Saturday, September 8, 2018

√ 7 Cara Berguru Bahasa Inggris Untuk Kuliah Di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri tentunya merupakan harapan bagi sebagian besar orang. Untuk bisa kuliah di luar negeri ada satu syarat yang wajib dipenuhi, yaitu kemampuan berbahasa Inggris. Bahkan untuk negara yang tidak mewajibkan penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya, kau juga harus mesti bisa berbahasa Inggris.


Biasanya ada 2 tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris, yaitu TOEFL dan IELTS. Jika nilai yang kau dapatkan di bawah standar yang telah ditetapkan, maka kau akan gagal di luar negeri. Pastinya kau tidak mau dong?


Baca juga:



Oleh alasannya yakni itu, saya ingin menunjukkan bagaimana cara berguru Bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri. Sebelum belajar, persiapkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini.



  1. Tentukan Dahulu Universitas Tujuanmu


Setiap universitas memakai tes yang berbeda-beda, biasanya IELTS atau TOEFL. Nilai minimal yang ditetapkan pun juga berbeda-beda. Cari tahu terlebih dahulu apa saja persyaratan agar sanggup diterima di universitas yang kau inginkan.


Baca juga:




  1. Persiapkan Diri Sebaik-baiknya


Jika kau sudah tahu apa saja syarat yang dibutuhkan agar sanggup diterima di universitas tersebut, maka langkah selanjutnya yang sanggup dilakukan yakni persiapkan diri sebaik-baiknya. Minimal waktu yang dibutuhkan yakni 1-2 tahun sebelumnya.


Ketika sudah mempersiapkan diri, tahap yang dilakukan selanjutnya yakni belajar. Ya, belajar! Ini merupakan hal yang sangat penting, alasannya yakni di negara manapun, kemampuan Bahasa Inggris yakni hal yang mutlak diperlukan. Bahasa Inggris merupakan bahasa pemersatu seluruh dunia, jadi kalau orang tidak bisa berbahasa Inggris itu akan menyulitkanmu untuk berkomunikasi dengan orang lain.


Baca juga: Contoh Kalimat Bahasa Inggris Sehari-Hari Beserta Artinya


Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Kuliah di Luar Negeri


Dengan menerapkan cara-cara berguru berikut ini, dijamin kau akan bisa kuliah ke luar negeri meskipun kemampuan Bahasa Inggris kau hanya pas-pasan!



  1. Luangkan Waktu Minimal 2 Jam Sehari untuk Belajar


Setiap harinya, luangkan waktu minimal 2 jam untuk berguru Bahasa Inggris entah itu untuk listening, writing, speaking atau reading. Belajarlah pada waktu yang menurutmu kondisinya nyaman untuk belajar, boleh pagi, siang atau malam hari. Ketika belajar, fokus dan tidak memikirkan apapun selain bahan Bahasa Inggris. Ketika sudah selesai, jangan lupa untuk melaksanakan penilaian pada bab apa yang harus kau tingkatkan kemampuannya.


Baca juga:




  1. Ikuti Kursus Bahasa Inggris


Saat ini sudah banyak kursus yang menyediakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan harga yang bervariasi. Banyak kursus yang harganya terjangkau, namun kualitasnya juga bagus. Kamu harus berakal menentukan kursus mana yang berdasarkan kau cocok serta terjangkau, agar berguru Bahasa Inggris tidak menjadi merepotkan.



  1. Latihan Bahasa Inggris Online


Jika kau tidak mengikuti kursus Bahasa Inggris, jangan sedih. Banyak website di internet yang menyediakan latihan soal secara online, dan tentunya gratis. Semakin banyak latihan, maka kau akan semakin menguasai Bahasa Inggris.


Baca juga:










  1. Perbanyak Kosa Kata (Vocabulary)


Jika selama ini pengetahuan vocabulary kau terbatas, perdalam! Karena vocabulary merupakan unsur yang mendukung dari keempat skill (reading, writing, listening, speaking) dan juga grammar. Jika kau tidak paham suatu kata dalam kalimat, kau sanggup kesulitan untuk memahami arti keseluruhan dari kalimat tersebut. Apalagi pada tes IELTS dan TOEFL pastinya akan terdapat banyak kosa kata yang kelihatan absurd untuk pertama kali. Dengan menguasai vocabulary, kau sanggup menguasai Bahasa Inggris dengan mudah.



  1. Mendengar Lagu dalam Bahasa Inggris


Siapa dari kalian yang tidak bahagia mendengarkan lagu? Lagu menciptakan pendengarnya merasa senang, apalagi kalau mendengar lagu Bahasa Inggris kau akan menambah pengetahuan gres loh! Sekarang untuk mendengarkan lagu pun sangat mudah, cukup dengan mengandalkan koneksi internet yang mumpuni kau sudah bisa mendengarkan lagu. Kamu sanggup mendengar lagu, kemudian catat liriknya dan bandingkan dengan lirik aslinya.



  1. Menonton Film Bahasa Inggris tanpa Subtitle Indonesia


Banyak dari kalian yang pastinya suka menonton film, terutama film barat. Mulai sekarang, jangan memakai subtitle Bahasa Indonesia ya saat menonton. Kamu akan mendengar conversation atau percakapan di dalamnya, kemudian mencoba untuk memahami apa artinya. Cara ini terbukti efektif loh untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film



  1. Disiplin dan Jangan Menyerah


Ini cara yang terakhir, yaitu disiplin. Disiplin merupakan kunci paling efektif dalam belajar. Ketika belajar, kau niscaya akan dihadapkan dengan rasa malas, bosan, gampang terpengaruhi dan lain-lain. Ingat, tanpa perjuangan niscaya tidak ada hasil. Jangan lupa dengan tujuan awal kamu, yaitu kuliah di luar negeri.


Demikian cara berguru Bahasa Inggris untuk kuliah di luar negeri. Pastinya kalian semua bisa untuk kuliah di luar negeri hanya dengan menerapkan cara-cara di atas dan tentunya pantang menyerah. Good luck for your future studies!



Sumber https://azbahasainggris.com