Tuesday, September 11, 2018

√ Pola Penggunaan Rumus Index Dan Match

Bagaimana cara memakai rumus INDEX dan MATCH. Jika Anda mengetahuinya rumus adonan antaa INDEX dan MATCH ini merupakan pengganti dari rumus VLOOKUP, sedangkan rumus VLOOKUP sendiri sudah banyak dipakai dan saya kira ini cukup gampang dalam penggunaanya saya tidak akan bahas mengenai rumus VLOOKUP silakan pelajari di blog excel ini sudah pernah saya posting kok.

Rumus INDEX ini bahwasanya sanggup dilakukan tanpa menggabungkannya dengan fungsi MATCH dan untuk penulisan rumus index silakan perhatikan syntaxnya dibawah ini :


Syntax :

INDEX(array, row_num, [column_num])
Sedangkan untuk syntax adonan INDEX dan MATCH adalah
=INDEX (column to return a value from, (MATCH (lookup value, column to lookup against, 0))

Berikut teladan penggunaan rumus INDEX dan MATCH



Dari teladan tabel diatas kita akan mengambil type motor dengan cara mengindex instruksi dari tabel motor dibawahnya. maka kita gunakan rumus di cell E2

=INDEX($A$13:$D$21;MATCH(D2;$A$13:$A$21;0);2)

Kenapa saya gunakan tanda $, alasannya yaitu nantinya rumus tersebut akan ditarik kebawah supaya tidak ada kesalahan hasilnya. Jika penulisan rumus diatas benar maka akan menghasilkan "Jupiter" alasannya yaitu instruksi "JU" yaitu jenis motor Jupiter.

Silakan tarik rumus tersebut ke bawah untuk menghasilkan beberapa jenis motor yang sesuai dengan instruksi motor dari tabel dibawahnya sehingga terlihat ibarat gambar diatas. Sedangkan untuk mencari DP kita akan mengindex kembali dari tabel jenis motor untuk instruksi "JU" maka kita harus mengetikkan rumus di cell F2

=INDEX($A$13:$D$21;MATCH(D2;$A$13:$A$21;0);3)

Perhatikan rumus yang pertama dan yang kedua diatas, ada perbedaan yaitu untuk angka yang terakhir dimana rumus pertama yaitu angka "2" sedangkan rumus yang ke dua yaitu "3" hal tersebut alasannya yaitu kita akan memanggil kolom ke-3 dari tabel jenis motor yaitu kolom DP. Jika saya enter kesannya yaitu "1.750.000" alasannya yaitu untuk DP jenis motor "JU" terindek harga DP sesuai dengan tabel dibawahnya.

Lalu bagaimana bila kita akan mencari untuk besarnya angsuran? Anda tinggal ganti dan perhatikan kolom untuk angsuran yaitu kolom ke-4 maka silakan tuliskan rumus yang sama dengan diatas namun untuk angka di belakangnya diganti menjadi 4 sehingga akan diperoleh rumus ibarat dibawah ini :

=INDEX($A$13:$D$21;MATCH(D2;$A$13:$A$21;0);4)

Silakan tekan enter dan lihat kesannya yang benar yaitu 608.000. Silahkan tarik rumus tersebut ke bawah sehingga diperoleh hasil ibarat tabel berikut ini


Gimana sudah benar? Demikian Contoh Penggunaan Rumus INDEX dan MATCH agar bermanfaat dan sanggup diaplikasikan dengan duduk perkara yang berbeda untuk rumus diatas.

Bagaimana penggabungan rumus VLOOKUP dengan INDEX?

Baca juga :
Contoh Rumus INDEX(MATCH cara lain


Sumber http://www.excel-id.com/