Wednesday, September 12, 2018

√ Cara Menambahkan Goresan Pena Jam Dan Menit Pada Fungsi Time

Excel-id.com | Bagaimana Cara Menampilkan Tulisan "Jam" dan "Menit" pada Fungsi TIME? Materi kali ini aku akan membahas bagaimana penggunaan rumus TIME di Ms. Excel. Rumus waktu ini biasanya dipakai untuk memperoleh hasil berapa jam atau berapa menit. Mungkin bagi Anda pernah mengalami bagaimana proses penulisan format waktu pada Ms. Excel.

Lebih jelasnya hasil yang akan kita peroleh harus menyerupai tabel berikut ini



Waktu tempuh diperoleh dari hasil pengurangan antara jam datang dikurangi jam berangkat artinya disini adanya pengurangan untuk waktu. Pada kasus ini bila Anda salah memakai format selain waktu (Time) maka Excel tidak akan dapat menghitung pengurangan tersebut jadi perlu diingat bahwa format cell harus menjadi (time) atau Anda dapat setting format cellnya menjadi Custom menyerupai berikut ini



Caranya Anda dapat blok data yang mengandung goresan pena waktu dan dalam pola diatas yaitu Anda harus memblok antara cell D3:F12 lalu klik kanan pada Mouse Pad dan pilih Format Cells lalu pada jendela format cellnya harus pilih Custom dan cari type menjadi "h:mm" menyerupai pola gambar diatas.

Baca:
Rumus Merubah Hitungan Menit Ke Jam

Pada cell F3 silakan ketikan rumus E3-D3


Hasilnya : yaitu 9:45 alasannya yaitu apabila datang jam 18:10 dan berangkat jam 8:25 maka perjalanan atau waktu tempuh yaitu jam datang dikurangi jam berangkat. Silakan copykan rumus tersebut ke bawah dan lihat hasilnya.

Langkah berikutnya kita akan menciptakan goresan pena jam dan tersebut dengan menambahkan goresan pena "Jam" dan "Menit" pada kolom G maka tuliskan rumus :

=HOUR(F3)&" Jam "&MINUTE(F3)&" Menit"



Silakan tekan enter dan copykan rumus ke bawah sehingga diperoleh hasil menjadi menyerupai gambar nomor1 paling atas artikel ini.

Demikian, biar bermanfaat.

Baca :
Cara Menghitung umur/usia memakai rumus Excel
Sumber http://www.excel-id.com/