Tuesday, October 23, 2018

√ Gosip Registrasi Jadwal G To G Ke Korea Test Eps-Topik Sistem Poin Tahun 2017

kira yang diucapkan CTKI Korea ketika mengetahui bahwa Test EPS √ Info Pendaftaran Program G To G Ke Korea Test EPS-Topik Sistem Poin Tahun 2017


Pendaftaran Ke Korea Test EPS-Topik Tahun 2017 – Alhamdulillaahirabbil ‘Aaalamiin. Begitu kira-kira yang diucapkan CTKI Korea ketika mengetahui bahwa Test EPS-Topik kembali digelar. Pasalnya sudah hampir dua tahun kalau Test EPS-Topik khususnya bagi CTKI Pemula tidak dilaksanakan. Biasanya Test EPS-Topik Pemula Sektor Manufaktur diselenggarakan setiap tahun satu kali. Namun lantaran ada alasan tertentu sehingga tahun 2016 kemarin Test EPS-Topik Pemula Sektor Manufaktur tidak dilaksanakan.


Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Tahun 2016 Tidak Ada Ujian EPS-Topik PBT Manufaktur


Biasanya Test EPS-Topik Pemula Sektor Manufaktur dilaksanakan pada pertengahan tahun atau setiap bulan Juni. Namun kali ini atau tahun 2017 dilaksanakan lebih awal. Direncanakan Test EPS-Topik Pemula Sektor Manufaktur akan digelar pada tanggal 1 dan 2 bulan April tahun 2017. Tentunya hal ini merupakan gosip yang menggembirakan bagi CTKI Korea.


Sebelumnya direncanakan kalau Test EPS-Topik Pemula Sektor Manufaktur akan memakai sistem Computer Based Test (CBT). Namun entah apa sebabnya, test EPS-Topik tahun 2017 akan kembali memakai sistem Paper Based Test (PBT). Mungkin pihak HRD-Korea dan BNP2TKI belum siap untuk menyelenggarakan Test EPS-Topik Sistem CBT di Indonesia. Mengingat Test CBT harus membutuhkan Personal Computer yang tidak sedikit jumlahnya.


Berikut Penjelasan Lengkap Tentang Informasi Pendaftaran Ke Korea Test EPS-Topik Tahun 2017


Perlu digarisbawahi kalau sistem EPS-Topik ketika ini mengalami perubahan dibanding dengan sistem sebelumnya. Meski ketika ini test EPS-Topik kembali dilaksanakan dengan sistem PBT, namun masih mengikuti model rekruitmen Sistem Poin.


Baca Juga : Download Penjelasan Seleksi Sistem Point Test EPS-Topik Manufaktur Dan Fishing


Dengan memakai Sistem Poin maka CTKI Korea tidak hanya terbatas pada kemampuan Bahasa Korea saja. Artinya faktor kelulusan test EPS-Topik tidak hanya ditentukan oleh test Bahasa Korea saja. CTKI Korea juga dituntut harus menuntaskan tahap test kemampuan atau keterampilan (skill test) pada bidang Manufaktur. Test EPS-Topik Sistem Poin akan dilakukan secara dua tahap, yaitu :


1. Ujian Tahap Pertama (EPS-TOPIK)


Tahap pertama yaitu test Bahasa Korea dalam bentuk ujian Membaca (Reading) dan Mendengar (Listening). Sesi membaca sebanyak 25 pertanyaan selama 40 menit dan sesi mendengar sebanyak 25 pertanyaan juga selama 30 menit.


Skor minimal kelulusan test EPS-Topik tahap pertama yaitu 40 poin serta akan dipilih dari urutan hasil ujian skor tertinggi. Maksimal skor kelulusan yaitu 100 poin, lantaran setiap soal akan diberi skor 2 poin dari total 50 soal (reading dan listening).


