Thursday, October 26, 2017

√ Download Rpp Ppkn K13 Kelas X Semester 2 Terbaru

RPP PPKN Kelas X Semester 2 Terbaru K13. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk Kelas X Semester Genap atau Semester 2 ini kami bagikan sebagai lanjutan pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan sebelumnya kami telah membagikan file RPP PPKn kelas X semester 1. Dimana RPP ini yaitu sebuah dokumen penting yang harus dimiliki oleh seorang Guru yang mengajar pada tingkat SMA/SMK di kelas X. RPP ini tidak disediakan oleh pihak sekolah maupun oleh Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud RI). Melainkan setiap guru harus membuatnya sendiri dengan mengacu pada buku paket ataupun kurikulum yang telah diterapkan.

Download RPP K13 PPkn Kelas X Semeter 2 Terbaru. Pada RPP Kelas X lanjutan ini, kami akan membagikan file RPP dalam bentuk 3 (tiga) buah file. Karena pada semester 2 kelas X di Sekolah Menengan Atas terdapat 3 bab/materi pembelajaran. Masing-masing Bab atau RPP terdapat beberapa kali pertemuan. Sedangkan tiap pertemuan ada sekitar 2 jam pelajaran atau kurang lebihnya 2x45 menit. Bagi Anda yang mempunyai kesulitan dalam menyusun RPP pembelajaran pada mata pelajaran PPKN, RPP ini sanggup dijadikan sebagai bahan. Apabila ada beberapa hal dalam RPP yang dirasa masih kurang, Anda sanggup menambahkannya. Anda sanggup mengunduh file RPP kelas X semester 2 pada link di paling bawah artikel ini.
 mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  √ Download RPP PPKN K13 Kelas X Semester 2 Terbaru

RPP PPKN kelas X Semester 2 Terbaru. Sebelum menciptakan sebuah RPP, ada baiknya kalau Anda sebagai guru mata pelajaran PPKN terlebih dahulu mengetahui perihal Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang digunakan. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X mempunyai 4 kompetensi inti dan 28 kompetensi dasar. Dalam proses pembelajarannya KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) disajikan melalui pembelajaran pribadi (direct teaching).Sedangkan KI-1 (sikap spiritual) dan KI-2 (sikap sosial) dilaksanakan melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), melalui keteladan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan, dan keterampilan. Guru menyebarkan perilaku sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi akseptor didik. Evaluasi terhadap Sikap spiritual dan perilaku sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam pengembangkan aksara akseptor didik lebih lanjut.

Berikut ini yaitu pola isi dari RPP PKN Kelas X Semester 2 memakai kurikulum 2013, dimulai dari Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Sumber mencar ilmu dan Langkah-langkah Pembelajaran.

RPP PPKN KELAS X SEMESTER 2 K13

...................
.....................
D. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pelajaran PPKn Kelas X Bab yaitu Pembelajaran Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dengan Sub-Bab sebagai berikut.

1. Kebhinnekaan Bangsa Indonesia
2. Konsep Integrasi Nasional
3. Faktor-Faktor Pembentuk Integrasi Nasional
4. Tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
5. Peran serta warga negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

E. METODE PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran memakai pendekatan Saintifik, Metode Diskusi, model pembelajaran bekerja dalam kelompok. Pelaksanaan pembelajaran secara umum dibagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup

F. MEDIA PEMBELAJARAN
1) LCD Proyektor,
2) Dokumentasi kebhinekaan bangsa Indonesia
3) Video yang berkaitan dengan materi pembelajaran

