Definisi konseptual : Komunikasi ialah proses penyampaian dan penerimaan gosip dari pihak penyelenggara pelayanan sertifikat kelahiran kepada pihak peserta layanan dan sebaliknya yang terungkap dari personal skills and attitudes, interpersonal skills, dan oral and written communication.
Dari definisi konseptual ini diperoleh 3 dimensi : Dimensi personal skills and attitudes, Dimensi interpersonal skills, dan Dimensi oral and written communication. Ketiga dimensi dioperasionalkan menjadi 15 indikator.
Dimensi personal skills and attitudes mencakup (1) keahlian berkomunikasi petugas dalam menyiapkan gosip pelayanan; (2) kepandaian berkomunikasi petugas dalam menyampai-kan gosip pelayanan; (3) ketrampilan berkomunikasi petugas dalam memproses gosip yang disampaikan oleh peserta layanan; (4) perilaku petugas dalam memberikan gosip kepada peserta layanan, dan (5) perilaku petugas dalam mendapatkan gosip dari peserta layanan.
Dimensi interpersonal skills mencakup (6) Hubungan antar pimpinan unit aktivitas pelayanan, (7) Hubungan pimpinan unit dengan staf pelayanan, (8) Hubungan antar staf pelayanan, (9) Hubungan staf pelayanan dengan warga peserta layanan, dan (10) Hubungan antar sesama peserta layanan.
Dimensi oral and written communication mencakup (11) Ucapan petugas pelayanan, (12) Penjelasan verbal dari petugas pelayanan, (13) Penjelasan tertulis dari petugas pelayanan, (14) Pengumuman di ruang pelayanan, dan (15) Penyediaan sarana gosip pelayanan.
Dari definisi konseptual ini diperoleh 3 dimensi : Dimensi personal skills and attitudes, Dimensi interpersonal skills, dan Dimensi oral and written communication. Ketiga dimensi dioperasionalkan menjadi 15 indikator.
Dimensi personal skills and attitudes mencakup (1) keahlian berkomunikasi petugas dalam menyiapkan gosip pelayanan; (2) kepandaian berkomunikasi petugas dalam menyampai-kan gosip pelayanan; (3) ketrampilan berkomunikasi petugas dalam memproses gosip yang disampaikan oleh peserta layanan; (4) perilaku petugas dalam memberikan gosip kepada peserta layanan, dan (5) perilaku petugas dalam mendapatkan gosip dari peserta layanan.
Dimensi interpersonal skills mencakup (6) Hubungan antar pimpinan unit aktivitas pelayanan, (7) Hubungan pimpinan unit dengan staf pelayanan, (8) Hubungan antar staf pelayanan, (9) Hubungan staf pelayanan dengan warga peserta layanan, dan (10) Hubungan antar sesama peserta layanan.
Dimensi oral and written communication mencakup (11) Ucapan petugas pelayanan, (12) Penjelasan verbal dari petugas pelayanan, (13) Penjelasan tertulis dari petugas pelayanan, (14) Pengumuman di ruang pelayanan, dan (15) Penyediaan sarana gosip pelayanan.
Sumber http://tesisdisertasi.blogspot.com