Friday, September 14, 2018

√ Teladan Soal Uraian Ppg Sd/Mi

Assalamu alaikum, salam sukses untuk rekan calon penerima PPG 2019 - kali ini kami ingin bagikan Contoh Soal Uraian PPG SD/MI, sanggup dijadikan sebagai materi referensi  persiapan menghadapi PPG Dalam Jabatan, berikut ini kami bagikan Contoh Soal Uraian PPG SD/MI dengan 3 nomor per soal, adapun untuk versi lengkapnya bisa diunduh filenya pada link doc. yang sudah disediakan. 


 salam sukses untuk rekan calon penerima PPG  √ Contoh Soal Uraian PPG  SD/MI

Contoh Soal Uraian PPG Pedagogik SD/MI

Unduh Doc
1. Potensi penerima didik yaitu pengalaman mengamati banyak sekali bentuk berdiri datar dan ruang. Kemukakan kemampuan awal apa yang sanggup digali dari penerima didik? Diagnosislah kesulitan penerima didik dalam pembelajaran matematika perihal sifat-sifat berdiri datar.

2. Hasil diagnosis dalam pembelajaran IPA yaitu  penerima didik mengalami kesulitan dalam memilih jatuhnya benda yang mempunyai massa yang berbeda. Kemukakan kemampuan awal penerima didik yang sanggup digali dan potensi yang dimiliki penerima didik berkaitan dengan konsep tersebut.

3. Dalam pembelajaran IPS perihal keanekaragaman budaya, maka kemampuan awal penerima didik apa saja yang harus digali oleh guru. Kemukakan kesulitan yang kemungkinan dihadapi oleh penerima didik perihal konsep tersebut.


Contoh Soal Uraian PPG Bahasa Indonesia SD/MI

Unduh Doc 
1. Mengkategorikan berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa.

Kasus:
Bacalah teks berikut!
Bu Siti meminta setiap siswa menceritakan gambar seri yang dipajangnya di depan kelas. Berdasarkan kiprah tersebut, sebagian besar siswa kurang lancar dan kurang percaya diri dalam menceritakan gambar. Dengan demikian, tujuan pembelajaran yang dirumuskan Bu Siti belum sanggup tercapai dengan baik. Berdasarkan kenyataan itu, Bu Siti harus membuat proses pembelajaran yang sanggup membantu permasalahan yang dihadapi sebagian besar siswanya.

Perintah:
a. Analisislah permasalahan yang dihadapi siswa pada masalah di atas sehingga mereka kurang lancar dan kurang percaya diri dalam menceritakan gambar!
b. Tentukan pula proses pembelajaran yang efektif yang sanggup dilakukan Bu Siti dalam membantu permasalahan sebagian besar siswanya!

2. Menegaskan keterampilan membaca di kelas rendah dan kelas tinggi dan menyimpulkan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus.
Kasus:
Bacalah teks berikut!
Beni yaitu siswa kelas V SD (SD). Ia ditugaskan membaca teks yang ada di buku siswa. Beni membaca teks dengan bunyi keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks, Beni diminta menjawab soal-soal yang berafiliasi dengan isi teks. Hasil analisis balasan Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan. Dengan demikian, sanggup disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks.

Perintah:
a. Analisislah kesalahan Beni dalam membaca teks ibarat masalah di atas sehingga ia mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi bacaan!
b. Kemukakan pula teknik membaca yang sempurna yang harus dilakukan Beni biar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!

3. Mengkategorikan menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa.
Kasus:
Bacalah teks berikut!
Pak Udin mengajar di kelas V SD. Pada suatu ketika, pak Udin mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan topik bercerita fiksi (dongeng) perihal anak durhaka. Materi tersebut disampaikan dengan teknik bercerita diselingi tanya jawab perihal anak durhaka yang tidak mengakui ibu kandungnya sendiri. Selama proses pembelajaran berlangsung, pak Udin melihat beberapa siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran, mereka terlihat bercanda dengan mitra sebelahnya. Namun, pak Udin kurang peduli terhadap anak yang kurang perhatian tersebut.Setelah kegiatan mencar ilmu berlangsung sekitar 40 menit, pak Udin mengakhiri ceritanya dan memperlihatkan pertanyaan tertulis kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang diceritakan tadi. Pada dikala mengerjakan kiprah tersebut, beberapa siswa terlihat saling bertanya perihal balasan dari pertanyaan yang diajukan. Pak Udin sendiri kurang peduli terhadap apa yang dilakukan siswa ketika menjawab pertanyaan. Pada dikala pelajaran selesai, pak Udin eksklusif memerintahkan kepada siswa untuk segera mengumpulkan pekerjaannya.

Perintah:
Cara mengajar pak Udin di atas kurang tepat. Sebutkan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan oleh pak Udin biar proses pembelajaran berjalan secara efektif!



Contoh Soal Uraian PPG Matematika SD/MI

Unduh Doc
1. Volume tabung yaitu luas bantalan x tinggi, dengan bantalan berbentuk lingkaran. Jika sebuah kerucut dengan bantalan dan tinggi yang sama dengan tabung tersebut, bagaimana menemukan korelasi antara volume tabung dengan volume kerucut? 

