Rencana Tindak Lanjut
·         Melaksanakan Evaluasi Kegiatan



Sumber http://rahmahuda.blogspot.com