Saturday, September 8, 2018

√ Kelompok Sosial – Pengertian, Syarat, Ciri Ciri, Dan Contohnya

Kelompok Sosial – Jika berbicara mengenai kelompok sosial, sangat akrab kaitannya dengan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, selain sebagai makhluk individu, juga tercipta interaksi antar sesama. Mulanya relasi yang terjadi tersebut hanya sebatas rasa ingin tahu. Namun kalau sudah berlanjut terus, maka akan ditemukan persamaan baik dari kebiasaan sampai tujuan. Contoh kelompok sosial yang paling umum terjadi di instansi pendidikan menyerupai sekolah, universitas, dan lain-lain.


Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri Cirinya :


Pengertian kelompok sosial yakni interaksi antar sekelompok individu yang didasarkan pada kepentingan bersama. Munculnya relasi tersebut disebabkan oleh beberapa hal termasuk kesamaan ide, pandangan, dan juga kesukaan. Ciri ciri kelompok sosial yakni terdapat individu serta reaksi timbal balik. Kelompok ini juga mempunyai fungsi yang beragam, bergantung pada jenisnya. Dalam kehidupan bermasyarakat, ada yang sengaja membuat perkumpulan untuk mempererat relasi antara sesama warga.


 Jika berbicara mengenai kelompok sosial √ Kelompok Sosial – Pengertian,  Syarat, Ciri Ciri, dan Contohnya


Salah satu fungsi dari kelompok sosial yaitu meningkatkan kemampuan dalam berinteraksi. Di abad modern yang segalanya serba gampang ini, banyak yang enggan bersosialisasi lantaran merasa bisa mencukupi kebutuhan sendiri. Perilaku ini akan merugikan individunya sendiri lantaran semua insan niscaya membutuhkan tugas dari insan lainnya.


Interaksi juga bisa menambah wawasan melalui tukar menukar pikiran yang dilakukan. Klasifikasi kelompok sosial lebih didasarkan pada ada tidaknya organisasi yang menaunginya dan juga interaksi. Namun, sebagian besar terjadi dengan alami kecuali kalau anggotanya cukup besar.


Klasifikasi Kelompok Sosial :


1. Kelompok formal

Pengertian kelompok sosial berdasarkan para hebat yakni interaksi antara sekelompok orang dengan kesamaan visi serta mempunyai anggaran dasar yang jelas. Dalam kelompok sosial yang bersifat formal ini, ciri khasnya ada pada kejelasan pembagian kerja. Contoh yang paling sering ditemui yakni OSIS, organisasi mahasiswa, organisasi pemerintahan, dan lain-lain.


2. Kelompok informal

Jika mengacu pada pengertian kelompok sosial yang telah dijelaskan sebelumnya. Munculnya interaksi pada kelompok ini didasarkan pada rasa simpati dan kekeluargaan. Awal mula terjadinya lantaran daya tarik antar individu. Dalam organisasi ini tidak terdapat strukturisasi yang jelas. Misalnya yakni kelompok ibu rumah tangga, kelompok belajar, dan lain sebagainya.


3. Kelompok primer

Salah satu syarat terbentuknya kelompok sosial yakni adanya interaksi dari beberapa individu. Anggota pada kelompok ini mempunyai relasi yang akrab antara satu dan lain. Tidak ada keharusan mempunyai AD ART ataupun strukturisasi yang jelas. Hubungan yang terjadi berdasar pada rasa doktrin antar individunya. Contoh dari kelompok sosial primer yakni arisan keluarga, kelompok keagamaan, dan lain-lain.


4. Kelompok sekunder

Pada kelompok ini relasi yang terjadi tidak akrab lantaran didasarkan pada kesamaan kebutuhan saja. Pengertian kelompok sosial yang interaksinya lantaran karena tertentu banyak dijumpai di negara ini. Anggotanya jarang yang mempunyai ikatan persaudaraan lantaran kepentingannya berbeda. Contoh dari kelompok ini yakni partai politik.


Manusia hidup niscaya saling membutuhkan satu sama lain dan mustahil hidup sendiri. Perilaku saling membutuhkan inilah yang memicu lahirnya kelompok tertentu. Fungsinya pun saling berkembang lantaran dari interaksi terus menerus itulah menjadikan kecocokan di beberapa bidang lainnya termasuk hobi dan juga pekerjaan. Saat ini jumlah perkumpulan semakin banyak dengan tujuan dan kebutuhan yang berbeda.


Baca juga : Konflik sosial


Setelah mengetahui apa itu pengertian kelompok sosial serta ciri dan jenisnya, sekarang Anda sudah tahu proses terbentuknya bukan?. Hidup berkelompok sangatlah masuk akal lantaran satu sama lain saling membutuhkan. Perbedaan yang terjadi nyatanya bisa disatukan kalau mempunyai pandangan dan kepentingan yang serupa.


Hasil Pencarian:

kelompok sosial,Kelompok Sosial Masyarakat,apa itu kelompok formal dan beserta contohnya,Apa pengertian dri kelompok sosial,Kelompok asosiasi Pengertian dan ciri2,kelompok sosial di indonesia,kliping mengenai kelompok sosial,pengertian jelompok sosial besert,sifat dan jenis kelompok


Sumber aciknadzirah.blogspot.com