Monday, May 6, 2019

√ Penggunaan Rumus And, Or, Not Pada Excel



Rumus Excel AND, OR, NOT dipakai untuk mencari kondisi dengan hasil BENAR / SALAH. Rumus excel ini dapat juga digabungkan dengan rumus-rumus excel yang lain contohnya IF, penggabungan rumus AND dengan if bentuk formulanya ialah =IF(AND(


Baiklah semoga lebih jelasnya silakan baca artikel di bawah ini


FUNGSI FORMULA AND


Rumus Fungsi AND dipakai untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan kalau kondisi semua pernyataan bernililai TRUE.

= AND(logical1,logical2, ...)

Logical yang ingin dibandingkan dapat hingga 255.

Contoh
  • =AND(TRUE, TRUE) mempunyai arti semua pernyataan benar malka nilainya TRUE
  • =AND(TRUE, FALSE) mempunyai arti satu pernyataan salah maka nilainya FALSE
  • =AND(2+2=4, 2+3=5) kalau pernyataan rumus diatas semua pernyataan benar maka nilainya TRUE
FUNGSI FORMULA OR

Rumus Fungsi OR akan dipakai untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan kalau salah satu pernyataan bernilai benar. Bentuk penulisan dari rumus tersebut adalah
= OR(logical1,logical2,...)

Logical yang ingin dibandingkan dapat mencapai 255.

Contoh pengunaan rumus OR pada excel:
  • =OR(TRUE) artinya satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
  • =OR(3+3=3,4+4=7) artinya kedua pernyataan salah maka nilainya FALSE
  • =OR(TRUE,FALSE,TRUE) artinya salah satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
FUNGSI FORMULA NOT

Rumus Fungsi NOT dipakai untuk memperlihatkan nilai TRUE kalau pernyataan yang ditulis bernilai FALSE (salah) atau sebaliknya.

=NOT(logical)

Contoh penulisan rumus NOT:
=NOT(FALSE) sebab pernyatan bernilai salah maka nilainya menjadi TRUE
=NOT(1+1=2) sebab pernyataan bernilai benar maka nilainya menjadi FALSE

Sumber http://www.excel-id.com/