Tuesday, May 14, 2019

√ Efisiensi Waktu Guru Sd Unggul

Apel pagi hari ini yang bertugas menjadi pembina apel yakni Bu Wiwik. Ibu Wiwik pada tahun pelajaran kali ini menjadi wali kelas VI B. Diawali dengan salam. Beberapa hal disampaikan. Namun ada satu hal yang sangat penting. Yaitu berkaitan dengan sekolah unggul dan efektifitas waktu.

Bu Wiwik bercerita bahwa predikat sekolah unggul menunjukkan kesibukan tersendiri. Ketika mengikuti perlombaan, predikat sekolah unggul menjadi gengsi tersendiri. Yang artinya, harus berani maju dan menang. Kemenangan hanya bisa dilakukan oleh siswa yang terlatih. Sehingga SD berpredikat unggul selalu sibuk dalam melatih siswa untuk maju di banyak sekali lomba.

Selain lomba, acara mencar ilmu mengajar juga tak kalah penting. Guru SD Unggul harus bisa menghadirkan pembelajaran yang mengesankan bagi penerima didik. Karena melalui pembelajaran yang mengesankan, isi pembelajaran sanggup tertanam dengan baik di benak penerima didik. Untuk membuat pembelajaran yang menyerupai ini juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Keseimbangan antara waktu untuk persiapan lomba dan acara mencar ilmu mengajar merupakan sesuatu yang harus tercapai. Keseimbangan ini hanya sanggup diwujudkan dalam pemanfaatan waktu yang efisien. Efisien dalam arti memakai waktu sedikit mungkin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Saya sependapat dengan gagasan efisiensi waktu yang ditawarkan Bu Wiwik. Karena tanggung jawab guru sangatlah banyak. Mulai tanggung jawab akan penerima didik hingga tanggung jawab sosial sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Agar semua tanggung jawab sanggup ditunaikan dengan baik, maka kecerdasan dalam mengelola waktu harus senantiasa dilatih. Pada kesudahannya diri kita akan melaksanakan otomasi kapan waktu untuk istirahat atau berusaha dalam menunaikan kiprah sebaik-baiknya.

Selasa, 6 Maret 2018

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com