Friday, June 7, 2019

√ Prof. Noeng Muhadjir: Pengelompokkan Definisi

Fungsi logik dari definisi yaitu menunjukkan batas arti atau makna simbolik dari sesuatu konsep sehingga definisi di sama artikan dengan batasan.

Dalam ilmu pengetahuan, definisi biasa diberi sinonim batasan atau penjelasan. Disebut klarifikasi alasannya menunjukkan keterangan biar sesuatu istilah sanggup menjadi jelas. Disebut batasan alasannya menunjukkan batas-batas arti dari istilah yang hendak dijelaskan.

Prof. Noeng Muhadjir membedakan definisi menjadi 3, yaitu:

1. Definisi nominalis

Definisi nominalis merupakan klarifikasi atas sesuatu istilah dengan memakai kata lain yang lebih dikenal. Definisi nominalis setidak-tidaknya dibedakan menjadi dua, yaitu definisi sinonim dan definisi etimologik.
1. Definisi sinonim klarifikasi diberikan dengan memakai persamaan kata atau menunjukkan klarifikasi dengan kata yang dikenal.
definisi etimologik merupakan klarifikasi dengan cara mengetengahkan asal mula istilahnya.

Untuk para pemula dalam dunia ilmu, .embuat batasan telaah dengan memakai definisi nominalis sanggup ditolelir. Bagi para ilmuwan lanjut penggunaan definisi nominalis menjadi indikator lemahnya pengetahuan yang dimiliki yang bersangkutan.

Karena biasanya sesuatu istilah itu telah berkembang demikian lanjutnya. Sehingga maknanya sudah bergeser jauh. Bagi penulisan skripsi dan bagi ilmuwan muda menciptakan telaah berpangkal dari definisi nominalis baik-baik saja. Tetapi bagi penulisan tesis sesuatu istilah jangan dijelaskan berdasarkan kamus. Bolehlah didasarkan pada klarifikasi ensiklopedi historis, ensiklopedi sistematis atau handbook. Sedangkan untuk disertasi sesuatu istilah hendaknya dijelaskan dengan berdasarkan perkembangan konsep yang berbeda-beda antara para ahli. Perkembangan konsep tersebut dianjurkan didefinisikan dengan memakai definisi realis atau definisi praktis.

2. Definisi realis
Definisi realis menunjukkan klarifikasi atau batasan berdasar isi yang terkandung dalam konsep yang didefinisikan. Menjelaskan isi sanggup dilakukan dengan analitik atau disebut definisi analitik. Pada definisi ini isi konsep tersebut diurai menjadi bab pecahan atau unsur-unsur.

3. Definisi praktis
Definisi mudah mementingkan klarifikasi kegunaannya dan apa fungsinya. Definisi mudah terdiri dari dua yaitu definisi fungsional dan definisi operasional.

4. Definisi paradigmatik
Definisi paradigmatik merupakan cluster keempat dari definisi yang muncul alasannya tata fikir kompleks yang operasional pragmatik.


Sumber http://rahmahuda.blogspot.com