Analisis materi latih (foto: pexels(dot)com) |
Mahasiswa PPG Dalam Jabatan harus bisa menganalisis materi dan materi ajar. Materi dan materi latih perlu dianalisis di awal semester atau di awal tahun pembelajaran. Karena analisis materi dan materi latih menjadi salah satu proses perencanaan yang memilih keberhasilan pembelajaran di suatu semester atau tahun pelajaran. Sehingga apabila materi dan materi latih sudah ditentukan semenjak awal semester atau tahun anutan maka guru tinggal melakukan atau mencari materi dan materi latih yang sesuai dengan pembelajaran yang telah direncanakan.
Materi merupakan kriteria mengenai ruang lingkup pada tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan atau kompetensi dasar pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Bahan latih ialah materi atau alat yang disusun secara sistematis dikemas menarik sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang dipakai guru dan akseptor didik dalam proses pembelajaran.
Bahan latih sanggup berupa media cetak ataupun elektronik yang tujuannya untuk membuat lingkungan atau situasi yang memungkinkan siswa untuk belajar. Pada pada dasarnya materi latih harus berisi informasi alat atau teks yang dibutuhkan guru untuk perencanaan dan implementasi pembelajaran sehingga materi latih sanggup membantu guru dalam melakukan acara mencar ilmu dan mengajar di kelas.
Prinsip pengembangan materi dan materi ajar:
1. keselarasan atau alignment
2. gampang dipelajari
3. gampang diajarkan
4. terukur
5. untuk dipelajari
6. memudahkan
7. menyamakan pemahaman
Bahan latih mempunyai macam dan bentuknya. Contoh yang sering dijumpai berupa buku pelajaran, modul, handout, lembar kerja siswa, materi latih audio, film, artikel perkara atau masalah, materi latih interaktif, foto, gambar, artikel koran, bacaan dan sebagainya.
Analisis materi dan materi latih dituangkan dalam kolom tabel yang terdiri dari kolom pembelajaran ke, mata pelajaran, KD, indikator, materi, dan materi ajar.
Ada kiat khusus dalam pembuatan analisis materi dan materi ajar, yaitu:
1. Guru harus mempunyai penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran
2. Materi dan materi latih sanggup dilihat pada tujuan pembelajaran
Materi biasanya terdapat pada unsur behaviour diatur pada tujuan pembelajaran
Sedangkan materi latih sanggup dilihat pada aspek condition pada tujuan pembelajaran
3. Materi dan materi latih yang sudah diturunkan dari tujuan pembelajaran kemudian dispesifikan ke dalam bentuk yang khusus. Contoh pada tujuan pembelajaran tertulis "melalui membaca teks siswa sanggup ...". Teks ini sanggup dispesifikan dengan judul teks yang dimaksud. Inilah analisis media dan materi ajar.
Yogyakarta, 9 Oktober 2018
Sumber http://rahmahuda.blogspot.com