Wednesday, May 8, 2019

√ Kembali Ke Bptikp Dikbud Semarang Jawa Tengah

Teringat kenangan tiga tahun yang lalu. Saya bersama Pak Edi Purlany ketika itu menerima kiprah dari Dinas Pendidikan da Kebudayaan Kabupaten Magelang untuk menghadiri diseminasi lomba penemuan pembelajaran inovatif di BPTIKP Semarang. Kala itu, saya tidak mempunyai bayangan terkait lokasi dan deskripsi BPTIKP itu apa. Hanya bermodalkan google map kami berangkat ke Semarang.

Saya gres tahu bila BPTIKP ialah kependekan dari Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan. Sebuah balai yang berada di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Salah satu kiprah BPTIKP ialah memproduksi, menghimpun dan membuatkan konten pembelajaran (learning object) dalam rangka mendukung pengembangan pendidikan di Provinsi Jawa Tengah.

Pada dikala perjalanan menuju BPTIKP, Bapak Edi Purlany kala itu memberikan maksud dan tujuannya mengajak saya ke Semarang. Beliau mengingkan semoga saya terinspirasi "kepengin" mengikuti lomba-lomba dalam rangka membuatkan kompetensi sebagai guru. Memang betul, ketika aktivitas diseminasi dimulai, ditampilkan banyak sekali macam media pembelajaran yang berhasil memenangkan lomba yang diselenggarakan BPTIKP Dikbud pada tahun 2015. Media pembelajaran yang ditampilkan semuanya berbasis pada teknologi warta dan komunikasi.

Kunjungan Keduaku di BPTIKP Dikbud Jawa Tengah
Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah, saya menerima surat panggilan dari BPTIKP Dikbud Jawa Tengah untuk mengikuti Training of Trainer Pengayaan Sumber Belajar Learning Object 3D pada Portal Jateng Pintar di BPTIKP Propinsi Jawa Tengah. Surat panggilan ini seakan menjadi balasan atas impian Pak Edi dulu. Saya kali ini diundang BPTIKP Dikbud tidak hanya mendengarkan paparan, namun dididik menjadi instruktur pengembangan pembelajaran tiga dimensi (3D).

Pembelajaran 3D dikembangkan dengan memakai software Paint 3D. Sebuah software buatan microsoft yang secara terotomatis terinstall pada perangkat komputer yang memakai windows 10 versi terbaru. Pengembangan media pembelajaran berbasis 3D ini dilatih pribadi oleh trainer dari Microsoft Indonesia. Sehingga training ini menjadi sangat bergengsi alasannya ialah BPTIKP Dikbud bekerja sama pribadi dengan Microsoft.

Saya selain mempelajari Paint 3D, saya juga diajari pemanfaatan aplikasi online berbasis portal office 365 yang dikembangkan oleh Microsoft. Banyak keunggulan dari Microsoft 365. Yang menciptakan saya sangat bahagia ialah melalui training ini kita diberi akun office 365 for bussines. Akun yang lebih dari pada akun office biasa. Melalui akun office 365 for bussines ini kita diberi jatah ruang penyimpanan sebesar 5.024 GB.

Ruang penyimpanan itu setara dengan hardisk eksternal sejumlah lima buah. Yang apabila ditaksir dengan uang. Maka ruanh penyimpanan 5 Tera ini senilai dengan uang 4 juta rupiah. Hitungan ini didasarkan pada harga hardisk eksternal ukuran 1 Tera seharga 800ribuan.
Pada alhasil saya berdoa, semoga kiprah kali ini sanggup diselesaikan dengan baik. Tidak ada kendala dalam mempelajari hal-hal gres ini. Karena tantangan terbesar dalam penyelesaian diklat ini ialah setiap penerima wajib menyampaikannya kepada 10 orang guru yang belum pernah mengikuti aktivitas menyerupai ini. Aamiin

Masjid Ulul Albab Universitas Negeri Semarang, 23 Maret 2018

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com