Tuesday, September 11, 2018

√ Manajemen Keuangan Desa Berbasis Excel



Excel-id.com | Administrasi Keuangan Desa Berbasis Excel ternyata tidak kalah ahli dengan aplikasi berbasis lainnya. Kenapa masih banyak aplikasi atau manajemen manajemen memakai Microsoft Excel sebagai pengolahan datanya? Yaps. Excel sudah tidak absurd lagi bagi kita selain interface yang gampang rumusnya pun masih bisa kita pelajari walaupun perlahan namun niscaya bisa.

Ada 4 jenis manajemen desa secara umum yang harus diketahui dan dipahami oleh perangkat desa dan ke-4 jenis tersebut tentunya pegawanegeri desa ataupun pengelola manajemen harus menguasainya. Berikut ke-4 manajemen desa yang dimaksud.
  1. Administrasi Desa yaitu keseluruhan proses acara penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dengan memanfaatkan kemampuan Aparat Desa serta segala sumber yang ada untuk mencapai tujuan yang ditetapkan yaitu terwujudnya peningkatan partisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan serta penyelenggaraan manajemen yang makin meluas dan efektif.
  2. Administrasi Umum yaitu acara pencatatan data dan info mengenai acara Pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum di Desa .
  3. Administrasi Penduduk yaitu acara pencatatan data dan info mengenai penduduk pada Buku Administrasi Penduduk di Desa.
  4. Administrasi Keuangan yaitu acara pencatatan data dan info mengenai pengelolaan Keuangan Desa pada Buku Adminitrasi Keuangan di Desa .
Untuk model manajemen desa tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ini merupakan standar penulisan sesuai format yang telah ditentukan.

Baca:
Model dan Contoh Buku Administrasi Desa
  1. BUKU ADMINISTRASI UMUM
    a.Model A.1    :  Buku Data Peraturan Desa
    b.Model A.2   :  Buku Data Keputusan Kepala Desa
    c.Model A.3    :  Buku Data Inventaris Desa
    d.Model A.4   :  Buku Data Aparat Pemerintah Desa
    e.Model A.5    :  Buku Data Tanah Milik Desa/Tanah Kas Desa
    f.Model A.6    :  Buku Data Tanah Desa
    g.Model A.7   :  Buku Agenda
    h.Model A.8   :  Buku Ekspedisi
  2. BUKU ADMINISTRASI PENDUDUK
    a.Model B.1    :  Buku Data Induk Penduduk
    b.Model B.2    :  Buku Data Mutasi Penduduk
    c.Model B.3    :  Buku Data Rekapitulasi Jumlah Penduduk Akhir Bulan
    d.Model B.4    :  Buku Data Penduduk Sementara
  3. BUKU ADMINISTRASI KEUANGAN DESA
    a.Model C.1.a :  Buku Anggaran Penerimaan
    b.Model C.1.b :  Buku Anggaran Pengeluaran Rutin
    c.Model C.1.c :  Buku Anggaran Pengeluaran Pembangunan
    d.Model C.2   :  Buku Kas Umum
    e.Model C.3.a :  Buku Kas Pembantu Penerimaan
    f. Model C.3.b :  Buku Kas Pembantu Pengeluaran Rutin
    g.Model C.3.c :  Buku Kas Pembantu Pengeluaran Pembangunan
  4. BUKU ADMINISTRASI Pembangunan
    a.Model D.1.  :  Buku Rencana Pembangunan
    b.Model D.2.  :  Buku Kegiatan Pembangunan
    c.Model D.3    :  Buku Inventaris Proyek
    d.Model D.4   :  Buku Kader-Kader Pembangunan
  5. BUKU ADMINISTRASI Badan permusyawaratan desa
    a.Model E.1.   :  Buku Data Anggota BPD
    b.Model E.2.   :  Buku Data Keputusan BPD
    c.Model E.3    :  Buku Data Kegiatan BPD
    d.Model E.4.a :  Buku Agenda BPD
    e.Model E.4.b :  Buku Ekspedisi BPD
  6. BUKU ADMINISTRASI lainnya
    a.Model F.1    :  Buku Data Pengurus Dan Anggota Lembaga Kemasyarakatan
    b.Model F.2    :  Buku Register
    c.Model F.3    :  Buku Profil Desa
6 model manajemen desa tersebut harus dimiliki oleh setiap desa dan untuk memudahkan tentunya sudah ada format dari masing-masing buku manajemen diatas, Saya dalam hal ini tidak akan membahas bagaimana membuat manajemen yang lain sebab akan saya garis bawahi mengenai manajemen keuangan. Keuangan memang terang sangat berakibat fatal sebab jikalau salah mengetik yang menjadikan adanya kurang angka atau digit nol saja akan sangat menghipnotis terhadap akumulasi RAPBDes.

Silakan simak
Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa

Jumlah dana yang dikucurkan ke desa dari pemerintah melalui APBN dan APBD bukanlah jumlah yang sedikit namun sudah ratusan juta rupiah bahkan beberapa desa sudah mencapai lebih dari 1 m (miliar). Tentunya apabila pegawanegeri desa tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi hal ini akan mempersulit bagi kemajuan desa dalam hal pembangunan baik infrastruktur maupun ekonomi.

Penggunaan manajemen keuangan dalam menamajamen desa memakai Excel sangatlah sederhana namun yang paling sulit yaitu bagaimana mengatur sebuah sistem aplikasi berbasis Excel untuk kebutuhan pengelolaan keuangan di desa. Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi desa ibarat yang sudah pernah saya buat dalam membuat aplikasi-aplikasi berbasis VBA. ya dengan VBA Anda bisa memanfaatkan kelebihan dari fitur excel.

Contoh Anda bisa melihat Buku Administrasi Pembantu Kegiatan Desa buku tersebut juga memakai Excel sebab dengan excel akan memudahkan perhitungan angka. RAPBS juga memakai Ms. Excel tentu saja sebab rencana anggaran biaya juga merupakan rincian angka.

Kesimpulan :
Dengan memakai Ms. Excel dan memanfaatkan fitur excel yang belum diketahui oleh kita (bisa dikembangkan) tentu berbagai hal yang belum kita pahami. Semoga dengan Anda menguasai Excel bisa membantu dalam memanajemen keuangan di desa.

Selamat Bekerja. Salam Exceler....
Sumber http://www.excel-id.com/