RPP PKWU Sekolah Menengan Atas Kelas XI Semester 1 K13. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang dibasa disebut dengan RPP yaitu sebuah dokumen yang sangat penting bagi seorang guru sebelum mereka memulai aktivitas pembelajaran di sekolah. RPP ini dibentuk oleh masing-masing guru yang mengajar pada satuan tingkat pendidikan dan Mata pelajaran Tertentu. Namun, berikut ini kami akan memperlihatkan referensi RPP Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) Sekolah Menengan Atas kelas XI semester 1.
RPP Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI Semester Ganjil. RPP Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini sudah memakai Kurikulum 2013 atau yang dikenal dengan Kurikulum K13. Jika Anda yaitu seorang Guru Bidang Studi PKWU, referensi RPP PKWU Kelas XI Sekolah Menengan Atas ini sanggup dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan RPP PKWU di sekolah masing-masing. Setelah RPP PKWU selesai di buat, langkah selanjutnya yaitu mengumpulkan di bab Kurikulum untuk ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
Berikut ini merupakan referensi RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) memakai Kurikulum 2013 (K13).
==> RPP PKWU KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAB : Pengolahan materi nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Pengolahan dan Kewirausahaan Bahan Nabati dan Hewani sebagai Makanan Khas Daerah
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Jumlah Pertemuan : 3
A. KOMPETENSI INTI:
- Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- 3Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali info ihwal keberagaman produk pengolahan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2 Menghayati sikap jujur, percaya diri, dan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam memperkenalkan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3 Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan menciptakan produk pengolahan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk simpulan untuk membangun semangat usaha.
3.1 Memahami desain produk dan pengemasan pengolahan dari materi nabati dan hewani menjadi makanan khas kawasan menurut konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
3.1.1 Menghayati, memperlihatkan rasa syukur atas anugerah Tuhan atas keanekaragaman jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
3.1.2 Memiliki sikap tanggung jawab terhadap keanekaragaman jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
3.1.3 Menjelaskan pengertian banyak sekali jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
4.1 Mendesain produk dan pengemasan pengolahan dari materi nabati dan hewani menjadi makanan khas kawasan menurut konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.1.1 Mengklasifikasikan banyak sekali jenis materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
4.1.2 Mempresentasikan banyak sekali jenis, materi dan alat materi pangan nabati dan hewani menjadi produk makanan khas kawasan menurut identifikasi kebutuhan sumber daya dan mekanisme berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
C. MATERI PEMBELAJARAN
Fakta:
- Di lingkungan sekitar kita terdapat bermacam-macam kekayaan tumbuhan dan fauna
- Produksi karya pengolahan materi pangan nabati dan hewani menjadi produk makanan khas kawasan berkembang pesat ketika ini
- Masyarakat di sekitar kita banyak memakai produk pengolahan materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah.
- Kita perlu mensyukuri nikmat Tuhan yang sudah memperlihatkan begitu banyak sumber makanan disekitar kita.
Prinsip:
- Membuat pengolahan materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas kawasan dengan memakai alam sekitar sebagai sumber ide
- Penggunaan jejaring social sebagai sumber berguru untuk menemukan banyak sekali jenis, materi dan alat dalam pengolahan materi pangan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
- Penggunaan kepustakaan untuk menggali wangsit gres ihwal materi pengolahan nabati dan hewani menjadi makanan khas daerah
Procedural:
- Penggalian wangsit dari jenis aneka produk olahan yang sudah ada di lingkungan sekitar
- Eksplorasi wangsit (pencarian wangsit baru) dari lingkungan sekitar (nabati dan hewani)
- Menggunakan jejaring social sebagai sumber ide
- Memadukan hasil wangsit dari lingkungan sekitar dan jejaring social untuk dijadikan wangsit kreatif dalam memahami jenis aneka produk olahan dari nabati dan hewani
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan Pertama ( 2 Jam Pelajaran)
a. Pendahuluan
- Pendidik memberi Salam dan menanyakan kabar kepada penerima didik dengan kalimat : “Bagaimana kabar kalian hari ini, sehat semua?
- Pendidik memberikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai penerima didik melalui power point.
- Pendidik memberikan cakupan materi yang akan dibahas dan penerima didik menyepakati langkah-langkah aktivitas yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.
