Sunday, November 18, 2018

√ 5 Faktor Utama Penyebab Komputer Atau Laptop Tidak Dapat Konek Internet

Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet – Memang menyebalkan disaat kita membutuhkan jaringan internet namun internet tidak sanggup konek. Pahamilah bahwa terdapat tiga kemungkinan yang sanggup menjadikan komputer tidak sanggup konek ke internet. Apa saja itu? Penyebab pertama sanggup jadi jaringan lokalnya sedang bermasalah, selain itu sanggup juga penyebab utamanya ada di jasa penyedia internet (ISP). Selain itu faktor ketiga sebagai pemicu internet tidak sanggup konek yaitu terletak di komputer atau laptop kita. Nah untuk dua penyebab duduk kasus jaringan lokal dan ISP saya tidak akan membahasnya, lantaran itu yaitu kebijakan provider tertentu. Disini saya akan membahas penyebab ketiga, yaitu sanggup jadi komputer tidak konek internet masalahnya ada di komputer itu sendiri.


Baca Juga : Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis


Dengan begitu sebaiknya Anda tidak perlu melaksanakan protes dulu terhadap ISP tertentu. Namun silakan Anda cek dulu komputer atau laptop yang digunakan. Percuma saja jikalau Anda protes terhadap suatu ISP namun nyatanya malah komputer Anda sendiri yang bermasalah.


Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet √ 5 Faktor Utama Penyebab Komputer Atau Laptop Tidak Bisa Konek Internet


Berikut 5 Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet Yang Masalahnya Ada Di PC


1. Masalah Ada Di Koneksi LAN


Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu silakan periksa koneksi LAN komputer atau laptop Anda. Anda pastikan kalau konfigurasi IP Address https://info-menarik.net/cara-merubah-ip-address-dynamic-menjadi-static/ komputer telah benar. Pastikan pada settingan Default Gateway telah benar mengaturnya. Default Gateway memiliki peranan yang sangat penting untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet, lantaran fungsi Default Gateway yaitu untuk menghubungkan ke luar jaringan LAN. Koneksi internet yang kita gunakan terkadang membutuhkan koneksi yang datangnya dari luar LAN. Oleh lantaran itu pastikan settingan pada Default Gateway ini harus Anda setting dengan benar. Biasanya kesalahan settingan pada Default Gateway ini komputer yang suka memakai pengaturan jaringan internet secara manual. Sangat berbeda jikalau Anda suka memakai DHCP, lantaran settingan Default Gateway ini akan terisi otomatis.


2. Periksa Paket Langganan Yang Digunakan


Hal sepele yang sering terlupakan termasuk saya yaitu menyelidiki paket langganan. Kita masih sanggup untuk melaksanakan dial namun ketika komputer dikoneksikan ke internet, kita sama sekali tidak sanggup membuka halaman internet dari web browser. Hal ini seperti internet belum dikoneksikan. Kasus ini sering terjadi pada pengguna internet USB Modem. Untuk itu pastikan kalau paket langganan internet Anda masih berlaku.


Baca Juga : 5 Hal Penyebab Utama Yang Dapat Menguras Kuota Internet Anda Cepat Habis


3. Salah Settingan Browser


Salah dalam mengatur halaman browser yang dipakai juga sanggup menjadikan koneksi internet bermasalah bahkan sama sekali tidak sanggup konek. Untuk itu silakan Anda cek browser yang dipakai apakah sudah memakai settingan yang benar. Terutama halaman browser ini sering salah setting pada Proxy. Jika Anda memakai koneksi internet CDMA, GSM, dan Speedy sebaiknya pada seetingan Proxy ini biarkan kosong saja. Namun jikalau Anda memakai settingan Proxy secara manual, silakan cek apakah Port dan IP Server Proxy sudah disetting dengan benar.


4. IP Address Komputer Diblokir


Alasan selanjutnya komputer tidak sanggup konek internet yaitu lantaran IP Address komputer telah diblokir oleh admin. Hal ini sanggup saja penyebabnya komputer kita mengidap virus berbahaya yang sanggup berbahaya bagi pengguna lainnya. Pastikan kalau IP komputer tidak termasuk dalam catatan black list blokir. Silakan cek dulu komputer apakah terdapat virus berbahaya atau tidak. Pastikan mengeceknya dengan memakai Anti Virus up to date.


5. Periksa Driver Modem


Bisa jadi penyebab selanjutnya yaitu driver modem Anda sebagai akar masalahnya. Untuk mengatasi hal yang satu ini, silakan Anda lakukan install ulang driver modem dengan uninstall dulu driver dan install kembali driver.


Baca Juga : Cara Terbaru Setting Internet Indosat, Telkomsel, XL, Axis, Three, Smartfren


Masih belum konek juga internetnya? Kemungkinan selanjutnya yaitu terletak di jaringan lokal atau penyedia ISP. Silakan konsultasikan dengan penyedia ISP tertentu dan semoga artikel Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet sanggup bermanfaat. Salam sukses!



Sumber https://info-menarik.net