Sunday, August 5, 2018

√ Pulau Togean Sulawesi Tengah, Nirwana Laut Yang Memabukkan Hati

Pulau Togean Sulawesi Tengah layak Kamu sambangi terlebih bagi Kamu pecinta kekayaan alam maritim dan ragam bawah laut Indonesia.


Keistimewaan terumbu karang di Pulau Togean Sulawesi Tengah ini masih sangat subur, sehingga menjadi rumah idaman bagi para ratusa spesies ikan.


Telah diresmikan semenjak tahun 2004 sebagai Taman Nasional Kepulauan Togean, nirwana maritim Indonesia ini memiliki  luas sekitar 3.600 km persegi dan secara administratif masuk dalam Kabupaten Tojo Una-Una.


Terletak di Teluk Tomini dan mempunyai sekitar 65 pulau-pulau besar dan kecil, di antaranya adalah Pulau Unauna, Batudaka, Togean, Talatakoh, Waleakodi dan Waleabahi.


Cara menuju Pulau Togean Sulawesi Tengah



Baca Juga: Dua Agenda Wisata Sulteng Masuk Top 100 Wonderful Event Indonesia 2018


Ada beberapa cara yang sanggup Kamu lakukan untuk mencapai Pulau Togean Sulawesi Tengah. Pertama via Gorontalo, dan kedua via Palu.


Bila hendak melalui Gorontalo, dari Bandara Jalaluddin, Kamu kemudian bisa menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Gorontalo kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean.


Namun demikian, kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.


Selain itu dari Gorontalo, Kamu juga sanggup mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Pohuwato selama sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo.


Lalu Kamu naik kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA. Waktu tempuhnya lebih singkat, yaitu sekitar 6 jam perjalanan.


Rute selanjutnya untuk menuju Pulau Togean Sulawesi Tengah, dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Kamu harus naik bus atau travel ke Ampana via Poso (375 Km) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan.


Dari Ampana, Kamu kemudian melanjutkan naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Kedua kapal itu beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA.


Selain itu, Kamu juga sanggup naik kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya.


Rute yang termudah dan termurah sehingga banyak orang yang memilihnya yaitu via Gorontalo dengan kapal feri Tuna Tomini.


Kamu tak perlu melaksanakan perjalanan darat yang sangat jauh. Akan tetapi Kamu harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Bila waktu liburan Kamu terbatas, Kamu sanggup lewat Palu yang mempunyai agenda keberangkatan kapal yang lebih banyak.


Yang sanggup Kamu lakukan di Pulau Togean Sulawesi Tengah


Pulau Togean Sulawesi Tengah layak Kamu sambangi terlebih bagi Kamu pecinta kekayaan alam  √ Pulau Togean Sulawesi Tengah, Surga Bahari yang Memabukkan Hati

(Flickr/Jasper Arends)


Baca Juga: Punya Surga Bawah Laut Menawan, Parigi Moutong Sulawesi Tengah Sukses Buat Wisman Takjub


Jangan khawatir akan ngapain di sana, lantaran ada banyak hal yang sanggup kau eksplor dan kegiatan yang sanggup Kamu lakukan saat traveling ke Pulau Togean Sulawesi Tengah.


Sebagai nirwana bahawi dengan berjuta pesona puluhan pulau yang berpantai elok, Kamu akan mendapati sekitar 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis hewan laut lainnya,


Kamu sanggup melaksanakan kegiatan olahraga air seperti canoing, snorkeling, atau bahkan diving. Sekadar berkeliling di sekitar pulau-pulau kecilnya dengan kapal sewaan juga sanggup jadi salah satu kegiatan yang sayang jika Kamu lewatkan.


Kamu sanggup menyewa bahtera dengan tipe bervariasi. Untuk bahtera berkapasitas 8 orang, Kamu sanggup menyewanya dengan harga sekitar Rp 550 ribu per hari dengan rute Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi.


Namun jika Kamu ingin melihat gunung api di Togean, Kamu sanggup memerpanjang rute ke Pulau Una-una dengan perhiasan biaya sekitar Rp 200 ribu.



Sumber https://phinemo.com