Thursday, December 28, 2017

√ Cara Menghitung Harga Paket Tour Semoga Tak Merugi


Pada bisnis tour travel, harga produk merupakan aspek penting yang harus disusun dengan pertimbangan matang. Harga yang terlalu tinggi akan menciptakan produk sulit bersaing di pasar bebas, sedangkan harga yang terlalu rendah berpotensi menjadikan kerugian bisnis. Harga produk yang baik harus diperhitungkan dengan sempurna biar bisa bersaing di pasar namun tetap memperlihatkan profit.





Penyusunan harga produk tour didasarkan atas seluruh komponen biaya peyusunan paket wisata. Oleh alasannya itu biaya komponen yang diperkirakan akan dikeluarkan sangat mempengaruhi dan memilih penyusunan harga produk tour. Cara penyusunan harga produk tour ini sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu,





  • Menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan, baik biaya pribadi maupun tak langsung.
  • Hanya menghitung biaya pribadi saja (meminimalisir biaya tak langsung). Perhitungan jenis ini tidak akurat tapi mendekatkan kepada tujuan penyusunan harga dan tidak berorientasi pada profit.




Harga dari produk yang berbentuk paket wisata terdiri atas harga paket dan harga satuan. Harga paket yaitu total yang harus dibayarkan oleh rombongan, sedangkan harga satuan yaitu biaya yang ditanggung oleh setiap wisatawan. Prosedur memilih perhitungan penyusunan harga paket wisata yang sanggup mencapai pendekatan untuk memilih harga per orang yaitu sebagai berikut.





  1. Mengiventarisasi seluruh komponen biaya penyusunan paket yang sanggup terdeteksi (terhitung).
  2. Menyusun harga berdasarkan perhitungan, tidak berdasarkan perasaan atau kira-kira.
  3. Mengambil budi memakai serving cost dan stand by cost, untuk mencegah dampak kalau terjadi perubahan terhadap harga yang telah disusun.
  4. Dari awal perhitungan telah mencari biaya yang menyatakan biaya per pax, gres dilakukan penjumlahan untuk mencari jumlah biaya per orang.
  5. Menjumlahkan seluruh biaya untuk sejumlah pax, gres melaksanakan pembagian dengan jumlah pax yang diperhitungkan.
  6. Pada jumlah biaya per orang yang diperoleh ditambhakan dengan perhitungan (a) sur charge, mark up, atau margin atas laba yang diharapkan, besar kecilnya diadaptasi dengan budi dari setiap perusahaan; (b) harga jual kalau memakan jasa distribusi harus ditambah dengan persentase komisi yang akan diberikan kepada distributor; (c) kalau diharapkan dalam harga jual sudah termasuk dalam perhitungan kondisi harga, contohnya complimentary.
  7. Menghitung harga paket wisata yang dinyatakan dalam mata uang tertentu. Umumnya di Indonesia memakai US$.
  8. Menghitung harga dengan cara/metode Cost ditambah Pricing.




Setelah harga tersusun selanjutnya yaitu memasarkan produk. Di masa digital menyerupai kini sangat penting untuk melaksanakan pemasaran secara online, salah satunya dengan bergabung Phinemo Marketplace. Syarat yang sederhana dan gratis akan menciptakan produk sanggup dilihat oleh seluruh pembaca Phinemo.com di Indonesia.



Sumber https://phinemo.com