Monday, March 12, 2018

√ 5 Cara Meningkatkan Pelayanan Pada Bisnis Tour Travel


Pepatah kuno menyampaikan “memperjuangkan lebih gampang daripada mempertahankan”. Kiranya memang benar pepatah tersebut. Dalam dunia bisnis pun, mencari konsumen gres akan terasa jauh lebih gampang dibandingkan mempertahankan konsumen lama. Apalagi dalam persaingan pasar dunia, untuk menjaga kesetiaan konsumen pada bisnis tour travel anda diharapkan senjata dan taktik jitu yaitu pelayanan yang prima.





Ketika konsumen puas dengan pelayanan yang bisnis anda berikan, tanpa meminta bayaran pun niscaya akan merekomendasikan bisnis anda kepada kerabat atau rekan kerjanya. Hal ini akan memperluas jangkauan pasar pada bisnis anda. Belajar dari Travecello, sebuah bisnis tour travel yang sekarang sedang naik daun bahwa  kekuatan rekomendasi dari konsumen yang puas dengan pelayanan bisa mendatangkan lebih banyak konsumen. Bagi anda yang gres merintis bisnis tour travel berikut ialah lima tips yang bisa kau lakukan untuk meningkatkan pelayanan.





1. Pusatkan perhatian pada konsumen





Tampilah sebagai eksklusif yang percaya diri tapi
tetap rendah hati. Berikanlah senyuman dan gunakan nada bicara yang sopan saat
bertemu dengan konsumen. Walaupun tak selamanya konsumen itu benar, tapi perlu
diperhatikan bahwa konsumen akan selalu menang. Ucapkanlah kata maaf saat
konsumen tiba membawa komplain, layani dengan ramah dan jangan terbawa emosi.
Konsumen yang tidak puas sanggup besar lengan berkuasa jelek pada gambaran bisnis anda.





2. Memberikan pelayanan yang efisien





Selesaikan permasalahan yang dikeluhkan oleh
konsumen ketika itu juga. Jangan biarkan konsumen menunggu dengan resah. Konsumen
akan menilai bisnis anda dari bagaimana anda menuntaskan keluhan, kritik, dan
saran yang diberikan. Pekerjakan customer service yang benar-benar memahami produk
yang anda tawarkan secara mendetail dan bisa memperlihatkan penyelesaian atas
berbagai permasalahan yang ada.





3. Pendekatan personal





Sebanyak apapun konsumen anda, berusahalah untuk
tetap menjaga kekerabatan personal dengan konsumen. Cara ini terbukti sangat
efektif untuk mempertahankan kesetiaan konsumen. Berikanlah ucapan saat
perayaan hari-hari besar atau berilah kabar wacana produk-produk gres yang
bisnis anda tawarkan.





4. Membina kekerabatan baik





Membina kekerabatan baik dengan konsumen merupakan hal
yang sangat penting. Sebaik apapun pelayanan yang diberikan, ketika ada satu
kesalahan kecil maka pelayanan baik sebelumnya akan terlupakan oleh kesalahan
kecil tersebut. Usahakanlah jangan menciptakan kekerabatan dengan konsumen menjadi
buruk, walaupun kesalahan tersebut bukan dari anda jangan sungkan untuk meminta
maaf.





5. Bersikap profesional





Konsumen ingin semua permasalahan dan
tuntutan-tuntutan sanggup terpenuhi. Namun ketika konsumen meminta sesuatu di
luar batas kemampuan bisnis anda alihkan kepada pihak lain. Dengan begitu
bisnis anda akan terlihat professional.



Sumber https://phinemo.com