2. Ujian Tahap Kedua (Skill Test + Competency Test)


Jika CTKI atau akseptor EPS-Topik lulus pada ujian tahap pertama, maka diwajibkan untuk mengikuti ujian tahap kedua. Hanya akseptor yang dinyatakan lulus pada ujian tahap pertama saja yang berhak mengikuti ujian tahap kedua. Jika akseptor tidak mengikuti ujian tahap kedua akan dinyatakan tidak lulus test EPS-Topik meskipun akseptor lulus pada ujian tahap pertama.


Ujian tahap kedua atau test keterampilan (skill test) terdiri dari 3 bagian, yaitu : test Kekuatan Fisik, Wawancara, dan Kemampuan Dasar. Skor nilai pada ujian tahap kedua ini yaitu 100 poin.


Sekedar nilai tambahan pada ujian tahap kedua akan diadakan evaluasi Uji Kompetensi dokumen, yaitu : Pengalaman Kerja 1 tahun atau lebih, Sertifikat Pelatihan dengan usang pembinaan 120 jam, dan Sertifikat Kompetensi/Nasional.


Persyaratan Pendaftaran Ke Korea Test EPS-Topik PBT Sektor Manufaktur Tahun 2017


Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi CTKI yang ingin mengikuti Program G to G ke Korea melalui sistem EPS-Topik? Persyaratan pendaftaran EPS-Topik PBT Sektor Manufaktur Tahun 2017 dibagi menjadi dua kualifikasi, yaitu :


1. Kualifikasi Umum



  • Usia 18 – 39 tahun ketika mendaftar (Kelahiran antara tanggal 18 Januari 1977 – 17 Januari 1999).

  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan Sekolah Menengah kejuruan atau SMA.

  • Tidak buta warna

  • Tidak cacat jari atau amputasi

  • Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.

  • Belum pernah dieksekusi penjara atau sanksi yang lebih berat.

  • Tidak mempunyai catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah dari Republik Korea.

  • Tidak mempunyai riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.

  • Memiliki alamat email langsung yang masih aktif.

  • Memiliki nomor rekening tabungan, disarankan dengan buku tabungan BRI Simpedes TKI. Adapun keuntungannya untuk mempermudah transaksi di dalam negeri dan luar negeri, mencakup proses pendaftaran, Pre Eliminary Education, dan asuransi. Selain itu dengan setoran awal Rp. 10.000 dan tenggat waktu tabungan pasif lebih dari 180 hari.


2. Kualifikasi Khusus


Kualifikasi ini sifatnya tidak wajib, namun bagi pendaftar yang mempunyai pengalaman kerja/sertifikat pelatihan/sertifikat kompetensi akan mendapat nilai tambah kompetensi sesuai bukti dokumen yang dimiliki, dengan menyerahkan sehabis lulus Ujian Tahap Pertama Sistem Poin EPS dengan total poin 5, antara lain :



  • Pengalaman kerja 1 tahun atau lebih yang terkait dengan 26 jenis pekerjaan sektor manufaktur yang tertuang dalam SPAS, dengan nilai poin 3.

  • Sertifikat pembinaan kejuruan sektor manufaktur (salah satu atau lebih dari 26 jenis pekerjaan) dengan usang pembinaan 120 jam pembinaan atau lebih, dengan nilai poin 1.

  • Sertifikat nasional atau akta kompetensi yang dikeluarkan oleh LSP/BNSP bagan manufaktur oleh BNSP, dan atau Sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja dan atau forum yang diberikan mandat untuk itu, dengan nilai poin 1.


Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran PBT EPS-Topik Sektor Manufaktur Program G to G ke Korea Tahun 2017


Seperti yang sudah dijelaskan diatas kalau pelaksanaan test PBT EPS-Topik Sektor Manufaktur Tahun 2017 direncanakan akan digelar pada tanggal 1 dan 2 April 2017. Adapun untuk pendaftaran test PBT EPS-Topik mulai dibuka semenjak tanggal 17 kemarin sampai tanggal 22 Januari 2017. Selama ini untuk Verifikasi Data dan Kartu Ujian belum ada jadwal.


Metode pendaftaran test PBT EPS-Topik Sektor Manufaktur Tahun 2017 dilakukan melalui sistem online. Prosedur mendaftar dilakukan secara berdikari dengan mengakses website g2g.bnp2tki.go.id. CTKI bisa melaksanakan pendaftaran dimanapun asalkan mempunyai koneksi internet dan Personal Computer.


