Sunday, May 19, 2019

√ Kiprah Utama Amm Yakni Kaderisasi

Menurutku, kiprah Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) yang paling utama yaitu kaderisasi. Bukan "ngurusi" amal usaha. Bukan juga merebut pengelolaan amal usaha. Tugas kaderisasi ini diperkuat dengan status "in exofficio" ketua ortom AMM di Majelis Kader. In exofficio artinya ketua umum ortom mempunyai dingklik khusus di majelis kader. Artinya ketua umum ortom otomatis menjadi anggota majelis kader.

Keanggotaan in exofficio di majelis kader ini menciptakan jajaran pimpinan AMM harus mempunyai mindset yang sama terkait urgensi kaderisasi. Kalau tidak tahu pentingnya kaderisasi, sanggup dipastikan gerak AMM akan terasa "lucu". Gerakannya akan mencari-cari bidang garap yang tidak jelas. Kemudian sehabis terbentur hambatan, gres sadar jikalau salah mengambil bidang garapan.

AMM mempunyai bidang garap kaderisasi yang strategis dan memilih masa depan. Kaderisasi tersebut mengarah pada dua bidang, yaitu internal dan eksternal. Kaderisasi secara internal artinya mendidik anggota AMM semoga bisa menjadi pelangsung, penggagas dan penyempurna impian Muhammadiyah. Sedangkan kaderisasi secara eksternal artinya mencari calon-calon kader dari masyarakat umum untuk dimasukkan menjadi anggota AMM.

Kaderisas itu Berat

Kaderisasi itu berat, jadi harus ditanggung bersama. Tanggung jawab bersama ini sanggup didesentralisasikan ke bidang-bidang yang ada di struktur ortom. Tanggung jawab kaderisasi internal sanggup dilimpahkan ke bidang organisasi maupun bidang kader di struktur pimpinan ortom.

Kaderisasi eksternal bertujuan semoga masyarakat umum tertarik menjadi anggota AMM. Ketertarikan ini bisa berasal dari profil kader anggota AMM yang tampil mumpuni di masyarakat. Ketertarikan yang lain sanggup juga berasal dari program-program kerja organisasi yang berpihak pada kepentingan masyarakat umum.

Kaderisasi eksternal yang menempel pada diri pribadi kader menciptakan semua anggota AMM harus menjaga akhlaknya. Apabila etika itu buruk, nama baik organisasi juga akan ikut tercoreng. Ketika etika itu baik, organisasi akan harum namanya. Keharuman nama ini yang menarik hati masyarakat umum untuk menjadi anggota AMM.

Ketertarikan secara kegiatan kerja mungkin juga terjadi. Ciri gerakan organisasi Muhammadiyah dikala awal bangkit yaitu keberpihakannya pada kaum mustadhafin. Yang diwujudkan pada pendirian sekolah pribumi, panti sosial, rumah sakit dan lain sebagainya. Contoh pendirian forum ini bukan bermaksud semoga AMM menirunya secara persis. Namun tirulah semangat keberpihakan generasi Muhammadiyah awal.

Keberpihakan ini dituangkan dalam bentuk kegiatan kerja. Sehingga kegiatan kerja di bidang dakwah, ekonomi, dan kokam menjadi ujung tombak penarik simpati masyarakat umum. Buat pengajian umum di tempat strategis. Selenggarakan pasar murah di tempat pinggiran. Lakukan pendampingan pengembangan ekonomi. Tegakkan nama KOKAM di bidang penanggulangan bencana.

Gambaran di atas hanya pemikiran awal yang sanggup dikembangkan. Tentu teladan pengembanhannya harus melalui proses musyawarah. Tidak dilakukan sendiri, dimonopoli pihak tertentu.

InsyaAllah kaderisasi akan berjalan.
InsyaAllah Muhammadiyah tidak akan mengalami krisis kader di masa depan.
InsyaAllah gerak Muhammadiyah akan tampil menawan di mata semua orang pada umumnya, dan khususnya di mata Allah SWT.

Giripurno, 23 Februari 2018


Sumber http://rahmahuda.blogspot.com