Tuesday, August 7, 2018

√ Penyebab Kaki Bisul Pada Ibu Hamil Renta Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua √ Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua Lengkap Dengan Cara Mengatasinya


Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua – Sudah sewajarnya bagi ibu yang hamil akan menjumpai banyak sekali permasalahan dan keluhan mulai dari mual, rasa nyeri pinggang, hingga perubahan pada organ-organ fisiknya. Kaki yang nanah juga merupakan salah satu persoalan wajar  yang dialami kurang lebih 75% oleh ibu hamil, terutama ibu hamil yang usia kandungannya sudah di atas 6 bulan.


Baca Juga : Siapa Sangka Ternyata Makanan-Makanan Ini Berbahaya Untuk Ibu Hamil


Sebagai seorang ibu hamil, Anda harus bisa membedakan mana pembengkakan yang normal dan tidak. Selama kaki yang nanah tersebut tidak berlebihan dan tidak menimbulkan tanda-tanda nyeri, panas ataupun hingga otot kaki keluar, maka pembengkakan tersebut masih dalam batas normal.


Konsultasikan kepada dokter dikala mulai timbul gejala-gejala nanah yang tidak wajar. Karena kalau terjadi pembengkakan yang tidak masuk akal akan bisa besar lengan berkuasa kepada kehamilan Anda. Nah, untuk mengurangi kekhawatiran Anda, berikut ini saya akan memaparkan beberapa penyebab umum yang menjadi penyebab kaki nanah pada ibu hamil tua.


Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil Tua


1. Bertambahnya beban yang ditopang oleh kaki


Pastinya ibu yang hamil semakin bertambahnya usia kandungan juga akan diikuti bertambahnya berat tubuh secara alamiah. Janin di dalam kandungan yang terus tumbuh dan berkembang menjadikan ibu hamil memproduksi darah 50% lebih banyak darah. Jadi, tidak bisa dipungkiri kalau salah satu penyebab kaki nanah pada ibu hamil bau tanah alasannya yakni kaki harus menopang beban yang semakin berat di atasnya.


Cara gampang untuk menanganinya, jangan terlalu usang beraktivitas dengan berdiri. Otot-otot kaki yang  menumpu sangat kuat terutama pada tumit tanpa pergerakan ditambah imbas gravitasi bumi menjadikan pembengkakan semakin parah.


2. Tertimbunnya cairan di dalam kaki


Terdapat dua hormon, yaitu hormon kortisol dan hormon aldosteron yang dikeluarkan oleh ibu hamil di dalam tubuh. Kedua hormon tersebut menahan cairan di dalam tubuh ibu hamil yang terus bertambah seiring tumbuh kembangnya janin. Awalnya cairan yang tertahan di dalam tubuh tadi memenuhi pembuluh darah, tapi bisa merembes ke jaringan-jaringan yang ada di sekitarnya dikarenakan proses yang berlangsung usang yaitu hingga final kehamilan. Hal ini yang mengakibatkan pembengkakan pada organ-organ fisik ibu hamil termasuk pada kaki. Dalam dunia medis, pembengkakan kaki yang masuk akal menyerupai ini biasa disebut dengan edema fisiologis.


Untuk mengurangi nanah pada kaki, gunakan ganjal kaki yang cukup longgar. Alas kaki yang terlalu mengikat dan menekan kaki akan mengakibatkan peresapan cairan lebih besar. Akibatnya pembengkakan juga semakin parah. Perbanyak minum air putih untuk melancarkan cairan yang telah tertimbun di dalam kaki. Hindari mengkonsumsi garam berlebihan. Karena garam bisa mengakibatkan cairan gampang tertimbun, sehingga pembengkakan akan semakin parah. Hindari juga mengkonsumsi kafein. Karena kafein bisa mengakibatkan cairan gampang tertimbun lebih banyak di serpihan kaki. Selain itu kinerja tubuh yang seharusnya menyeimbangkan cairan terutama pada kaki akan terhambat.


3. Kurangnya acara gerak


Lanjutan dari dua penyebab kaki nanah pada ibu hamil tua tadi, bisa mempengaruhi mindset  hamil untuk malas melaksanakan aktivitas. Ditambah lagi kalau berat tubuh sudah semakin menjadi-jadi. Biasanya hanya ingin tiduran sambil nonton televisi, atau sekedar bermain smartphone.


Sebenarnya darah yang ada di serpihan bawah tubuh ibu hamil sangat membutuhkan pergerakan aktif dari otot-otot kaki untuk memompa darah biar hingga ke serpihan tubuh serpihan atas. Tapi sayangnya banyak yang kurang memperhatikan hal tersebut. Sehingga pembengkakan pada kaki pun semakin membesar.


