1. Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
a. Waktu dan Tempat
1) Hari : Jumat - Minggu
2) Tanggal : 24 April s.d 8 Mei 2018
3) Pembukaan : Selasa, 4 April 2018 pukul 19.00 WIB
4) Lama Diklat : Lima belas hari
5) Tempat : Online (Dalam Jaringan/ Daring) melalui website simpatik.belajar.kemdikbud.go.id.
b. Penyelenggara Kegiatan
Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran (Level Implementasi TIK) diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2. Tujuan Diklat/ Pengembangan Diri
Tujuan yang hendak dicapai dalam acara Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran (Level Implementasi TIK) yaitu meningkatkan kompetensi guru semoga handal dan terampil dalam memakai produk TIK Pendidikan yang berkualitas.
3. Uraian Materi Pengembangan Diri
Struktur agenda acara Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran (Level Implementasi TIK) setara dengan pembelajaran selama 32 jam. Hal ini dibuktikan dengan Sertifikat Pelatihan yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gogot Suharwoto, Ph.D.
Uraian bahan Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran (Level Implementasi TIK) yaitu sebagai berikut :
No | Materi | Sub Materi | Waktu (JP) |
1 | Penyusunan RPP | · Pemilihan karakteristik media pembelajaran yang sesuai · Membuat RPP terintegrasi TIK | 10 |
2 | Pemanfaatan sumber-sumber mencar ilmu berbasis TIK | · Pemanfaatan Sumber Belajar berbasis TIK pada proses pembelajaran di kelas (Pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar, tv edukasi, radio bunyi edukasi, m-edukasi) · Pemanfaatan bank soal untuk penilaian secara online | 10 |
3 | Pemanfaatan TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran | · Menerapkan/ memanfaatkan email, dan milis, kompresi file (zip, rar), cloud storage (google drive, kolaborasi, survei online) · Menerapkan/ memanfaatkan jejaring sosial sebagai alat komunikasi dan kerja sama (FB, twitter, plurk, netlog, instagram, web, blog, LMS) | 10 |
4 | Evaluasi | · Evaluasi hasil mencar ilmu dan program | 2 |
| Jumlah | | 32 jam |
4. Tindak Lanjut
Guru sesudah mengikuti acara ini telah melaksanakan tindak lanjut berupa:
a. Memilih media pembelajaran yang sesuai
b. Membuat RPP terintegrasi TIK
c. memanfaatkan jejaring sosial sebagai alat komunikasi dan kolaborasi
5. Dampak
Dampak yang dicapai melalui Kegiatan Pelatihan peningkatan Kompetensi Guru Kelas yaitu sebagai berikut:
1. Memahami penyusunan RPP terintegrasi TIK
2. Mengetahui pemanfaatan sumber-sumber mencar ilmu berbasis TIK
3. Memahami Pemanfaatan TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran
LAMPIRAN
1. Matrik ringkasan pelaksanaan pelatihan
2. Fotocopy Surat Tugas
3. Foto copy Sertifikat
MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT
Nama Diklat | Tempat Kegiatan | Jumlah Jam Kegiatan Diklat | Nama Fasilitator | Mata Diklat/ Kompetensi | Nama Penyelenggara Kegiatan | Dampak |
Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran (Level Implementasi TIK) | Daring (Online) | 32 jam pelajaran | Tukijo, S.Pd. (Duta Rumah Belajar Kemdikbud) | 1. Penyusunan RPP · Pemilihan karakteristik media pembelajaran yang sesuai · Membuat RPP terintegrasi TIK 2. Pemanfaatan sumber-sumber mencar ilmu berbasis TIK · Pemanfaatan Sumber Belajar berbasis TIK pada proses pembelajaran di kelas (Pemanfaatan fitur-fitur rumah belajar, tv edukasi, radio bunyi edukasi, m-edukasi) · Pemanfaatan bank soal untuk penilaian secara online 3. Pemanfaatan TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran · Menerapkan/ memanfaatkan email, dan milis, kompresi file (zip, rar), cloud storage (google drive, kolaborasi, survei online) · Menerapkan/ memanfaatkan jejaring sosial sebagai alat komunikasi dan kerja sama (FB, twitter, plurk, netlog, instagram, web, blog, LMS) 4. Evaluasi · Evaluasi hasil mencar ilmu dan penilaian program | Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia | · Memahami penyusunan RPP terintegrasi TIK · Mengetahui pemanfaatan sumber-sumber mencar ilmu berbasis TIK · Memahami Pemanfaatan TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran |
Sumber http://rahmahuda.blogspot.com