Sunday, August 12, 2018

√ Download Juknis Dan Tools Eds/M-Rks/M-Rkt-Rkas/M

Setiap tahun satuan pendidikan dituntut menjawab tiga duduk perkara dengan memakai perangkat indikator kinerja dalam rangka melaksanakan pengkajian obyektif terhadap capaian indikator SPM, Akreditasi, SNP serta pengumpulan bukti mengenai kinerja peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan.


Sekolah/Madrasah sebagai suatu lembaga/institusi memiliki satu tujuan atau lebih. Langkah mencapai tujuan tersebut, perlu disusun rencana, tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut. Pada umumnya tujuan Sekolah/Madrasah tercermin dalam bentuk Visi dan Misi Sekolah/Madrasah. Untuk mencapai visi dan misinya Sekolah/Madrasah menyusun perencanaan jadwal dan aktivitas yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS) atau Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M).

Umumnya Sekolah/Madrasah cenderung statis dan mulai bergerak sehabis duduk perkara muncul ke permukaan. Perencanaan dilakukan tidak hanya untuk mengatasi duduk perkara yang sedang dihadapi, tetapi juga untuk perencanaan ke depan dalam hal peningkatan kinerja Sekolah/Madrasah atau untuk mengantisipasi perubahan dan tuntutan jaman. Pada umumnya Sekolah/Madrasah lebih mengutamakan pengembangan fisik, padahal pengembangan non fisik jauh lebih penting, alasannya ialah salah satu tujuan utama Sekolah/Madrasah ialah menghasilkan anak ajar yang bermutu.
Visi dan Misi Sekolah/Madrasah pada umumnya masih bersifat umum, sehingga perlu dijabarkan/dirinci dan programnya harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Sekolah/Madrasah. Sangat sering ditemukan Sekolah/Madrasah tidak memiliki jadwal yang relevan atau tidak sesuai dengan Visi-Misinya.

RKS/M sebaiknya dibentuk bersama secara partisipatif antara pihak Sekolah/Madrasah (KS dan guru) bersama dengan pemangku kepentingan menyerupai Komite Sekolah/Madrasah, tokoh masyarakat, dan pihak lain di sekitar Sekolah/Madrasah yang peduli pendidikan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, Sekolah/Madrasah telah memperlihatkan perilaku keterbukaan dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan meningkatkan rasa memi-liki, serta sanggup mengundang simpati sehingga masyarakat akan merasa bahagia menawarkan dukungan atau proteksi yang dibutuhkan Sekolah/Madrasah.

RKS/M disusun dan dilaksanakan menurut kebutuhan Sekolah/Madrasah dalam rangka pemenuhan indikator Standar Nasional Pendidikan dan administrasi berbasis Sekolah/Madrasah (MBS) yang dirumuskan sebagai penilaian diri Sekolah/Madrasah (EDS/M), dikaitkan dengan praktek dan tugas kelembagaan yang memang sudah berjalan, seperti:
• Manajemen Sekolah/Madrasah
• Perencanaan Pengembangan Sekolah/Madrasah
• Akreditasi Sekolah/Madrasah
• Implementasi SPM dan SNP
• Peran Pengawas Sekolah/Madrasah

Secara singkat EDS/M dirancang untuk dipakai oleh Tim Pengembang Sekolah/Madrasah (TPS/M) dalam melaksanakan penilaian kinerja Sekolah/Madrasah terhadap pencapaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Untuk lebih lengkapnya silahkan d0wnl0ad semua filenya mulai dari : Juknis, Master Tool, dan Contoh isiannya melalui link di bawah ini :


Sumber http://www.pgrionline.com