Saturday, April 20, 2019

√ Aplikasi Data & Profil Siswa Pake Excel

Berikut ini aku tampilkan screenshoot dari Aplikasi data dan profil siswa ini gotong royong sudah aku bahas pada blog ilmu excel, namun aku akan coba memperlihatkan uraian dan cara menciptakan aplikasi data dan profil siswa ini tanpa memakai macro atau VBA.

Aplikasi ini aku berinama Aplikasi Data Siswa Ver.02 sebab pada aplikasi Ver.01 tidak aku sertakan database siswa secara lengkap. Saya yakin dan sehabis diuji browsing di mbah google aneka macam yang posting aplikasi yang sudah aku buat tersebut. Aplikasi ini sengaja aku gratiskan disertai dengan cara membuatnya. Aplikasi ini tidak jauh berbeda pada aplikasi excel yang pernah aku bahas pada blog terdahulu. Ok untuk lebih jelasnya lagi lihatlah screen shoot dari aplikasinya



Dari tampilan aplikasi diatas sangat sederhana sekali hanya dengan memasukan NIS maka akan terlihat nama dan profil siswa secara otomatis dan ini terjadi lantaran data yang diambil yaitu database siswa yang telah dimasukan tersebut.

Bagaimana cara menciptakan Aplikasi Data dan Profil Siswa ini ?

Aplikasi ini terdiri dari 3 buah sheet yang pertama yaitu Sheet Aplikasi, yang kedua yaitu Sheet DB, dan yang ketiga yaitu Sheet DATA. Untuk membuatnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buatlah desain pada Sheet 1 ibarat gambar berikut ini lalu beri nama pada sheet1 dengan cara merename menjadi "Aplikasi"
  2. Langkah berikutnya silakan klik pada Sheet 2 dan buat tabel database siswa yang terdiri dari NIS, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Orangtua, dan Alamat. Kira-kira ibarat terlihat pada gambar berikut ini lalu rename nama sheet menjadi "DB" untuk mengganti nama sheet silakan lihat pada artikel Cara mengganti nama sheet.
  3. Pada sheet 3 buatlah data sekolah untuk memasukan nama sekolah kira-kira ibarat gambar berikut
  4. Langkah berikutnya yaitu menciptakan 3 buah tombol dengan memakai Shapes yang terdiri dari tombol Aplikasi, tombol, Database, dan tombol Data Utama. Ketiga tombol tersebut dibuatkan link yang mengarah kepada masing-masing sheet. Untuk cara menciptakan link di Excel silakan lihat di artikel aku yang lain.
  5. Langkah berikutnya yaitu menciptakan rumus pada sheet aplikasi supaya nama siswa otomatis muncul sesuai dengan database siswa yang dibentuk pada cell E5 dengan memakai formula =IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$B$310,2,FALSE))
  6. Langkah ke-6 yaitu menciptakan rumus untuk menampilkan profil siswa secara otomatis saat memasukan NIS. Untuk menciptakan hal tersbut tulislah tumus di cell E6 dengan formula =IF(ISBLANK(E4),"",E5&" yaitu siswa "&DATA!A3&" kawasan lahir di "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,4,FALSE)&" tanggal "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,5,FALSE)&", jenis kelamin "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,3,FALSE)&", anak dari "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,6,FALSE)&" bertempat tinggal di "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,7,FALSE)))))))
  7. Langkah terakhir simpailah hasil pekerjaan Anda jangan hingga keburu mati lampu, nanti harus diulang lagi...
Oke, cukup sekian bagaimana cara menciptakan aplikasi data dan profil siswa memakai Excel tanpa Macro. Semoga Anda dapat dan mengerti apa yang aku uraikan diatas. Atau jikalau Anda tidak paham dengan tutorial diatas silakan d0wnl0ad File Excel dari aplikasi data siswa yang sudah aku buat ini

DOWNLOAD APLIKASI

atau dapat d0wnl0ad pada link ini
APLIKASI_DATA_PROFIL_SISWA_V.02.xls

Jika Anda bermasalah, silakan koment di bawah yah... semoga bermanfaat. Jangan lupa silakan lihat juga aplikasi Kasir Model Excel dan Aplikasi Data Base Siswa 



UPDATE :
Link Download Aplikasi Data dan Profil Siswa sudah diperbaiki

Untuk Input Database siswa dapat dilihat : Form input data siswa berbasis Excel

Sumber http://www.excel-id.com/