Thursday, May 23, 2019

√ Manfaatkan Windows Recovery Untuk Melawan Virus Atau Malware

Kali ini saya menyebarkan pengalaman penting. Pengalaman ini mempunyai kegunaan sekali bagi orang-orang yang pekerjaannya akrab dengan perangkat komputer atau laptop. Cerita ini berawal tadi malam dikala saya memperbaiki game “mengenal bunyi hewan” yang khusus saya buat untuk anak saya. Ketika proses perbaikan selesai, kesannya saya mencoba menghostingkannya di hosting gratisan. Proses ini saya lakukan dengan filezilla yang gres saja saya d0wnl0ad. Ini kali pertama saya install dan memakai filezilla.

Proses upload html 5 ini ternyata cukup lama. Sebab, modem yang saya gunakan tidak bisa menangkap sinyal jaringan 4G. Waktu berjalan terasa begitu cepat. Tiba-tiba waktu sudah mengatakan pukul 05.00 WIB. Laptopku dalam kondisi sleep dan modem masih terpasang. Artinya jaringan internet tersambung semalam suntuk. Setelah menuntaskan kewajiban shalat Shubuh, saya mencoba untuk menghidupkan laptopku lagi. Kondisi laptopku menjadi ibarat ini:

1.    Proses booting laptop lama
2.    Tampilan laptop terasa berat
3.    Ketika dimatikan ternyata ada 52 proses instal jadwal yang tidak diketahui
4.    Software browser default (Firefox) membuka tampilan sendiri dengan interval satu menit 10 tab baru
5.    Proses task manager terlihat adanya banyak proses yang berasal dari software tidak jelas
6.    Membuka sajian jadwal dan feature di control panel terasa lambat, bahkan tidak bisa mengunsinstall jadwal aplikasi tidak terperinci ini
7.    Ketika membuka jadwal file di hardisk C, terlihat folder induk aplikasi tidak terperinci itu
8.    Aplikasi tidak terperinci ini dikala terhubung internet akan bertambah semakin banyak (kasus saya ini hingga 52 program)

Seharian waktu libur Imlek ku habis untuk mencari tahu kenapa ini bisa terjadi dan bagaimana solusinya. Forum internet saya buka. Kebanyakan menuliskan solusinya dengan menginstall anti malware. Aku kemudian mencobanya. Aku scan seluruh file di laptop. Namun hasilnya sama saja. Ketika hari sudah sore, saya gres teringat jika windows 7, 8 dan 10 mempunyai fitur istimewa. Fitur yang sanggup memperbaiki dirinya sendiri. Langkah-langkah yang saya lakukan yaitu sebagai berikut:

1.    Membuka Start – all jadwal – accesories – system tools – System Restore














2.    Pilih choose a different point restore point klik next

 

3.    Pilih point restore yang waktunya sebelum laptop terkena virus

4.    Klik next dan otomatis windows akan memperbaiki dirinya sendiri

Pengalaman ini menjadi pelajaran berharga. Menghemat biaya dan waktu. Proses restorenya tidak hingga satu jam. jadi, tidak perlu takut jika malware atau virus menyerang. Karena kita bisa memperbaikinya dengan mudah. Memanfaatkan kemampuan windows memperbaiki dirinya sendiri. Terakhir, istimewanya yaitu tidak menghapus data yang ada di laptop.

Borobudur 16 Februari 2018

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com