![]() |
Menumpuk dilarang asal. (Foto: Pexels) |
Saya yaitu seorang guru SD Negeri Borobudur 1 yang beberapa waktu mengirim makalah hasil penelitian matematika pada kegiatan Sendimat 6. Namun makalah tersebut tidak lolos sehabis diseleksi oleh reviewer. Akhirnya saya melaksanakan refleksi dan menyelidiki ulang metode pembelajaran yang dipakai pada penelitian ini. Saya perbandingkan dengan judul makalah lain yang lolos disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan media pembelajaran yang saya gunakan sangatlah kuno.
Metode dan media pembelajaran yang saya gunakan dalam penelitian sebelumnya selain kuno, juga kurang sesuai dengan pembelajaran matematika. pembelajaran matematika mempunyai kekhasan tersendiri jika dibandingkan dengan pembelajaran yang lain oleh risikonya diharapkan sebuah metode atau media pembelajaran khusus. Akan tetapi alasannya yaitu kekurangan literatur, saya sulit menemukan media dan metode pembelajaran matematika yang modern dan sesuai dengan perkembangan penerima didik di kurun ke-21.
Saya bersyukur sekali P4TK matematika akan menyelenggarakan Diklat online E-Training Terstruktur (ETT). Diklat ETT mempunyai struktur kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan saya. Saya sangat membutuhkan pengetahuan wacana pemanfaatan internet untuk pembelajaran matematika dan geogebra.
SD Negeri Borobudur 1 berpotensi untuk memanfaatkan internet sebagai bab dari pembelajaran matematika. Seluruh area di SD Negeri Borobudur 1 telah tercover jaringan internet indihome dengan kecepatan 20 mbps. Peserta didik pun kebanyakan telah mempunyai gawai yang tersambung ke jaringan internet. Potensi ini yang harus dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan mencar ilmu mengajar.
Saya juga gres mengetahui adanya aplikasi geogebra sehabis membaca struktur kegiatan kegiatan ini. Melalui kegiatan literasi digital, ditemukan bahwa geogebra yaitu aplikasi open source yang didesain khusus untuk bahan pengajaran dan mencar ilmu geometri dan aljabar. Aplikasi geogebra ini sanggup dipakai untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Saya akan melaksanakan beberapa hal sehabis mengikuti kegiatan ETT ini, yaitu:
1. Menerapkan pembelajaran matematika berbasis internet
2. Melakukan penelitian tindakan kelas memakai aplikasi geogebra
3. Mengirimkan artikel hasil penelitian tindakan kelas geografi ke perhelatan sendimat ke-7 di tahun 2019 nanti
Sehingga besar impian saya sanggup lolos menjadi penerima kegiatan ini. Karena saya sangat membutuhkan bahan yang akan disampaikan dalam kegiatan ETT P4TK Matematika 2018. Terutama fokus bahan wacana pemanfaatan internet untuk pembelajaran matematika dan penggunaan aplikasi geogebra.
Nb: Ini yaitu sebuah goresan pena yang bergotong-royong dibentuk untuk seleksi Diklat Online ETT P4TK Matematika. Diklat tersebut bergotong-royong diperuntukkan bagi guru Matematika SMK. Karena kurang teliti dalam membaca pengumuman, saya terlanjur mengirimkan goresan pena ini. Hasil simpulan diserahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.