G. SUMBER BELAJAR
1) Buku Peserta Didik dan Buku Guru PPKn
2) Buku rujukan lain yang relevan.
3) Internet.


H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

I. PERTEMUAN PERTAMA
Kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini secara umum dibagi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman untuk proses mencar ilmu mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
2. Guru memberikan topik perihal Kebhinnekaan Bangsa Indonesia. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut perihal topik itu, terkait dengan perilaku sosial.
3. Guru memperlihatkan penguatan perihal aspek motivasi mencar ilmu dan perilaku spiritual akseptor didik berkaitan dengan sara syukur atas Karunia Allah SWT, sehingga masih
dapat melaksanakan acara dengan baik, sehat serta atas dasar keimanan terhadap Allah SWT.
4. Guru menegaskan kembali perihal topik dan memberikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti
1. Sebelum akseptor didik mengidentifikasi Kebhinnekaan Bangsa Indonesia, guru memperlihatkan ilustrasi/paparan secara singkat perihal Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.
2. Peserta didik disajikan Peta Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika .
3. Peserta didik diberi waktu untuk membaca Buku Teks Bab 5.
4. Peserta didik menciptakan pertanyaan tetang Peta dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika (diharapkan akseptor didik sanggup menciptakan 5 pertanyaan yang berbeda dengan sobat sebangku).
5. Peserta didik dengan kelompok mengumpulkan isu yang berkaitan dengan Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.
6. Peserta didik menciptakan analisis terkait dengan deskripsi Kebhinnekaan Bangsa Indonesia.
7. Secara random akseptor didik (1 hingga dengan 2 orang mewakili kelompok) sanggup mengkomunikasikan secara verbal hasil analisis perihal Kebhinnekaan Bangsa Indonesia. Adapun, akseptor didik yang lain mengumpulkan hasil analisis secara tertulis.

Penutup
1. Guru menyimpulkan hasil pemaparan (perwakilan kelompok) perihal masalah Marsinah
dilanjutkan dengan umpan balik secara verbal kepada akseptor didik perihal masalah tersebut.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru sanggup melaksanakan refleksi terkait dengan masalah tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.


II. PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini memakai pembelajaran dalam bentuk presentasi kelompok.

Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman untuk proses mencar ilmu mengajar dilanjutkan dengan apersepsi
2. Guru memberikan topik perihal “Konsep Integrasi Nasional”.
3. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 5 supaya mempersiapkan kelompoknya).

Kegiatan Inti
1. Presentasi Kelompok 5, topik Bab 5 Sub-bab B. Konsep Integrasi Nasional.
2. Pada dikala Kelompok 5 tampil presentasi, kelompok lainnya menyimak materi presentasi (mengamati).
3. Setelah presentasi selesai dipaparkan oleh Kelompok 5, kelompok lain memperlihatkan
saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang sedang dibahas (menanya).
4. Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin pertanyaan (jumlah termin diubahsuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).
Kegiatan mengumpulkan isu dilakukan sebelum presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari isu terkait dengan materi yang akan di presentasikan.
Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang menerima kiprah presentasi, juga kelompok lain dengan melaksanakan analisis dalam kelompok pada dikala menyimak jalannya presentasi guna menciptakan pertanyaan.

Penutup
1. Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru sanggup melaksanakan refleksi terkait dengan masalah tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

III. PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini dibagi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman untuk proses mencar ilmu mengajar dilanjutkan dengan apersepsi dan tak kalah penting aspek perilaku spiritual akseptor didik.
2. Guru memberikan topik perihal tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kegiatan Inti
1. Sebelum akseptor didik menganalisis tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, guru sanggup menjelaskan banyak sekali macam tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Guru memaparkan secara singkat perihal bagaimana menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Peserta didik dalam kelompok diberi waktu untuk membaca buku Teks Pelajaran PPKn kelas X atau sumber lain (seperti website/internet/media cetak/sumber lainnya) perihal membangun kesediaan warga negara untuk melaksanakan bela negara (dalam kegiatan ini sudah terintegrasi dengan kegiatan mengamati dan kegiatan menanya antarsesama akseptor didik).
4. Peserta didik dalam kelompok diberi waktu untuk menganalisis tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdapat dalam Bab 5, buku Teks Pelajaran PPKn Kelas X (Sub-bab D dengan membandingkan dari sumber lain yang relevan (misalnya website/internet/sumber lainnya).
5. Peserta didik melaksanakan analisis perihal upaya untuk mengatasi banyak sekali macam tantangan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
6. Secara random (1 s.d 2 orang mewakili kelompok) sanggup mengkomunikasikan secara verbal hasil analisis upaya mengatasi banyak sekali mcam tantangan dalam menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan akseptor didik yang lain mengumpulkan hasil analisis secara tertulis.
Penutup
1. Guru menyimpulkan hasil pemaparan membangun kesediaan warga negara untuk melaksanakan bela negara dilanjutkan dengan umpan balik secara verbal kepada akseptor didik perihal upaya membangun kesediaan warga negara untuk melaksanakan bela negara.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru sanggup melaksanakan refleksi terkait dengan upaya membangun kesediaan warga negara untuk melaksanakan bela negara.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.
Itulah tadi sebagian pola isi dari RPP PPKN Kelas X Semester 2 yang sanggup Anda d0wnl0ad pada link dibawah ini. 

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id