Saturday, August 4, 2018

√ Cara Menghapus Hyperlink Pada Ms.Excel Melalui Vba

Hyperlink ialah hubungan antara satu bab dengan bab lain, di Ms. Excel hyperlink banyak dipakai untuk menghubungkan data supaya kita lebih gampang mengenali data dan menuju lokasi data tersebut. Ada beberapa macam hyperlink yang sering kita jumpay di Ms. Excel diantaranya hyperlink ke website/blog ada juga hyperlink antar worksheet atau dapat juga antara workbook atau ada juga hyperlink ke email.

Baca:
Cara Membuat Hyperlink antar Worksheet

Nah, untuk menciptakan hyperlink dan menghapusnya saya sudah pernah bahas sebelumnya dan anda juga dapat menciptakan hyperlink dengan text maupun gambar/shapes.

Silakan simak:
Cara Membuat Hyperlink dengan Gambar/Shapes

Pada bahan kali ini saya akan bahas bagaimana cara menghapus hyperlink memakai VBA atau lebih dikenal dengan macro. Nah untuk menciptakan hyperlink memakai Ms. Excel sudah banyak yang bahas jikalau Anda tuliskan di google dengan pencarian Hyperlink Excel tentunya aneka macam website/blog yang membahas mengenai hal tersebut. Untuk menghapus hyperlink memakai coding VBA caranya cukup mudah.

Bagaimana cara menciptakan dan menghapus Hyperlink memakai VBA?

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan diantaranya ialah :
  1. Buka Buku Kerja Excel dari sajian awal atau ketik Excel di perintah run Anda
  2. Masukkan beberapa data dalam sel dalam kisaran "A10 hingga D10" untuk menguji makro ini. Juga format beberapa sel dan masukkan beberapa hyperlink untuk diuji.
  3. Tekan Alt + F11 untuk Buka VBA Editor atau Anda dapat pergi ke Developer Table dari Excel Ribbon dan klik pada Command Visual Basic untuk meluncurkan VBA Editor
  4. Buat satu buah Modul dari sajian Insert Menu of VBA
  5. Salin instruksi di atas (untuk menghapus Hyperlink dalam rentang memakai VBA) dan Tempel di jendela instruksi (Editor VBA)
  6. Simpan file sebagai Macro Enabled Workbook (yaitu; .xlsm format file)
  7. Tekan 'F5' untuk menjalankannya atau Keep Pressing 'F8' untuk men-debug instruksi baris demi baris.
Contoh penggunaan contohnya saya mempunyai data yang mempunyai hyperlink pada range C4:C7 dan tentunya ciri dari hyperlink itu sendiri ialah berwarna biru dan bergaris bawah namun bekerjsama Anda juga dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan.

Dan berikut ialah coding yang dapat Anda tuliskan pada Module1











Berikut ialah data yang akan dihapus Hyperlink nya.


Silakan jalankan dan test coding yang telah Anda buat tadi dengan cara menekan atau klik tombol Button1 maka lihat perbedaannya hyperlink yang ada di kolom C secara otomatis terhapus dan warna pun sudah tidak biru lagi itu tandanya sudah tidak mempunyai hubungan kembali (no hyperlink).

Lebih gampang silakan copy code berikut untuk menghapus Hyperlink
Sub Hapus_Hyperlink_pada_Range()
Range("C4:C7").Hyperlinks.Delete
End Sub
Demikian biar bermanfaat


Sumber http://www.excel-id.com/