- Pendidik memperlihatkan kepada penerima didik referensi gambar dan beberapa hasil produk olahan materi nabati dan hewani
b. Kegiatan Inti
Mengamati:
1. Peserta didik mengamati beberapa :
2. Jenis makanan olahan materi nabati dan hewani dengan serius
3. Bahan yang dipakai dalam olahan nabati dan hewani dengan cermat dan teliti
Menanya:
1. Peserta didik dengan atau tanpa tunjangan guru menanya ihwal materi nabati dan hewani produk makanan khas daerah
2. Peserta didik mendiskusikan dengan sobat sejawat ihwal materi nabati dan hewani untuk produk makanan khas daerah
3. Pendidik bertanya ihwal materi nabati dan hewani untuk produk makanan khas daerah
4. Pendidik bertanya ihwal materi nabati dan hewani untuk produk makanan khas kawasan dari sumber jejaring social, perpustakaan, dan sumber lain.
Mengumpulkan informasi:
1. Peserta didik mengakses jejaring social ihwal materi nabati dan hewani produk makanan khas daerah
2. Peserta didik ke perpustakaan untuk mencari data ihwal materi nabati dan hewani produk makanan khas daerah
3. Peserta didik ke lingkungan sekolah untuk melihat materi nabati dan hewani produk makanan khas kawasan sebagai sumber ide
Mengasosiasikan :
Peserta didik mengaitkan data dari jejaring social, perpustakaan dan lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit untuk ditarik menjadi satu kesimpulan
Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil kesimpulan dari perpaduan data dari jejaring social, perpustakaan, dan lingkungan sekitar dengan sopan dan hening serta menghargai siswa yang lain yang mengajukan pendapat yang berbeda
c. Kegiatan Penutup
1. Pendidik dan penerima didik menciptakan kesimpulan atau reflksi dari info yang sudah dikomunikasikan di depan kelas.
2. Peserta didik memberikan anjuran untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3. Peserta didik menerima kiprah mencari referensi aneka makanan olahan nabati dan hewani
4. Guru memperlihatkan pesan moral terkait dengan makanan khas daerah
2. Pertemuan Kedua (2 Jam Pelajaran)
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan kelas supaya lebih aman untuk proses berguru mengajar dilanjutkan dengan apersepsi.
2. Guru memberikan topik ihwal materi pelajaran yang akan diajarkan
3. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode diskusi. Kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama (kelompok 1 supaya mempersiapkan kelompoknya).
b. Kegiatan Inti
Mengamati:
1. Peserta didik menyimak pendapat dari beberapa sumber ihwal pengertian materi nabati dan hewani
2. Peserta didik menyimak banyak sekali kandungan dan manfaat materi nabati dan hewani
3. Pendidik menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya:
1. Peserta didik mendiskusikan dengan sobat sebangku mengenai referensi gambar dengan menjelaskan alat yang diharapkan dan teknik yang digunakan
2. Peserta didik mendiskusikan dengan sobat sebangku mengenai banyak sekali kandungan dan manfaat materi nabati dan hewani
3. Pendidik bertanya ihwal gambar yang ditampilkan
4. Pendidik bertanya ihwal pendapat dari banyak sekali sumber ihwal pengertian materi nabati dan hewani
5. Pendidik bertanya ihwal kandungan dan manfaat materi nabati dan hewani
Mencoba:
1. Peserta didik membaca buku teks yang berkaitan dengan tekstil
2. Peserta didik membaca buku teks ihwal banyak sekali kerajinan tekstil
3. Peserta didik membaca buku teks ihwal banyak sekali fungsi kerajian tekstil
Mengasosiasi:
1. Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 orang
2. Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para jago mengenai pengertian materi nabati dan hewani
3. Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan banyak sekali jenis olahan materi nabati dan hewani (setiap kelompok berbeda pembahasan)
4. Peserta didik dalam kelompok diminta mendiskusikan banyak sekali kandungan dan manfaat bahannabati dan hewani
Mengomunikasikan:
Pendidik menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing /menilai keterampilan, menganalisis, meng-gunakan teori dan menyimpulkan data, serta menilai kemampuan siswa memahami pengertian materi nabati dan pangan serta kandungan dan manfaatnya
c. Kegiatan Penutup
1. Pendidik dan penerima didik menciptakan kesimpulan atau reflksi dari info yang sudah dikomunikasikan di depan kelas.
2. Peserta didik memberikan anjuran untuk
3. perbaikan pembelajaran berikutnya
4. Peserta didik menerima kiprah mencari referensi aneka makanan olahan nabati dan hewani
5. Guru memperlihatkan pesan moral terkait dengan makanan khas daerah
Itulah tadi beberapa referensi isi dari RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) yang memakai kurikulum 2013. Contoh tersebut di atas bukanlah merupakan isi dari keseluruhan dari RPP yang dibutuhkan. Namun, untuk RPP PKWU Kelas XI Semester 1 (Ganjil) yang lengkap bisa diunduh melalui link berikut ini:
Sumber http://www.arsipguru.web.id