Wednesday, December 12, 2018

√ Tahukah Anda Jikalau Kalkulator Berimbas Kasatmata Saat Dipakai Di Pembelajaran Sd?

Saya pernah memanfaatkan kalkulator dalam acara pembelajaran. Saya memakai kalkulator dalam pembelajaran untuk pertanda hitungan hasil perkalian yang dilakukan siswa. Awalnya siswa menghitung secara manual gres kemudian dibuktikan secara berdikari di kalkulatornya masing-masing.

Ada sisi nyata penggunaan kalkulator dalam pembelajaran matematika. Kalkulator menjadi media yang sempurna ketika siswa ingin pertanda hasil perhitungannya. Sehingga siswa mengetahui cara mencar ilmu secara mandiri. Kalkulator pun menjadi media yang sempurna untuk menambah keyakinan diri siswa dalam berhitung.

Sisi negatif kalkulator hanya ditemukan ketika kalkulator dipakai ketika tidak diizinkan oleh guru. Misalnya ketika ujian atau ulangan. Bila kalkulator tetap nekat dipakai oleh siswa ketika ujian maka akan terbentur pada berkurangnya nilai-nilai kejujuran yang ada dalam diri siswa.
Kalkulator sesuai dipakai dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Kalkulator sanggup melatih siswa untuk mencar ilmu berdikari dan pertanda penghitungan. Disini kalkulator berfungsi sebagai pembukti dan sarana mencar ilmu ilmiah. Kalkulator menjadi media yang manis ketika guru membuatkan pembelajaran dengan pendekatan Technological, Pedagogical, Content and Knowledge (TPACK).

Kalkulator sanggup dipakai untuk pertanda hasil hitungan siswa secara mandiri. Contohnya ketika siswa mencar ilmu bahan bilangan kuadrat. Siswa diminta menghitung secara manual. Siswa sesudah menemukan jawaban, kemudian diminta untuk memakai kalkulator. Fungsi kalkulator disini sebagai alat konfirmasi apakah tanggapan yang diperoleh melalui penghitungan manual sudah betul.

Saya merekomendasikan penggunaan kalkulator alasannya yakni sanggup melatih siswa berpikir logis dan sistematis. Logis dalam arti masuk akal. Sistematis berarti berlatih berpikir selangkah demi selangkah. Penggunaan kalkulator yang dipadukan dalam pembelajaran terbukti sanggup meningkatkan kemampuan berpikir logis dan sistematis. Positifnya lagi, kalkulator menjadi media yang sempurna dalam pelibatan teknologi di proses pembelajaran (Pendekatan TPACK).

Inspirasi ketika mengikuti Workshop on Utilizing Scientific Calculators in Primary School Mathematics Classroom di SEAMEO QITEP in Mathematics pada 15-18 Juli 2019

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com