Sunday, November 4, 2018

√ Rumus Dan Cara Menghitung Nilai Ipk (Index Prestasi Kumulatif)

Cara menghitung nilai IPK tidaklah sulit bagi mereka yang berprofesi sebagai dosen tetapi bagi Anda sebagai mahasiswa ingin mengetahui darimana nilai IPK Anda dapatkan?. IPK atau sering disebut dengan IP (Index Prestasi) merupakan alat ukur untuk mengetahui prestasi mahasiswa di bidang akademik. Besar atau tinggi nya IPK ditentukan dari nilai yang diberikan oleh setiap dosen mata kuliah dan dikumulatifkan.

Bagaimana caranya menghitung nilai IP memakai Ms. Excel?

Misalnya saya mempunyai data tabel nilai dari salah satu mahasiswa sebagai berikut :




Dari data diatas kita sanggup menghitung nilai mutu dan nilai muti tersebut diperoleh apabila nilai A maka 4 x jumlah SKS, apabila nilai B maka 3 x jumlah SKS, apabila nilai C maka 2 x jumlah SKS dan nilai D maka 1 x jumlah SKS.

Dari data diatas sanggup diperoleh rumus IF. Maka di cell E5 silakan ketikkan rumus =IF(D5="A";4;IF(D5="B";3;IF(D5="C";2;1)))*C5

Silakan tarik ke bawah hingga semua mata kuliah dan kesannya akan otomatis ibarat tabel nilai IPK diatas. Untuk mengisi nilai IPK kita gunakan rumus E15/C15 artinya 394/113 yaitu 3.49. Kaprikornus nilai IPK Anda yaitu 3.49.

Indeks prestasi kumulatif yaitu rata-rata nilai bernafsu menurut nilai karakter yang Anda dapatkan setiap semester. Setiap nilai karakter mempunyai nilai numerik dari 0-4 atau 5 poin, tergantung pada skala yang dipakai oleh institusi Anda. Sekolah juga menyidik nilai IPK ketika Anda mendaftar ke perguruan tinggi atau kelulusan

Apa yang dimaksud dengan SKS?

Satuan kredit semester selanjutnya disingkat sks, yaitu dosis penghargaan terhadap pengalaman berguru yang diperoleh selama satu semester, baik melalui aktivitas perkuliahan terjadwal, praktikum, kerja lapangan ataupun kerja mandiri.

Biasanya setiap perguruan tinggi memilih syarat-syarat kelulusan untuk meluluskan mahasiswa binaanya dan ini tentunya setiap perguruan tinggi akan berbeda cara memilih kelulusan tersebut namun tetap harus mengikuti mekanisme peraturan yang berlaku di negara kita.

Demikian, agar bermanfaat dan kini Anda mengetahui bagaimana cara menghitung nilai IPK (Index Prestasi Kumulatif).

Selamat Belajar.
Sumber http://www.excel-id.com/