1. Waktu Pelaksanaan dan Penyelenggara Kegiatan
a. Waktu dan Tempat
1) Hari : Senin - Minggu
2) Tanggal : 04 Maret s.d 06 April 2018
3) Pembukaan : Senin, 4 Maret 2018, pukul 07.00 WIB
4) Lama Diklat : Tiga puluh tiga (33) hari
5) Tempat : Online (Dalam Jaringan/ Daring) melalui website
simpatik.belajar.kemdikbud.go.id
b. Penyelenggara Kegiatan
Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Untuk Pembelajaran Bagi Guru (PembaTIK Level Literasi) diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
2. Tujuan Diklat/ Pengembangan Diri
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan pembinaan ini adalah:.
1. Tujuan Umum
Tujuan umum Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Untuk Pembelajaran Bagi Guru (PembaTIK Level Literasi) ialah meningkatkan kompetensi guru supaya handal dan terampil dalam melaksanakan kegiatan literasi digital. Tujuan tersebut dijabarkan dalam deskripsi berikut:
a. Guru bisa mendefinisikan karakteristik Pembelajaran Abad 21.
b. Guru bisa mencari sumber berguru di internet.
c. Guru bisa menjelaskan TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran.
2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Untuk Pembelajaran Bagi Guru (PembaTIK Level Literasi) ialah penerima menguasai bahan pembinaan yang terdiri atas:
1) Teori-teori pendekatan Pembelajaran Abad 21
2) Pengenalan sumber-sumber berguru di Internet
3) TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran
3. Uraian Materi Pengembangan Diri
Struktur kegiatan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Untuk Pembelajaran Bagi Guru (PembaTIK Level Literasi) setara dengan pembelajaran selama 32 jam. Hal ini dibuktikan dengan Sertifikat Pelatihan yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gogot Suharwoto, Ph.D.
Uraian bahan Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Untuk Pembelajaran Bagi Guru (PembaTIK Level Literasi) ialah sebagai berikut :
No | Uraian Materi | Sub Materi |
1 | Teori-teori pendekatan Pembelajaran Abad 21 | · Konsep Pembelajaran Abad 21 · Prinsip pokok Pembelajaran Abad 21 |
2 | Pengenalan sumber-sumber berguru di Internet | · Pengenalan internet dan intranet · Pengenalan browser · Pengenalan situs dengan banyak sekali domain · Pengenalan mesin pencari di Internet · Mencari sumber berguru melalui internet memakai banyak sekali mesin pencari · Tips browsing, searching, d0wnl0ad konten pembelajaran dan kebijakan · Memanfaatkan banyak sekali aplikasi internet untuk mendapat isu dan sumber berguru yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran · Netiket, etika dalam berkomunikasi memakai internet · Pengenalan bahaya keamanan dan solusi pencegahannya · Pengenalan Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya |
3 | TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran | · Pengenalan email, milis, kompresi file, dan cloud storage · Pengenalan jejaring sosial sebagai sumber berguru dan cara menghindari hal yang negatif |
| Materi di atas setara dengan pembelajaran selama 32 jam |
4. Tindak Lanjut
Guru sesudah mengikuti kegiatan ini telah melaksanakan tindak lanjut berupa:
a. Menerapkan konsep dan prinsip Pembelajaran Abad 21
b. Memanfaatkan banyak sekali aplikasi internet untuk mendapat isu dan sumber berguru yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
c. Menggunakan Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya untuk kegiatan berguru dan mengajar.
d. Memanfaatkan jejaring sosial sebagai sumber belajar.
5. Dampak
Dampak yang dicapai melalui Kegiatan Pelatihan peningkatan Kompetensi Guru Kelas ialah sebagai berikut:
1. Mengetahui Konsep Pembelajaran Abad 21
2. Menguasai Prinsip pokok Pembelajaran Abad 21
3. Memahami internet dan intranet
4. Memahami situs dengan banyak sekali domain
5. Menguasai Tips browsing, searching, d0wnl0ad konten pembelajaran dan kebijakan
6. Menguasai Netiket, etika dalam berkomunikasi memakai internet
7. Menguasai banyak sekali aplikasi internet untuk mendapat isu dan sumber berguru yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
8. Mengenali bahaya keamanan dan solusi pencegahannya
9. Menguasai Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya
10. Menguasai email, milis, kompresi file, dan cloud storage
11. Menguasai jejaring sosial sebagai sumber berguru dan cara menghindari hal yang negatif
LAMPIRAN
1. Matrik ringkasan pelaksanaan pelatihan
2. Fotocopy Surat Tugas
3. Foto copy Sertifikat
MATRIK RINGKASAN PELAKSANAAN DIKLAT
Nama Diklat | Tempat Kegiatan | Jumlah Jam Kegiatan Diklat | Nama Fasilitator | Mata Diklat/ Kompetensi | Nama Penyelenggara Kegiatan | Dampak |
Pelatihan Peningkatan Kompetensi TIK Untuk Pembelajaran Bagi Guru (PembaTIK Level Literasi) | Online (Dalam Jaringan/ Daring) melalui website simpatik.belajar.kemdikbud.go.id | 32 jam pelajaran | Tukijo, S.Pd. (Duta Rumah Belajar Kemdikbud) | 1) Teori-teori pendekatan Pembelajaran Abad 21 · Konsep Pembelajaran Abad 21 · Prinsip pokok Pembelajaran Abad 21 2) Pengenalan sumber-sumber berguru di Internet · Pengenalan internet dan intranet · Pengenalan browser · Pengenalan situs dengan banyak sekali domain · Pengenalan mesin pencari di Internet · Mencari sumber berguru melalui internet memakai banyak sekali mesin pencari · Tips browsing, searching, d0wnl0ad konten pembelajaran dan kebijakan · Memanfaatkan banyak sekali aplikasi internet untuk mendapat isu dan sumber berguru yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran · Netiket, etika dalam berkomunikasi memakai internet · Pengenalan bahaya keamanan dan solusi pencegahannya · Pengenalan Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya 3) TIK sebagai alat komunikasi untuk pembelajaran · Pengenalan email, milis, kompresi file, dan cloud storage · Pengenalan jejaring sosial sebagai sumber berguru dan cara menghindari hal yang negatif | Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia | · Mengetahui Konsep Pembelajaran Abad 21 · Menguasai Prinsip pokok Pembelajaran Abad 21 · Memahami internet dan intranet · Memahami situs dengan banyak sekali domain · Menguasai Tips browsing, searching, d0wnl0ad konten pembelajaran dan kebijakan · Menguasai Netiket, etika dalam berkomunikasi memakai internet · Menguasai banyak sekali aplikasi internet untuk mendapat isu dan sumber berguru yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran · Mengenali bahaya keamanan dan solusi pencegahannya · Menguasai Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya · Menguasai email, milis, kompresi file, dan cloud storage · Menguasai jejaring sosial sebagai sumber berguru dan cara menghindari hal yang negatif |