Wednesday, March 13, 2019

√ Penyusunan Indikator Dan Tujuan Pembelajaran

Membuat indikator dan tujuan pembelajaran (foto ilustrasi: pexels(dot)com
Tugas lokakarya yang kedua yaitu penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran. Indikator dan tujuan pembelajaran menjadi hal yang penting bagi seorang guru. Kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain sehingga dalam pembuatannya dilarang saling bertentangan sebab biasanya dalam tujuan pembelajaran memuat indikator pembelajaran.

Indikator
Sekilas teori perihal indikator. Indikator yaitu sikap yang sanggup diukur atau diamati untuk menawarkan ketercapaian kompetensi dasar yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran. Indikator berfungsi untuk membuatkan materi latih dan materi pembelajaran; mendesain acara pembelajaran; merancang dan melakukan evaluasi hasil belajar.

Ada ketentuan dalam merumuskan indikator. Pertama, indikator dirumuskan dari KD. Kedua, memakai kata kerja operasional yang sanggup diukur. Ketiga, dirumuskan dalam kalimat yang mudah terang dan gampang dipahami. Empat, tidak memakai kata yang bermakna ganda. Lima, hanya memakai satu tindakan.


Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yaitu sikap hasil berguru yang diperlukan terjadi dimiliki atau dikuasai oleh penerima didik sehabis mengikuti acara mengajar. Tujuan pembelajaran harus mengandung empat unsur pokok yang biasa disebut ABCD.

Agar lebih jelas, kita analisis tujuan pembelajaran berikut, sehabis berdiskusi, siswa sanggup menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari minimal tiga hukum yang tepat.
- Audience (peserta didik/ pembelajar),
contoh siswa kelas 1
- Behavior (perilaku yang diharapkan)
Contoh menyebutkan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
-Condition (kondisi atau cara yang dipakai untuk mencapai tujuan)
Contohnya sehabis diskusi bersama
-Degree (tentang ukuran pencapaian).
Misalnya, minimal tiga hukum yang tepat

Apabila ingin menciptakan indikator dan tujuan pembelajaran ini sendiri, maka yang harus dipersiapkan oleh guru adalah:
1. kata kerja operasional sesuai dengan Taksonomi Bloom.
2. Memiliki analisis KI/ KD dan pemetaan kompetensi dasar

Namun, kalau tidak ingin menciptakan sendiri maka indikator dan tujuan pembelajaran ini sanggup dilihat di buku guru Kurikulum 2013. Indikator ditemukan dalam tabel acara pembelajaran yang biasanya ada di lembar kedua subtema sehabis pemetaan kompetensi dasar. Sedangkantujuan sanggup dilihat pada setiap tujuan pembelajaran yang tertulis di buku guru potongan awal pembelajaran

Analisis indikator dan tujuan pembelajaran ini dituangkan ke dalam format tabel yang terdiri dari kolom: pembelajaran ke, muatan pelajaran, kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran.

8 Oktober 2018

Sumber http://rahmahuda.blogspot.com