Oleh karenanya, kini banyak sekali program-program gerak untuk ibu hamil, salah satunya senam ibu hamil. Senam ini sangat baik apalagi dilakukan oleh ibu hamil tua. Atau bisa melaksanakan olahraga sendiri, asalkan olahraga yang tidak berat.


4. Kurang lancarnya pedoman darah


Dari ketiga penyebab kaki nanah pada ibu hamil tua di atas, sanggup berlanjut pada kurang lancarnya pedoman darah. Dimana ibu hamil yang semakin bertambah berat tubuh dan cairan yang ada dalam tubuhnya disertai kurangnya beraktivitas gerak selanjutnya akan mengakibatkan terhambatnya pedoman darah balik ke jantung. Ukuran rahim yang semakin membesar juga bisa mempengaruhi alasannya yakni akan menekan dan menghambat pedoman darah ke kaki. Karena pedoman darah atas-bawah terganggu maka kaki akan mpembengkakan.


Agar tidak semakin membengkak, atur posisi tidur Anda dengan lebih meninggikan posisi kaki daripada tubuh atau sesekali Anda bisa mencoba mengangkat kaki Anda dengan disandarkan pada tembok dalam posisi tidur. Cara lain dikala posisi tidur, Anda bisa tidur dalam keadaan posisi miring. Hal ini juga akan memperlancar pedoman darah ari kaki menuju ginjal.


Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua


Ketahuilah bahwa kaki nanah pada ibu hamil bau tanah itu bukan semata-mata alasannya yakni timbul penyakit preeclampsia. Selanjutnya Anda bisa mencoba beberapa cara yang akan saya paparkan di bawah yaitu untuk mengatasi kaki nanah pada ibu hamil tua. Meskipun langkah ini tidak menjamin 100% namun setidaknya sanggup mengurangi sehingga Anda tidak jatuh ke derajat yang parah.


1. Makan masakan dengan seimbang


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah kaki nanah dikala hamil yakni dengan makan masakan yang seimbang. Silakan makan secukupnya yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin serta mineral yang cukup. Makan yang cukup disini bukan berarti Anda harus makan secara berlebihan. Anda juga harus selalu mengontrol berat tubuh biar ketika hamil tidak terlalu drastis.


2. Selada air, seledri, macam-macam jeruk dan apel


Jenis masakan yang saya sebutkan diatas yakni masakan yang sanggup membantu untuk mengatasi kaki nanah pada ibu hamil. Silakan Anda konsumsi alasannya yakni jenis masakan ini memiliki fungsi untuk membuang cairan berlebih. Makanan ini termasuk materi alami sehingga tidak akan membahayakan tubuh Anda dikala hamil.


3. Istirahat yang cukup


Ketika hamil silakan miliki waktu istirahat yang cukup serta hindari bangun terlalu lama. Ketika Anda duduk, posisikan kaki berada di atas pinggang. Cara ini bisa Anda lakukan dengan meletakkan kaki di dinding atau di bangku. Hindari duduk dengan cara kaki disilangkan alasannya yakni hal ini bisa menghambat pedoman darah Anda.


4. Dipijat


Pijatlah kaki Anda dengan memijat kaki yang mengarah ke lutut. Pijatan pada kaki yang nanah sanggup membantu untuk mengurangi kaki nanah Anda. Pijat dengan lembut serta jangan terlalu keras alasannya yakni akan menimbulkan rasa sakit pada kaki. Anda bisa memakai baby oil atau minyak kayu putih supaya efeknya menjadi nyaman.


5. Berenang


Ternyata olahraga ini tidak hanya dipentingkan bagi orang biasa saja, ibu yang sedang hamil juga meski rutin berolahraga. Aktifitas olahraga menyerupai berenang bagi ibu hamil bisa mengurangi kaki bengkak. Dengan rutin berenang akan menguatkan otot serta pembuluh darah kaki ibu hamil sehingga bisa memompa cairan yang berlebih ke jantung Anda.


Meskipun demikian Anda jangan hingga lupa untuk melaksanakan konsultasi ke dokter ihwal persoalan ini. Apalagi kalau kaki nanah ini dialami bukan alasannya yakni respon yang normal. Jika Anda sudah melaksanakan semua cara diatas dan masih saja pengbengkakan pada kaki semakin parah, silakan konsultasikan saja sama dokter. Mungkin artikel Penyebab Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil Tua dicukupkan sekian dan semoga artikel ini ada manfaatnya.



Sumber https://info-menarik.net