Diwajibkan CTKI Korea mempunyai alamat email aktif ketika melaksanakan pendaftaran online. Adapun persyaratan dokumen untuk melengkapi pendaftaran online yaitu sebagai berikut :



  • Scan KTP yang masih aktif.

  • Scan paspor yang masih berlaku minimal 1 tahun (jika ada).

  • Scan pasfoto terbaru berukuran 3.5 x 4.5 cm dengan latar belakang putih (terlihat dahi, telinga, diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir).

  • Scan Ijasah orisinil pendidikan terakhir.

  • Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.


Masing-masing file scan dokumen ukuran maksimal yaitu 1 MB. Hanya pendaftar yang sudah melaksanakan Pendaftaran Online yang sanggup melaksanakan pendaftaran / verifikasi dokumen sesuai lokasi yang dipilih ketika Pra Pendaftaran.


Sedangkan biaya ujian tahap pertama PBT EPS-Topik Tahun 2017 sistem poin yaitu sebesar 24 USD atau Rp 322.800,- (Tiga Ratus Dua Puluh Dua Ribu Delapan Ratus Rupiah) melalui Bank BRI. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan Kode Bayar yang tertera pada hasil cetak pembayaran Pendaftaran Online serta metode pembayaran dibagi menjadi 3, yaitu :



  • ATM BRI

  • Internet Banking BRI

  • Teller BRI (dengan menyebutkan pembayaran melalui Brinets Express)


Selanjutnya kalau telah melaksanakan pendaftaran secara online, dijadwalkan akan diadakan Verifikasi Data serta pengambilan Kartu Ujian. Untuk Verifikasi Data serta pengambilan Kartu ujian tidak bisa diwakilkan dan jadwal belum diinformasikan. Ketika melaksanakan Verifikasi Data serta pengambilan Kartu Ujian diwajibkan haris membawa :



  • Bukti cetak pra pendaftaran.

  • Bukti pembayaran biaya ujian sebesar 24 USD dengan kurs rupiah pada ketika pra pendaftaran.

  • KTP Asli dan Fotocopy berwarna (dengan resolusi 300 dpi) yang dipergunakan ketika mendaftar online untuk ditempel pada formulir pendaftaran yang diperoleh ketika verifikasi dokumen.

  • Asli dan Fotokopi berwarna Paspor (Jika ada).

  • Asli Ijasah pendidikan terakhir.

  • Foto 3.5 cm x 4.5 cmberlatar belakang putih sebanyak 6 (enam) lembar, yang dibentuk maksimal dalam 3 (tiga) bulan terakhir dan wajah terlihat jelas.

  • Dokumen orisinil mulai KTP/paspor, Ijasah Pendidikan, dan Buku Tabungan.

  • Dokumen tersebut di atas wajib dibawa untuk ditunjukkan pada ketika verifikasi berikut hasil scan (softcopy) dengan format *.JPG yang disimpan dalam flash disk.

  • Pengambilan sidik jari dan Foto.

  • Mendapatkan Kartu Ujian.



Sebagai pelengkap, silakan Anda d0wnl0ad file dibawah ini. File tersebut berisi Contoh Scan Persyaratan Dokumen Yang Benar, Petunjuk Pembayaran Dengan Menggunakan Kode Bayar, Kantor Unit Kerja BRI Yang Tidak Dapat Melayani Pembayaran Massal, Petunjuk Teknis Pra Pendaftaran Online, dan Daftar 26 Jenis Pekerjaan Sektor Manufaktur.


Download Perlengkapan EPS-Topik Tahun 2017


Informasi ini saya dapatkan dari halaman resmi BNP2TKI. Mungkin artikel perihal Infromasi Pendaftaran Ke Korea Test EPS-Topik Tahun 2017 dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada keuntungannya khusus bagi CTKI Korea yang sedang menunggu info ujian. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.



Sumber https://info-menarik.net