2. Suatu SD di kota mempunyai 4 kelas VI paralalel. Berdasarkan hasil Ujian Sekolah Berstandar Daerah (USBD) diperoleh data sebagai berikut:
Kelas A terdiri dari 30 siswa, rata-rata nila matematikanya yaitu 6,5.
Kelas B terdiri dari 28 siswa, rata-rata nila matematikanya yaitu 7,0.
Kelas C terdiri dari 32 siswa, rata-rata nila matematikanya yaitu 6,6.
Kelas D terdiri dari N siswa, rata-rata nila matematikanya yaitu 7,4.
Jika rata-rata nilai matematika adonan keempat kelas tersebut yaitu 6,82, 
tentuan banyaknya siswa Kelas D tersebut!

3. Nilai ulangan matematika sekelompok siswa yang berjumlah 45 anak dinyatakan sebagai berikut. Siswa yang mendapat nilai 6 sebanyak 5 anak, siswa yang mendapat nilai 7 sebanyak 12 anak, siswa yang mendapat nilai 8 sebanyak 10 anak, siswa yang mendapat nilai 9 sebanyak 5 anak dan siswa yang mendapat nilai 10 sebanyak 13 anak. Tentukan median dan modus data nilai ulangan matematika sekelompok siswa tersebut!



Contoh Soal Uraian PPG IPA SD/MI

Unduh Doc
1. Kebutuhan listrik pada suatu sekolah sebagai berikut: memakai 12 buah lampu 25 watt,  1 buah TV 100 watt di Ruang Kepala Sekolah, dan 2 kipas angin 50 watt di Ruang Guru, serta 1 buah dispenser 40 watt. Setiap harinya peralatan tersebut dipakai selama 8 jam.  Jika harga listrik Rp1.000,00/kWh, tentukan biaya listrik yang harus dibayar sekolah tersebut setiap bulan dengan jumlah hari efektif 26 hari?

2. Letakkan sebuah koin  ke dalam cangkir yang tidak tembus cahaya. Mundurlah pelan-pelan hingga koin yang terletak di dasar cangkir tidak tampak. Mintalah teman Anda menuangkan air bertahap hingga koin yang ada di dasar cangkir tidak terlihat kembali oleh Anda. 
Buatlah lukisan jalannya sinar ke mata Anda, sehingga koin tersebut tampak oleh mata!

3. Pada suatu kegiatan perkemahan Sabtu Minggu, Ani mendapat kiprah menanak nasi memakai kayu bakar yang diambil dari pepohonan yang ada di sekitar perkemahan. Sebelumnya Ani harus menyiapkan kayu bakar dengan jalan memotong-motong dan menjemurnya supaya kering. Keesokan hariya Ani menanak nasi dengan memakai kayu bakar. Setelah semua masakan siap, seluruh anggota kelompoknya melaksanakan sarapan pagi, sehingga menjadi sumber energi untuk acara di siang hari. Analisislah perubahan materi yang terdapat pada masalah ini mulai dari awal hingga masakan menjadi energi bagi tubuh! 



Contoh Soal Uraian PPG IPS SD/MI

Unduh Doc
1. Antara Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies) dengan Ilmu-Ilmu Sosial (Social Sciences) mempunyai korelasi yang sangat erat, alasannya keduanya sama-sama mempelajari dan mengkaji korelasi timbal balik antar insan (human relationships). IPS merupakan pengetahuan terapan yang dilaksanakan dalam kegiatan instuksional di sekolah-sekolah guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran tertentu, antara lain untuk membuatkan kepekaan penerima didik didik terhadap kehidupan sosial di sekitarnya. Bagaimanakah perbedaan dan persamaan antara ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial tersebut? Jelaskan!


2. Pendidikan IPS pada satuan sekolah dasar mempunyai tujuan membina penerima didik yang mempunyai pengetahuan (kognitif), nilai dan perilaku (afektif), serta keterampilan (skill) sosial bagi siswa, biar menjadi warga negara yang baik berkhasiat bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Namun menurut kenyataan masih ada sebagian guru dalam pembelajaran IPS hanya untuk mencapai tujuan membuatkan pengetahuan saja, sehingga cita-cita pembelajaran IPS belum mencapai tujuan yang diharapkan. Bagaimanakah upaya yang perlu dilakukan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan IPS SD? Jelaskan!


3. Pada akhir-akhir ini ada fenomena problem sosial bagi kalangan pelajar antara lain menyontek pada waktu ulangan, tawuran antar pelajar, kenakalan remaja, dan kurang pekanya terhadap problem sosial lainnya. yang ditayangkan di media elektronik maupun media cetak. Hal ini menunjukan bahwa pendidikan nilai abjad bagi siswa dalam pembelajaran IPS belum optimal. Bagaimanakah upaya pendidikan IPS SD dalam menginternasilasikan nilai dan perilaku sosial dengan baik? Jelaskan!


Demikianlah isu perihal Contoh Soal Uraian PPG SD/MI jangan lupa dibagikan ke rekan yang lainnya biar lebih bermanfaat. Terima Kasih - Salam Sukses PPG 2019.

Sumber http://jalurppg.blogspot.com